1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (104 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 28, 2021 - 5:35 AM

8 STRATEGI CEPAT, untuk Tingkatkan PERHATIAN

Setiap kali berada di lingkungan baru, kebanyakan dari kita, tahu untuk memperhatikan lingkungan sekitar kita. Ketika berada di perusahaan baru, kita harus memperhatikan budaya yang tidak terucapkan tetapi sudah mapan. Saat berada di pesta orang-orang yang beragam, kita harus memperhatikan kata-kata kita dan bagaimana kita mengekspresikan pendapat kita.

Di dunia ini, hal-hal terjadi satu mil per menit, demikian juga dengan masyarakat kita terus berubah dan menjadi baru, karena itu kita harus waspada. Kita harus menyadari apa yang terjadi di sekitar kita, termasuk juga dengan dunia luar dan dalam diri kita sendiri.

Pilihan yang sangat baik dan bijaksana itu sangat jarang. Jika pun pernah membuat pilihan, itu dibuat secara tidak sengaja karena tergesa-gesa dan cemas. Meskipun perjalanan ke gunung atau danau itu ideal menyenangkan, namun kebanyakan dari kita tidak memiliki perhatian untuk pergi ke sana, secara logistik atau pun finansial.

“Mengembangkan kemampuan untuk penuh perhatian, tidaklah sulit. Kita hanya perlu ingat untuk melakukannya.” – Mr. Wuryanano

Berikut adalah 8 STRATEGI CEPAT, untuk Tingkatkan PERHATIAN Anda:

1. Ubah hal-hal standar menjadi hal-hal yang luar biasa

Untuk lebih memperhatikan dunia realita, dan dunia diri kita, kita dapat belajar mengubah hal-hal biasa dan kehidupan sehari-hari menjadi hal penting dan sakral. Kita dapat menanamkan tujuan dan makna ke dalam hal-hal dan kegiatan yang kita lakukan secara teratur, untuk mengingatkan kita akan makna yang lebih besar.

Misalnya, jangan hanya mengambil pakaian semi-bersih sekedarnya yang dapat Anda temukan, lalu menjalani hari Anda. Jangan memperlakukan pakaian itu hanya sebagai sesuatu yang harus Anda kenakan untuk kepantasan atau norma sosial. Namun, persiapkan pakaian Anda malam sebelumnya atau luangkan beberapa saat untuk melihat setiap bagiannya. Kenali itu sebagai seragam hadiah besar yang Anda miliki untuk pekerjaan Anda. Jadikan hal mengenakan pakaian kerja Anda sebagai tindakan suci untuk mengingatkan diri sendiri, bahwa pekerjaan Anda membuat perbedaan luar biasa dalam kehidupan orang, klien Anda atau pun keluarga Anda.

2. Ciptakan momen jeda

Meskipun sibuk, kebanyakan dari kita masih punya waktu. Ini bukan masalah memiliki waktu, namun itu adalah membuat waktu.

Meskipun banyak waktu bermanfaat, ini bukan situasi semua atau tidak sama sekali. Jika Anda tidak memiliki waktu luang berjam-jam setiap hari, untuk melakukan hal-hal lain selama berjam-jam, itu bukan berarti Anda tidak mungkin untuk membuat jeda waktu luang. “Perubahan akan terjadi saat Anda memiliki keberanian untuk berubah.” – Jennifer Young

Coba lakukan praktik sederhana seperti menyetel alarm setiap beberapa jam hingga beberapa menit, atau bahkan setiap 30 detik, untuk menghentikan secara paksa apa yang Anda lakukan, dan menghela napas, ini dapat membantu dan memperlambat Anda secara dramatis.

“Kuncinya bukanlah menghabiskan waktu, tetapi menginvestasikannya.” – Stephen R. Covey

3. Kembangkan rasa syukur

Syukur, sejauh ini merupakan salah satu jalan menuju kebahagiaan yang paling terbukti. Anda dapat membuat jurnal rasa syukur dan mencatat hal-hal kecil atau besar, yang Anda syukuri setiap hari.

Sudah menjadi kebiasaan di banyak budaya untuk meluangkan waktu sejenak sebelum makan, guna mengucapkan doa atau mengucapkan terima kasih. Berhenti sejenak sebelum Anda makan, hanya selama 30 detik, untuk mengakui betapa beruntungnya Anda, dapat makan makanan bergizi dan lezat, ketika sebagian orang tidak bisa. Luangkan waktu sejenak untuk menghargai, bukan hanya makanannya, tetapi semua hal yang Anda miliki dalam hidup, seperti keluarga, teman, dan hidup Anda.

4. Lakukan sesuatu dengan tangan

Bertahun-tahun lalu, ketika mesin dan robot datang ke dunia, semua orang berpikir bahwa pada akhirnya, tidak ada yang harus bekerja dengan tangan, atau setidaknya, bekerja sangat sedikit. Namun, sejak penemuan teknologi, pekerjaan tampaknya justru meningkat.

Meskipun ada banyak manfaat dari mesin cuci pakaian, hingga mesin pencuci piring, namun ada sesuatu yang hilang. Bagi sebagian orang, mencuci baju atau piring adalah terapi. Itu tidak hanya membersihkan barang kotor, tetapi entah bagaimana itu pun membersihkan jiwa.

Anda mungkin tidak punya waktu setiap hari, tetapi mengapa tidak mempertimbangkan untuk melakukan beberapa hal dengan tangan? Mungkin mendapatkan penggiling kopi manual dan menggiling kopi Anda setiap pagi. Atau, Anda pun dapat melakukan kegiatan menyapu dan mengepel lantai, misalnya.

5. Jurnal

Membuat jurnal adalah mencatat sesuatu hal. Kata jurnal kadang menjadi kata yang menakutkan bagi sebagian orang. Meskipun dengan jurnal, kita dapat menuliskan setiap pikiran dan perasaan di atas kertas, namun itu tidak harus demikian. Anda dapat melakukan sesederhana mungkin, menuliskan satu momen di hari Anda merasa paling hidup atau paling bahagia, dan menuliskan satu momen di hari Anda merasa paling tidak hidup dan paling tidak puas.

“Menulis jurnal, ketika menjadi ritual transformasi, tidak hanya mengubah hidup tetapi juga memperluas hidup.” – Jen Williamson

Anda juga tidak perlu menggunakan buku catatan khusus. Jangan ragu untuk menggunakan apa pun yang paling mudah bagi Anda. Itu bisa berupa kalender, papan tulis, kertas di lemari es Anda atau pun dokumen google dan notebook. “Mencatat, akan membantu Anda mengingat seberapa kuat Anda sebenarnya di dalam diri Anda sendiri.” – Asad Meah

6. Pikirkan tentang orang lain

Ketika hidup menjadi sibuk, mudah untuk mengakar di dunia kecil dan di dalam gelembung kita. Melihat orang secara teratur, bahkan berbicara dengannya, tidak memastikan bahwa Anda hanya terfokus pada mereka. Anda mungkin tidak punya waktu untuk terlibat percakapan panjang lebar dan mendalam dengan seseorang, karena itu Anda pun bisa berhenti, membuat jeda sejenak, dan memikirkannya.

Pikirkan betapa bersyukurnya Anda untuk mereka. Pikirkan sebuah kenangan indah. Pikirkan sesuatu yang Anda harapkan dan inginkan untuk mereka. Pikirkan betapa hebatnya mereka, dan bagaimana Anda ingin menjadi lebih seperti mereka dalam beberapa hal.

Jika bermanfaat, Anda mungkin ingin menyiapkan daftar nama orang untuk dipikirkan setiap hari. Atau Anda mungkin memiliki daftar induk yang Anda tinjau setiap satu atau dua hari, memilih beberapa, dan memikirkannya secara sadar penuh perhatian dan penuh kasih.

7. Hilangkan gangguan

Penelitian menunjukkan bahwa telepon atau gadget di dalam saku atau di atas meja, membuat seseorang kurang memperhatikan orang-orang yang bersamanya.

Sebisa mungkin, cobalah untuk menghilangkan teknologi di pagi hari, dan sebelum tidur, juga saat bersama dengan orang-orang terkasih. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkannya secara otomatis, dan me-non-aktifkan sementara. Atau cukup singkirkan saja secara fisik, sehingga Anda tidak dapat merasakan atau melihatnya.

“Pengalih perhatian paling berbahaya adalah yang kamu cintai, tapi itu tidak membalas cintamu.” – Warren Buffet

8. Penuh perhatian setiap saat

Tidak seperti pesta atau perusahaan baru, di mana konteks umumnya tetap, namun dunia luar dan dalam diri kita tidak. Situasi, kondisi dan pengaturannya selalu berubah.

Jika hidup adalah sebuah perjalanan, kita akan terus menyusuri trotoar dan menyeberang jalan. Meskipun mungkin tampak seperti banyak usaha atau mungkin menghabiskan banyak biaya, perhatian penuh akan mendatangkan imbalan yang sangat tinggi. Anda akan jauh lebih mungkin sampai ke tempat yang Anda tuju, dan lebih kecil kemungkinannya untuk gagal.

“Perhatian penuh berarti terjaga. Itu berarti mengetahui apa yang Anda lakukan. Perhatian penuh adalah cara untuk berteman dengan diri kita sendiri dan pengalaman kita.” – Mr. Wuryanano

Nah Sahabat. Perasaan bahwa tugas apa pun adalah gangguan akan segera hilang, jika dilakukan dengan penuh perhatian. Bagaimana Anda tetap penuh perhatian di dalam hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (104 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *