1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (25 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 24, 2021 - 8:15 PM

IDE Anda Tidak Buruk, Mungkin EKSEKUSI Anda

“Eksekusi adalah kemampuan untuk menyatukan strategi dengan kenyataan, menyelaraskan orang dengan tujuan, dan mencapai hasil yang dijanjikan.” – Lawrence Bossidy

Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak bisa menjadi pengusaha sukses karena mereka tidak cukup inovatif. Yah, mungkin saja mereka melihat para pemimpin bisnis seperti Elon Musk dan Steve Jobs atau pun Bill Gates. Di sini tampak ada kesalahpahaman umum bahwa pengusaha hanya bisa benar-benar sukses, JIKA mereka memiliki ide bisnis yang luar biasa dan belum pernah dilihat sebelumnya.

Mereka berpikir bahwa ide mereka harus benar-benar baru dan benar-benar merevolusi industri mereka. Tapi itu tidak selalu terjadi. Yah, memang ada pengusaha seperti Elon Musk, Steve Jobs atau pun Bill Gates, yang visioner dan benar-benar bermimpi untuk mengguncang dunia. Namun, dengan ide-ide Anda saat ini, dibandingkan dengan para pemimpin bisnis hebat tersebut, BUKAN BERARTI Anda hanya punya kesempatan yang lebih kecil untuk berhasil.

Sebagai pemilik bisnis, Anda pernah melihat sebelumnya: Papan tulis Anda tertutup tinta dengan berbagai tulisan, dan pikiran Anda dipenuhi dengan berbagai kemungkinan. Menemukan ide itu mudah. Daftar ide Anda mungkin panjangnya bisa mencapai satu buku tebal, tetapi bagaimana Anda tahu pasti apakah ada di antara ide yang layak untuk diwujudkan?

Ketika Anda pertama kali memulai bisnis, mudah untuk terintimidasi atau kurang percaya diri dengan ide Anda, ketika Anda melihat pengusaha lain di industri Anda, yang tampaknya sudah berkembang pesat. Anda mungkin berpikir bahwa Anda perlu menemukan sesuatu yang lebih baik untuk membedakan Anda dari yang lain. Atau Anda mungkin berpikir bahwa pasar benar-benar jenuh, dan tidak ada ruang untuk Anda.

“Tindakan tanpa visi hanya melewati waktu, visi tanpa tindakan hanyalah mimpi di siang hari, tetapi visi dengan tindakan dapat mengubah dunia.” – Nelson Mandela

Eksekusi didefinisikan sebagai pelaksanaan rencana, perintah, atau tindakan. Karena itu, Rencanakan eksekusi Anda, dan eksekusi rencana Anda.

Investasikan uang dan waktu ke dalam ide

Memutuskan bahwa Anda memiliki ide bagus tidaklah cukup. Anda perlu berkomitmen. Salah satu cara paling efektif untuk berkomitmen pada apa pun adalah menginvestasikan uang tunai yang diperoleh dengan susah payah. Keputusan seperti itu cenderung memacu Anda untuk bertindak dan memperkuat niat Anda.

Menginvestasikan sebagian besar waktu untuk sesuatu, juga dapat bekerja dengan cara yang sama. Intinya adalah Anda telah berkomitmen untuk melihat rencana Anda sampai akhir!

Dalam situasi ini, Anda perlu mengalihkan fokus Anda dari IDE Anda, ke EKSEKUSI Anda. Ini berarti bahwa alih-alih memikirkan apakah ide Anda cukup baik, cukup berbeda, atau cukup istimewa, Anda PERLU FOKUS pada cara terbaik untuk mewujudkannya, dan menjadikannya milik Anda sendiri.

Banyak bisnis gagal bukan karena ide mereka tidak bagus, tetapi karena mereka tidak menjalankan eksekusinya dengan benar. Tentu saja sangat normal dan dapat diterima untuk membuat kesalahan, tetapi perbedaan utamanya adalah pastikan Anda memanfaatkan sumber daya Anda, seperti waktu, uang, dan usaha dengan cara sebaik mungkin.

Berikut adalah Tiga Cara yang akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mengeksekusi ide-ide Anda dengan cara terbaik:

1. Jangan buang sumber daya Anda

Ketika Anda memulai, mudah untuk terjebak dalam tugas-tugas yang tampaknya penting, tetapi tidak akan membuat terlalu banyak perbedaan untuk kesuksesan Anda. Kebiasaan yang bagus untuk dilakukan adalah menilai tugas Anda sebelum melakukannya. Benar-benar pikirkan visi jangka panjang Anda untuk bisnis Anda, dan pastikan tugas Anda selaras dengan itu. Jika tidak selaras, kemungkinan besar Anda akan membuang-buang waktu, uang, atau usaha Anda.

Misalnya, jika eksekusi Anda tidak benar, Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempertimbangkan desain dan font di logo bisnis Anda. Waktu ini bisa lebih baik dihabiskan untuk sesuatu seperti membangun strategi untuk kampanye pemasaran Anda.

“Ide tidak membuatmu kaya. Eksekusi ide dengan benar itulah yang bisa.” – Felix Dennis

2. Didorong oleh lebih dari sekadar uang

Komponen kunci dari seberapa baik Anda menjalankan ide bisnis Anda, juga bermuara pada hasrat dan dorongan pribadi Anda sendiri. Jika Anda memulai bisnis berdasarkan berapa banyak uang yang Anda pikir dapat Anda hasilkan, daripada benar-benar bersemangat tentang apa yang Anda lakukan, maka Anda akan kehabisan tenaga dengan sangat cepat.

Bahkan jika Anda kebetulan memiliki ide yang luar biasa atau unik, jika Anda tidak termotivasi oleh alasan yang lebih besar daripada uang, Anda tidak akan memiliki ketahanan atau tekad yang diperlukan untuk terus maju, apa pun tantangan yang menghadang Anda.

Ada yang mengatakan, tidak ada yang namanya ide orisinal, dan semua ide kita, secara sadar atau tidak sadar dihasilkan oleh apa yang sudah ada. Tidak ada salahnya mencari inspirasi pada apa yang sudah ada, apalagi jika berhasil dengan baik dan memiliki catatan kesuksesan yang sudah terbukti.

Namun, ide Anda benar-benar menjadi milik Anda berdasarkan cara Anda mengeksekusinya. Bagaimana Anda mewujudkan ide itu? Jadilah kreatif dengan cara Anda menggunakan ide tersebut. Cobalah dalam pengaturan yang berbeda, atau gunakan metode yang tidak terduga.

Eksekusi adalah langkah pertama Anda dan itulah yang menentukan apakah ide tersebut akan tumbuh secara maksimal atau tidak. Jadilah inovatif sejak awal, dan pertimbangkan aspek ide yang berbeda satu per satu. Apa yang membuat ide Anda unik? Atasi itu, dan jadikan itu titik fokus.

“Bagi saya, ide tidak ada artinya kecuali dieksekusi. Mereka hanyalah pengganda. Eksekusi bernilai jutaan.” – Steve Jobs

3. Mulai saja

Bagian tersulit tentang mengeksekusi sebenarnya adalah melakukannya. Jika Anda baru memulai dan memiliki ide bisnis yang tidak bisa berhenti Anda pikirkan. Atau pun saat Anda ingin melakukan sesuatu dalam bisnis Anda saat ini, terlihat padat persaingannya di industri Anda. Ingatlah! Jangan habiskan waktu untuk membandingkan bisnis Anda dengan orang lain guna melihat, apakah bisnis Anda itu bisa berhasil atau tidak.

Kuncinya di sini adalah untuk segera memulai. Mulai tepat di mana Anda berada, buat rencana dan ambil langkah logis pertama. Ini adalah bagian di mana Anda benar-benar harus melepaskan keraguan atau ketakutan yang Anda miliki tentang ide Anda, dan hanya fokus pada bagaimana Anda akan benar-benar mewujudkannya. Orang dapat memiliki ide-ide hebat atau mereka dapat memiliki ide-ide biasa-biasa saja, namun ini semua tentang bagaimana mereka mengeksekusinya.

Ada banyak contoh bisnis yang mendominasi industri, dan model bisnis, produk, atau pun layanan mereka sebenarnya bukanlah hal yang baru dan menarik. Di era sekarang, Anda bisa melihat banyak bermunculan bisnis dengan mode pemasaran digital.

Coba tanyakan pada diri Anda, apa ide mereka sebenarnya untuk bisnis yang benar-benar unik? Saya pikir Anda akan menemukan, keunikan itu mungkin tidak banyak. Jadi berhentilah terlalu memikirkannya, dan fokuslah pada tindakan apa yang sebenarnya akan Anda ambil, dan segera lakukanlah.

Langkah sederhana untuk menghindari kebingungan dalam mengeksekusi ide-ide besar Anda adalah dengan memecahkan setiap ide yang layak menjadi langkah-langkah yang lebih kecil

Bahkan pengusaha dan orang kreatif yang paling produktif pun merasakan kewalahan dari ide atau konsep besar. Ini dapat mengirim banyak dari kita ke mode penundaan, dan menghindari tindakan.

Caranya adalah memecahnya menjadi tugas-tugas kecil, yang dapat dikelola dan dapat Anda lakukan hari ini. Momentumnya ini sering sangat diremehkan. Anda hanya perlu menyelesaikan satu tugas awal kecil untuk menjalankannya dan memenangkannya. Anda tentu pernah mendengar pepatah, perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah awal. Jadi, mulai saja!

“Bahkan jika Anda berada di jalur yang benar, Anda akan terlindas jika hanya duduk di sana.” – Will Rogers

Nah Sahabat. Itulah mengapa kemampuan untuk mengeksekusi ide, lebih berharga daripada hanya menghasilkan idenya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (25 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *