1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (30 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 21, 2021 - 4:15 AM

5 STRATEGI Membangun BUDAYA Perusahaan

Tidak perlu diragukan lagi bahwa lingkungan tempat kerja yang memupuk karyawannya dengan positif dan rasa nilai, cenderung lebih produktif sebagai hasilnya. Ini merupakan tantangan bagi pemberi kerja mana pun: bagaimana cara tepat untuk mempertahankan budaya kerja yang positif itu?

Ketika saya baru memulai bisnis, dan mempekerjakan tim pertama saya yang terdiri dari 3 orang, saya memberi mereka tantangan. Saya memberi tahu mereka, “Apa pun yang kita lakukan bersama sekarang, akan menentukan nada budaya yang kita miliki seiring pertumbuhan perusahaan. Jadi, mari kita niatkan itu.”

Ketika Anda pertama kali memulai bisnis, ada banyak elemen yang perlu dipertimbangkan, paling tidak semua arah yang Anda inginkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Menetapkan panduan dan motivasi untuk perusahaan, membantu menentukan budaya organisasi, inilah faktor inti dalam cara bisnis dan karyawannya akan berfungsi penuh.

Ada beragam cara untuk membangun budaya perusahaan. Namun, jangan menunggu sampai bisnis Anda tumbuh secara eksponensial, sebelum Anda memahami budaya tempat kerja Anda. Budaya Anda memiliki dampak signifikan pada kesuksesan perusahaan Anda, jadi mulailah mendefinisikannya sekarang ini.

Berikut ini cara sederhana dalam membangun budaya perusahaan: 5 STRATEGI Membangun BUDAYA Perusahaan:

1. Berikan Sesuatu Untuk Dipedulikan

Ketika orang memiliki tujuan dalam pekerjaan mereka, mereka lebih mungkin untuk terlibat dan berkomitmen pada perusahaan. Sebuah studi tahun 2019 oleh Cone/Porter Novelli, menunjukkan bahwa 83% Generasi Z (mereka yang lahir antara 1997-2015) mempertimbangkan tujuan perusahaan saat membuat keputusan pekerjaan. Studi lain mencerminkan tren menginginkan pekerjaan yang bermakna dan saya berani mengatakan bahwa sejak 2020 tren itu hanya meningkat dan menjangkau beberapa generasi.

Anggota pendiri perusahaan rintisan dapat memanfaatkan keinginan ini dengan melukiskan gambaran secara jelas, tentang jenis perusahaan yang ingin mereka miliki. Ini berarti berfokus tidak hanya pada apa yang Anda lakukan, tetapi mengapa dan bagaimana Anda melakukannya.

Jawablah pertanyaan berikut ini:
Bagaimana produk atau layanan Anda membuat perbedaan?

  • Apa tujuan Anda selain keuntungan?
  • Apa dampak yang ingin Anda berikan pada pelanggan, komunitas, atau dunia Anda?
  • Dengan siapa Anda ingin bekerja?
  • Bagaimana tim Anda akan bekerja sama?
  • Pengalaman seperti apa yang ingin Anda miliki?
  • Bagaimana bekerja untuk Anda memberi anggota tim Anda perasaan melakukan sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri?

Jawab pertanyaan tersebut sespesifik mungkin, dan Anda sedang dalam proses membangun budaya, yang mendorong semangat dan fokus.

2. Promosikan Tujuan Anda

Masalah dengan sebagian besar organisasi adalah mereka menghabiskan banyak waktu untuk mendefinisikan misi, visi, dan nilai-nilai mereka, meluncurkannya dengan cara yang rumit dan tidak pernah membicarakannya lagi. Jangan seperti perusahaan-perusahaan itu. Pertahankan visi dan nilai Anda tetap hidup dan sehat, dengan berulang kali mempromosikannya secara internal dan eksternal.

Luangkan waktu di awal setiap pertemuan tim untuk membahas satu aspek dari pernyataan visi Anda atau nilai inti ini. Atau, jika rapat bukan hal yang Anda sukai, bawalah topik tersebut setiap minggu di media sosial atau saluran komunikasi perusahaan rintisan Anda. Mintalah anggota tim untuk berpartisipasi dalam percakapan.

Di akhir setiap hari, minggu, atau proyek, lakukan bertukar cerita yang menunjukkan tujuan dan budaya yang Anda inginkan. Bagikan dengan tim Anda dan bagikan dengan pelanggan Anda. Faktanya, semakin Anda mempromosikan bagaimana orang-orang Anda menjalankan nilai-nilai inti Anda, semakin Anda akan menanamkan rasa bangga dan keinginan untuk membuat lebih banyak cerita yang layak untuk dirayakan.

“Budaya perusahaan adalah tulang punggung dari setiap organisasi yang sukses.” – Gary Vaynerchuk

3. Rekrut Dengan Mengingat Budaya Anda

Dengan setiap orang yang Anda pekerjakan, budaya Anda dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk. Jadi, penting bagi Anda untuk secara sengaja merekrut orang-orang yang sepenuhnya setuju dan memuji anggota tim Anda yang lain. Ini berarti Anda harus berhati-hati dengan proses perekrutan Anda, seperti halnya budaya Anda.

Untuk memulainya, mempromosikan budaya Anda secara eksternal akan menarik kandidat terbaik. Anda dapat mengirimkan visi dan nilai tertulis Anda kepada semua pelamar, dan meminta mereka untuk mempertimbangkannya dengan cermat sebelum meminta wawancara. Jika mereka kembali kepada Anda dengan bersemangat, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Ajukan pertanyaan berbasis nilai, seperti “Salah satu nilai perusahaan kami adalah Penguasaan. Ceritakan tentang saat Anda bekerja lebih keras untuk benar-benar menguasai sesuatu yang penting bagi Anda. Bagaimana Anda akan menerapkan pengalaman itu pada pekerjaan ini?”

Libatkan orang lain dalam tim Anda saat proses wawancara. Berikan waktu kepada finalis untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang di tim, sebelum Anda secara resmi mengajak mereka bergabung. Pastikan, apakah mereka cocok untuk budaya perusahaan Anda.

Satu kata peringatan. Kesesuaian budaya TIDAK BERARTI bahwa semua orang sama. Bahkan, keragaman pemikiran, jenis kelamin, ras, generasi, dll membuat budaya yang sangat kaya. Saya pernah memiliki dua kandidat yang saya pertimbangkan dengan cermat. Yang satu optimis, antusias, dan memancarkan kepositifan, sama seperti anggota tim saya yang lain. Yang lain juga optimis, tapi sedikit lebih tenang dan lebih bijaksana. Keduanya sama-sama berkualitas. Seorang rekan kerja bertanya, “Calon A lebih seperti kita, tetapi apakah kita benar-benar menginginkan orang lain persis seperti kita?” Saya putuskan tetap mempekerjakan Kandidat B, dan itu adalah salah satu perekrutan terbaik yang pernah saya lakukan.

4. Berinvestasi dalam Proses Orientasi Anda

Cara Anda membawa orang baru ke dalam tim Anda, menentukan seberapa cepat mereka akan terlibat dalam budaya perusahaan Anda. Bahkan jika Anda hanya membawa satu orang pada satu waktu, cepat beri mereka pengalaman orientasi terbaik.

Rencanakan dua minggu pertama mereka dengan detail yang luar biasa. Beri mereka agenda ke mana mereka akan pergi, dengan siapa mereka akan menghabiskan waktu, dan apa yang akan mereka lakukan. Paparkan siapa mereka kepada rekan kerja dan pengalaman sebanyak mungkin. Ciptakan petualangan orientasi yang mencakup pengalaman langsung, pendidikan tatap muka dan virtual, keterlibatan dalam rapat dan tradisi. Sentuh empat elemen inti dari orientasi yang efektif: Budaya, Koneksi, Komunikasi, dan Kepatuhan.

5. Kembangkan Koneksi

Tunjukkan tempat kerja di mana rekan kerja merasa terhubung, sehingga akan menunjukkan kepada mereka budaya perusahaan yang kuat. Terlepas dari apakah semua bekerja di kantor yang sama atau tersebar di seluruh dunia, mereka dapat membangun hubungan rekan kerja yang kuat. .

Kumpulkan semua orang di perusahaan Anda untuk pertemuan langsung sekali atau dua kali setahun. Gunakan waktu itu untuk benar-benar fokus pada topik tertentu seperti penjualan & pemasaran, pengalaman pelanggan, atau masa depan perusahaan Anda. Juga sediakan waktu untuk kegiatan “mengenal Anda” dan acara tim!

Gunakan saluran komunikasi virtual Anda untuk membuat koneksi antara anggota tim. Saran menggunakan foto adalah cara cepat dan mudah untuk memungkinkan orang mengenal satu sama lain. Minta orang-orang memposting foto makan siang mereka, barang favorit mereka, atau item daftar favorit mereka di halaman media sosial tim Anda.

Dorong panggilan mingguan dengan rekan kerja, dan pasangkan orang secara acak untuk percakapan 15 menit. Semakin banyak rekan kerja yang saling mengenal, semakin baik mereka akan berkolaborasi.

Nah Sahabat. Sebagai Pendiri Perusahaan atau Business Owner, Anda harus jelas tentang jenis tempat kerja yang ingin Anda kembangkan ke depan. Dan, seiring pertumbuhan perusahaan Anda, mintalah masukan dari tim Anda untuk terus menyegarkan dan meningkatkan budaya perusahaan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (30 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *