1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (35 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 18, 2021 - 1:30 AM

5 Cara Membuat MOMENTUM untuk PERUBAHAN Nyata

Pernahkah Anda mendengar tentang ‘roda gila’? Ini adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk menyimpan dan mentransfer energi momentum ke bagian lain dalam sistem mesin. Seperti ‘roda gila’, hidup atau bisnis Anda juga menangkap energi yang dapat Anda gunakan untuk membawa perubahan. Roda gila dapat diputar lebih cepat, dan dengan demikian menyimpan lebih banyak energi untuk digunakan nanti. Demikian pula, Anda juga dapat membangun lebih banyak momentum bermakna dalam hidup atau pun bisnis Anda, untuk perubahan nyata.

Biarkan hal-hal Berkembang

Saat roda gila momentum mulai berputar, perhatikan petunjuk, koneksi, dan peluang yang disajikan kepada Anda. Biarkan masa depan Anda terbuka dan berubah dengan cara yang mungkin tidak dapat Anda bayangkan ketika Anda mulai bermimpi.

Menciptakan momentum dalam hidup Anda, membutuhkan peningkatan hal-hal yang membuat Anda maju dan mengurangi hal-hal yang menghambat Anda. Kedengarannya seperti sekejap, tapi saya tahu, sama seperti Anda, bahwa menjalani kehidupan yang kita inginkan tidak selalu mudah untuk dicapai. Kita memiliki kebiasaan dan siklus berulang untuk diatasi. Dengan menciptakan momentum, kita dapat melewatinya, dan bergerak menuju kehidupan yang kita inginkan.

Momentum, pada dasarnya, membutuhkan banyak dorongan di awal untuk membuat roda menggelinding terus.

Identifikasi beberapa orang dalam hidup Anda yang dapat membantu Anda  untuk memajukan hidup Anda. Pertimbangkan hal menarik dari berbagai latar belakang, usia, pengalaman dan pendapat. Terkadang mereka yang paling kritis memberikan wawasan terbaik. Panggil mereka bersama-sama atau sendiri-sendiri untuk membantu Anda melewati rintangan apa pun dan menjaga momentum tetap berjalan.

Salah satu alat terbesar yang digunakan oleh orang-orang sukses adalah kelompok Mastermind. Napoleon Hill pertama kali berbicara tentang kelompok Mastermind dalam buku klasiknya, “Think and Grow Rich”. Kelompok Mastermind terdiri dari sekelompok orang yang berkumpul secara teratur untuk berbagi ide, informasi, dan sumber daya. Ini adalah alat yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan Anda, sementara pada saat sama, juga memajukan tujuan dan proyek Anda sendiri secara lebih cepat.

Apa itu Momentum?

Momentum memiliki beberapa arti. Satu makna digunakan dalam fisika, dan makna lainnya digunakan di area berbeda.

Kita berbicara tentang makna dari momentum lainnya di sini, yang didefinisikan sebagai, “Dorongan dan kekuatan pendorong, yang diperoleh bersamaan dengan berkembangnya suatu proses atau rangkaian peristiwa.”

Saya akan sedikit membongkar definisi itu untuk Anda, karena kedengarannya agak lebih rumit daripada yang seharusnya.

Momentum adalah kekuatan yang dibangun oleh serangkaian input. Kekuatan ini agak abstrak:

  • Sebuah bisnis dapat memiliki momentum.
  • Hidup Anda dapat memiliki momentum.
  • Sebuah gerakan dapat memiliki momentum.

Momentum adalah sesuatu yang jauh lebih mudah hilang daripada dibangun. Hilangkan kebiasaan yang menarik Anda ke belakang, yang mengalihkan perhatian Anda, dan menghalangi kemampuan Anda untuk fokus. Bekerja untuk menciptakan rutinitas dan menerapkan perubahan untuk menjaga momentum.

Momentum adalah rangkaian hasil akhir yang sukses, bukan awal. Momentum itu dimulai dengan hasil akhir yang sukses, tetapi membutuhkan langkah tindakan dalam pencapaiannya. Momentum melambat bahkan hilang, ketika Anda berhenti bergerak maju.

Momentum adalah Kunci

Penting untuk membangun dan mempertahankan momentum dalam inisiatif peningkatan proses perubahan. Ini melibatkan pemikiran yang luas, dan dimulai dengan mengidentifikasi siapa yang akan terlibat dengan, atau terpengaruh oleh perubahan. Seringkali ini adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan mendetail tentang cara kerja saat ini, dan akan menjadi orang yang akan kita ajak bicara untuk memahami situasi perubahan saat ini.

Dan, penting untuk diingat bahwa semua orang pada akhirnya perlu menjalankan proses baru. Jadi ada baiknya mempertimbangkan rencana interaksi dan komunikasi, yang memastikan orang lain juga memiliki kesempatan untuk memberikan masukan. Untuk perubahan yang lebih besar, mungkin perlu memublikasikan pembaruan umum, atau mengadakan “roadshow” untuk memastikan semua orang memahami skala dan cakupan inisiatif peningkatan dan alasan kemajuannya.

“Ini adalah kekekalan momentum: apa yang dikurangi oleh waktu ditambah dengan pensil. Saat ide memudar, agitasi di sekitarnya harus meningkat agar tetap hidup; dan karena ruang lingkup profesi arsitektur juga berkurang, dampak nyata perancang pada objek meningkat, seolah-olah untuk mengingat kembali kekuatan yang hilang.”Robin Evans

Jika Anda melihat orang-orang sukses, Anda akan melihat bahwa mereka selalu mencari taktik baru untuk bergerak lebih dekat ke tujuan mereka dan membangun pencapaian mereka. Kunci kesuksesan mereka adalah Momentum.

Saya akan mengingatkan Anda tentang Hukum Pertama Newton tentang Gerak. Hukum inersia menyatakan bahwa “Setiap benda dalam keadaan gerak seragam cenderung tetap dalam keadaan gerak itu kecuali jika gaya eksternal diterapkan padanya.” Singkatnya, ada kecenderungan alami untuk benda yang bergerak untuk terus bergerak, kecuali ada gaya luar yang mengganggunya.

5 Kebenaran tentang Momentum:

  1. Momentum memperbesar kesuksesan.
  2. Momentum menyusutkan masalah dan rintangan.
  3. Momentum memberi energi.
  4. Momentum meningkatkan kinerja.
  5. Momentum membuat perubahan lebih mudah.

Jadwalkan Waktu untuk Perubahan

Salah satu tantangan terbesar adalah menemukan waktu, dan energi untuk fokus pada apa yang Anda inginkan. Jelas, kita semua terlalu terjadwal dan sibuk dengan kesibukan. Jika Anda pandai merencanakan, ini seharusnya tidak menjadi masalah. Sebaliknya, jika Anda kesulitan menemukan waktu untuk diri sendiri, cobalah berkreasi untuk mengganti sebagian dari “apa yang harus Anda lakukan” dengan lebih banyak “apa yang Anda sukai”.

Momentum lebih dari sekedar bergerak. Menciptakan momentum dimulai dengan komitmen. Sebuah komitmen untuk Anda. Momentum adalah perubahan mental dan bisa menjadi kekuatan untuk perubahan dalam hidup Anda. Buatlah komitmen pada diri sendiri untuk mengambil satu langkah lebih dekat ke tujuan Anda. Tidak ada yang akan berubah tanpa komitmen untuk melepaskan diri dari norma Anda.

Apa itu Perubahan Nyata?

Saya pernah membaca ungkapan Senator Amerika, Bernie Sanders dalam majalah The Sun edisi Januari 2018:

“Perubahan nyata tidak pernah terjadi dari atas ke bawah. Itu selalu terjadi dari bawah ke atas. Itu terjadi ketika orang-orang biasa, jutaan, siap untuk berdiri dan berjuang untuk keadilan. Itulah sejarah gerakan serikat buruh. Begitulah kira-kira sejarah pergerakan perempuan. Itulah sejarah gerakan hak-hak gay. Begitulah kira-kira sejarah gerakan lingkungan. Itulah yang dimaksud dengan gerakan serius untuk keadilan.”

Dalam gerakan ini, protes itu memainkan peran penting. Mendefinisikan perubahan dengan jelas adalah tema yang konsisten dalam gerakan yang berhasil. Setiap gerakan berusaha untuk memperbaiki beberapa ketidakadilan, sehingga mudah untuk jatuh ke dalam perangkap menjelekkan pihak lain. Di sinilah banyak gerakan ke luar jalur. Kemarahan adalah penggerak yang efektif, tetapi kemarahan tanpa harapan adalah kekuatan yang merusak. Anda perlu membuat kasus afirmatif dengan taktik afirmatif.

Pada dasarnya, menciptakan momentum untuk perubahan nyata adalah berusaha menarik hal-hal baru yang lebih baik, dan bukan untuk menaklukkan hal-hal lama. Itulah mengapa yang terbaik adalah memulai dengan tujuan kecil yang dapat dicapai.

Faktor Penting dalam Membuat Perubahan Nyata

“Orang tidak berubah.” Jika saya memiliki satu sen untuk setiap kali saya mendengar kalimat itu, saya akan kaya. Dan itu adalah sebuah kalimat, tidak hanya berbicara secara tata bahasa, tetapi kata-kata itu menghukum pembicara dan siapa pun yang memiliki hubungan dekat dengannya ke masa depan, di mana perubahan hidup yang substantif tidak mungkin terjadi.

Masalah dengan kalimat tersebut adalah bahwa itu tidak benar. Masalah lain adalah bahwa saya dulu tidak hanya percaya ini, tetapi saya adalah pelaku utama dari apa yang sekarang saya lihat sebagai mitos budaya yang diterima secara luas. Sudah lama saya berhenti membuat klaim itu, dan sekarang saya ingin mengklarifikasi bahwa orang dapat dan MELAKUKAN PERUBAHAN.

Perubahan bagaimana pun, tidak selalu terjadi sebagai akibat dari apa yang kita pikir akan memicunya dan ketika tidak, akan mudah untuk menyimpulkan bahwa itu tidak dapat terjadi. Ada sesuatu yang menarik, bahkan meyakinkan tentang keyakinan, bahwa membuat perubahan substantif dalam hidup itu tidak realistis, atau bahkan tidak mungkin.

Untuk satu hal, jika saya tidak dapat berubah, maka bukan salah saya jika saya bertindak seperti yang saya lakukan, melakukan hal-hal yang saya lakukan, atau menjadi diri saya sendiri. Lagi pula, saya tidak dapat bertanggung jawab untuk melakukan sesuatu yang saya tidak memiliki kekuatan untuk melakukannya secara berbeda. Jika saya tidak memiliki kendali atas kecenderungan saya dan saya tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas tindakan saya, dan saya tidak dapat disalahkan atas apa pun yang telah menyebabkan kesusahan bagi orang lain. Dan jika itu bukan salah saya, maka saya tidak bisa dihukum.

Percaya bahwa orang tidak dapat berubah, memungkinkan saya untuk tidak hanya menghindari tanggung jawab atas tindakan saya saat ini dan masa depan. Ini juga membebaskan saya dari kewajiban meluangkan waktu dan energi untuk berusaha menjadi orang yang lebih baik. Mengapa repot-repot mencoba untuk mencapai sesuatu yang tidak dapat dicapai?

Meskipun secara teknis mungkin benar bahwa kita tidak dapat mengubah aspek tertentu dari diri kita dan beberapa karakteristik intrinsik atau sifat kepribadian yang terinternalisasi, seperti introvert atau ekstrovert, atau lebih memilih menyendiri daripada bersosialisasi. Atau sebaliknya, kita semua memiliki banyak kekuatan untuk memengaruhi apa yang kita lakukan dengan kecenderungan itu, dan dorongan mana yang kita pilih untuk diperkuat dan mana yang kita pilih untuk dilemahkan.

Mengubah pola yang dikondisikan tidak mudah, tetapi itu mungkin. Percaya bahwa perubahan itu mungkin adalah langkah pertama, yang berarti bahwa kita harus rela melepaskan alasan kita untuk menjadi apa adanya, dan mengambil komitmen untuk melakukan upaya guna mengembangkan kualitas dan sifat yang akan mempromosikan jenis perubahan. perilaku dan praktik, yang ingin kita integrasikan lebih penuh ke dalam kehidupan kita.

Inilah yang kebanyakan orang bicarakan ketika mereka menggunakan istilah “melakukan pekerjaan Anda sendiri“. Ini juga merupakan prasyarat untuk menemukan motivasi untuk “menjadi perubahan” yang ingin Anda alami dalam hidup Anda. Motivasi, atau “keinginan yang kuat” merupakan faktor penentu dalam proses ini. Ketika kuat, kemungkinan hasil positif sangat besar. Ketika lemah, prognosis untuk sukses sangat tipis.

Motivasi Sadar Perubahan

Selain faktor-faktor tersebut, penting untuk mengenali dengan jelas manfaat dari meluangkan waktu dan energi yang diperlukan ke dalam proses. Karena wajar untuk menginginkan dan mengharapkan hasil yang diinginkan dari upaya kita, kita harus dapat menjawab pertanyaan “Apa untungnya bagi saya?” pertanyaan dengan cara yang membuatnya tampak berharga bagi kita untuk menginvestasikan energi hidup kita dalam proses perubahan. Kepentingan pribadi berkaitan dengan memenuhi kebutuhan saya dan keinginan saya terpenuhi.

Ketika saya menyadari bahwa kebutuhan orang-orang dalam lingkaran saya terpenuhi ketika saya berperilaku dengan cara yang meningkatkan kehidupan mereka, ternyata saya dengan melakukan itu, menjadikan kualitas hidup saya juga diperkaya. Dan dengan melakukan itu, mereka menjadi lebih cenderung ingin membalas dengan berpartisipasi dalam hubungan dengan cara yang saling memuaskan di kedua pihak. Ketika siklusnya ada dalam suatu hubungan, kepentingan menjadi kepentingan pribadi yang tercerahkan, yang tidak hanya mengubah dinamika hubungan, tetapi juga memicu perubahan di dalam kedua pihak.

Motivasi untuk berubah dapat diperkuat dengan mengenali efek pola perilaku negatif terhadap kualitas hidup kita. Ketika pengakuan ini memicu gangguan pola otomatis penghindaran dan agresivitas, ada kemungkinan lebih besar, bahwa komunikasi yang didorong oleh keinginan akan keaslian dan kerentanan yang lebih besar akan muncul dalam suatu hubungan.

Satu perilaku tidak terampil akan dapat mengganggu, misalnya menggunakan keheningan (mendiamkan) untuk menghukum, atau membuat komentar kritis dan menghakimi, atau bersikap suka memerintah, dapat menyebabkan serangkaian pergeseran makna. Dengan komitmen sadar dan konsisten untuk perubahan, jika dapat berhasil diterapkan, akan mengubah kebiasaan yang telah mengakar kuat dalam pola negatif.

Membangun dan Mempertahankan Momentum untuk Perubahan Nyata

Membangun momentum adalah tentang menjadi konsisten. Fan konsistensi adalah hasil dari pemikiran strategis tentang perubahan apa yang lebih dulu terjadi. Jadilah strategis pada apa yang Anda putuskan untuk dilakukan terlebih dahulu!

Identifikasi perubahan mana yang paling berdampak dan paling berpengaruh. Kebiasaan, misalnya, bisa menjadi tempat bagus untuk mulai ‘mendapatkan daya tarik di awal.

Perubahan bisa jadi sulit bagi siapa pun. Dan ketika Anda ingin mengubah hidup Anda dengan cepat, dan membuatnya bertahan lama, ada tindakan khusus dapat Anda ambil, yang akan meningkatkan peluang keberhasilan Anda. Hal yang akan memberi Anda momentum paling cepat adalah merayakan kemenangan kecil dengan setiap langkah yang Anda ambil menuju perubahan nyata yang langgeng.

Kemenangan kecil membawa kemenangan besar. Pencapaian kecil mengarah pada pencapaian yang lebih besar. Momentum dibangun. Kita mulai merasa produktif. Dan yang tidak mungkin akan menjadi mungkin.

“Anda tidak pernah tahu kapan hidup Anda akan berubah. Anda tidak pernah tahu kapan satu keputusan akan secara dramatis memengaruhi hidup Anda dan mengubah arah takdir Anda.” – Dani Johnson

Berikut ini 5 Cara Membuat MOMENTUM untuk PERUBAHAN Nyata:

1. Buat Niat secara Keseluruhan

Menetapkan sasaran memang bagus, tetapi bersifat sementara, bergantung, dan terbatas. Yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu adalah Niat Anda secara keseluruhan.

Niat adalah tentang tempat yang ingin Anda tuju. Ini tentang orang yang Anda inginkan, kehidupan yang Anda impikan, hubungan yang Anda inginkan, gaya hidup yang ingin Anda capai dan pengalaman yang Anda inginkan, di masa depan. Inilah visi holistik atau visi keseluruhan tentang versi kesuksesan Anda.

Contoh, jika Anda telah menyelesaikan tujuan pekerjaan Anda, dan berpikir jika Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang sempurna, mobil, gaji, status, maka hidup akan menjadi hebat. Nah, sudut pandang ini mendiskreditkan semua bidang lain dalam hidup Anda: kesehatan, kesejahteraan, hubungan, kebahagiaan, kehidupan Anda secara keseluruhan.

“Jika tujuan tidak ada, tidak ada momentum, selain yang terlibat dalam jatuh ke bawah.”Craig D. Lounsbrough

Pernah mendengar seseorang yang bekerja keras untuk mencapai tujuan, yang mereka yakini akan membuat mereka bahagia, tetapi begitu mereka mencapainya … hasil yang diinginkan tidak terjadi! Mereka mendapat visi terowongan pada tujuan, dan membutakan mereka untuk menjaga pandangan secara luas. Ini berpotensi kehilangan peluang lain, karena mengabaikan area lain dalam kehidupan mereka. Seperti yang dijelaskan oleh Stephen Covey, “Begitu sibuk menaiki tangga kesuksesan, hingga tidak menyadari bahwa itu bersandar pada dinding yang salah!”

Tanpa niat inti, visi holistik hidup Anda, maka Anda tidak dapat memastikan tindakan, yang Anda gunakan untuk menciptakan momentum menggerakkan Anda ke arah yang benar! Semua berawal dari niat!

“Apa pun tujuan awal yang Anda tetapkan untuk diri sendiri, menindaklanjutinya akan membangun momentum dan rasa pencapaian. Dan kesuksesan kecil itu akan menunjukkan jalan ke yang lebih besar.”Pamela Glass Kelly

2. Buat Keputusan

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi tidak semudah kedengarannya. Berapa kali di masa lalu Anda ingin mengubah sesuatu tentang hidup Anda tetapi Anda mengaku belum siap? Atau mungkin Anda hanya menunda membuat perubahan sampai suatu tanggal di masa depan yang datang, dan pergi lebih cepat dari yang Anda perkirakan, sehingga Anda tidak menindaklanjutinya?

“Setiap kali Anda melihat bisnis yang sukses, seseorang pernah membuat keputusan yang berani.”Peter F. Drucker

Membuat keputusan adalah pilihan yang tidak dapat dinegosiasikan, dan tidak dapat dibatalkan yang sudah Anda komitmenkan. Tidak ada ruang kesiapan untuk menyabot upaya Anda, karena Anda bersedia untuk membuat lompatan, apakah Anda siap atau tidak. Tingkat komitmen inilah yang membuat perbedaan antara perubahan sementara dan permanen, karena Anda tidak hanya membuat keputusan sekali. Anda harus membuat keputusan berulang kali, ketika setiap kali Anda ingin menyerah atau berbalik arah.

Ini adalah salah satu keterampilan paling penting dan kuat, yang akan Anda pelajari cara menerapkannya dalam hidup atau pun bisnis Anda. Dan begitu Anda memanfaatkannya, Anda dapat menggunakannya untuk membuat perubahan pada tingkat yang lebih cepat daripada sebelumnya.

“Anda tidak dapat membuat keputusan berdasarkan rasa takut pada kemungkinan apa yang akan terjadi.”Michelle Obama

3. Ubah Faktor Lingkungan

Lingkungan Anda mempengaruhi peluang Anda untuk membangun momentum.

Sasaran tidak relevan, jika tidak sesuai dengan konteks spesifik Anda. Membangun momentum menuju niat Anda, berarti mengembangkan lingkungan di mana momentum tersebut dapat dibangun dan dipertahankan.

Sebelum Anda berubah, pertimbangkan bagaimana lingkungan Anda saat ini memengaruhi kemampuan Anda, untuk membangun dan mempertahankan momentum ke arah yang benar.

Sangat sulit untuk membiarkan diri Anda berbeda dalam ruang sama yang telah Anda tempati. Itu tidak berarti Anda harus memindahkan atau sepenuhnya mengubah lingkungan Anda untuk menciptakan perubahan. Itu berarti Anda perlu melihat lingkungan Anda, dan bertanya pada diri sendiri dengan dua pertanyaan ini.

  • Apa di lingkungan saya, yang mendukung perubahan sesuai dengan keinginan saya?
  • Apa di lingkungan saya yang menghalangi perubahan, yang saya inginkan dalam hidup saya?

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan itu, dan melakukan inventarisasi secara jujur, Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang perlu diubah di lingkungan Anda, untuk memenuhi kebutuhan baru Anda. Mungkin Anda hanya membutuhkan tanaman hias baru atau untuk memastikan piring dibersihkan setiap malam sebelum tidur. Mungkin Anda memerlukan kotak perlengkapan baru untuk menjaga perlengkapan mandi Anda supaya teratur. Atau mungkin Anda memiliki sofa yang Anda benci, dan perlu diganti. Apa pun masalahnya, membuat perubahan ini akan membantu Anda lebih dekat untuk membuat perubahan secara langgeng.

“Rahasia perubahan adalah memfokuskan semua energi Anda, bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru.” – Socrates

4. Ubah Kebiasaan Anda

Membangun momentum dengan mengkonsolidasikan kebiasaan. Ingatlah bahwa perubahan yang melekat lama, tidak datang dari satu hari ke hari berikutnya. Perubahan yang efektif datang melalui pertambahan dan konsolidasi yang konsisten dari kebiasaan dan rutinitas baru.

Jika kita tidak mempelajari kebiasaan yang baik, hidup menjadi lebih sulit. Kita punya pilihan: Bersikap keras pada diri kita sendiri sehingga hidup menjadi lebih mudah, atau bersikap lunak pada diri kita sendiri sehingga hidup semakin sulit.

Orang-orang sukses memilih kebiasaan baik daripada hidup yang stagnan. Pada awalnya mungkin tidak terlihat Anda mencapai banyak hal, tetapi ingatlah, “Engsel kecil membuka pintu besar.”

Tidak semua kebiasaan baik diciptakan sama. Beberapa lebih kuat dari yang lain. Temukan orang-orang yang akan memperkuat kepercayaan diri Anda, membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dan menghasilkan perjalanan yang memuaskan.

Jangan memaksakan diri untuk melakukan terlalu banyak sekaligus. Itu tidak membangun momentum untuk perubahan, dan pasti akan mengarah pada ledakan emosi.

Tugas yang perlu segera Anda lakukan adalah:

  • Luangkan waktu untuk kembali lagi ke niat Anda. Anda sudah memiliki resolusi Tahun Baru, tetapi kehidupan seperti apa yang Anda tuju?
  • Identifikasi rutinitas dan kebiasaan utama sehari-hari, yang akan membuat perubahan nyata masa depan Anda secara lebih mudah. Itulah gunanya membangun momentum.
  • Konsisten dalam pelaksanaan rutinitas, kebiasaan, tindakan dan praktek.

Sekarang, setelah Anda mengatasi pola pikir dan lingkungan Anda, inilah saatnya untuk melihat bagaimana Anda berperilaku. Semua elemen ini bekerja bersama satu sama lain untuk menciptakan perubahan. Jadi hal berikutnya yang perlu Anda atasi adalah bagaimana Anda menjadi sesuatu.

Saat mengubah kebiasaan Anda, Anda harus sadar pada apa yang Anda lakukan. Anda harus mengambil sesuatu dari kebiasaan, dan membuat pilihan yang disengaja. Anda mungkin perlu mengubah satu kebiasaan pada satu waktu, atau Anda mungkin perlu melakukan perubahan radikal sekaligus. Apa pun cara Anda mendekatinya, menghabiskan 60 – 90 hari tindakan yang disengaja, akan membantu Anda mengubah pola lama dan membangun perilaku baru. Ini membutuhkan dedikasi terhadap proses dan komitmen terhadap perubahan. Dan, setiap kali Anda memilih perilaku yang ingin Anda ekspresikan dalam hidup Anda, Anda sedang membangun momentum untuk melanjutkan.

“Kita harus sadar bahwa momentum yang lahir dari kebiasaan lama dan perilaku destruktif, mungkin menjadi momentum, tetapi momentumnya justru berbalik arah.”Craig D. Lounsbrough

5. Buanglah Alasan

Alasan adalah salah satu perilaku sabotase teratas, yang dapat menggagalkan kemajuan Anda, jika Anda tidak hati-hati. Alasan tidak muncul dan memberitahu Anda untuk membuang semua yang telah Anda kerjakan sejauh ini. Alasan memberitahu Anda untuk melanggar komitmen Anda sekali ini saja. Masalahnya adalah, begitu Anda melanggar komitmen pada diri sendiri, sulit untuk kembali mempertahankannya.

Sebelum Anda membuat alasan berikutnya, tanyakan pada diri Anda: “Apa yang dapat saya lakukan untuk meningkatkannya?”

Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik, dan Anda dapat membebaskan diri dari kesalahan dan penolakan, yang pasti akan menghambat Anda. Bertanggung jawab atas tindakan Anda, dan Anda dapat menjalani kehidupan yang luar biasa dengan integritas. Luangkan waktu untuk menciptakan momentum positif, dan Anda akan terus bergerak maju.

Akan selalu ada alasan untuk mundur. Trauma, ketakutan, dan masa-masa sulit akan muncul, dan Anda pasti ingin kembali ke zona nyaman Anda. Jangan lakukan itu. Jika Anda tidak belajar bagaimana mempertahankan standar perubahan baru Anda, ketika segala sesuatunya sulit, maka itu tidak akan menjadi bagian dari Anda. Dan, Anda harus komitmen dan konsisten untuk melakukan yang lebih baik, karena Anda siap untuk masuk tingkat berikutnya. Jadi, tetap berpegang pada keputusan yang Anda buat, dan tetap berkomitmen untuk versi baru hidup Anda.

“Sembilan puluh sembilan persen kegagalan datang dari orang-orang yang memiliki kebiasaan membuat alasan.” – George Washington Carver

Itu semua tidak terjadi dalam semalam. Kita semua tahu bahwa segala jenis perubahan yang bermakna, membutuhkan waktu. Namun terkadang Anda kehabisan kesabaran sebelum Anda membuktikan validitas upaya Anda.

Bahkan ketika Anda telah sukses besar, proyek baru Anda bisa saja gagal, jika Anda tidak cukup komitmen untuk menunjukkan apa yang telah Anda capai, akibat ada kritik dan skeptis Anda.

Ada cara untuk menarik perhatian semua orang dan mempertahankan dukungan untuk upaya perubahan Anda. Kuncinya adalah menggunakan kemenangan jangka pendek untuk menunjukkan pencapaian awal, dan menciptakan jalur kesuksesan yang jelas.

Faktanya, ketika Anda memanfaatkan kemenangan jangka pendek dengan benar, Anda akan membangun minat dan momentum untuk upaya Anda selanjutnya, dan itu sangat meningkatkan kemungkinan keberhasilan secara keseluruhan.

“Yang penting adalah menjaga momentum. Perbedaan antara sukses dan gagal sangat tipis. Dorongan untuk menang harus seperti rasa lapar di dalam diri Anda.”Avijeet Daso

Hidup tidak linier, itu adalah perjalanan non-linier yang kompleks. Jalan berliku yang penuh dengan penemuan dan eksplorasi berbagai pilihan. Anda tidak tahu persis tujuan akhir, tetapi memiliki kejelasan tentang semua elemen yang ingin Anda tampilkan. Anda dapat memeriksanya secara teratur dan memastikan Anda menuju ke arah yang benar. Anda perlu kejelasan seperti apa gambaran keseluruhannya.

Nah Sahabat. Jika Anda perlu menerapkan semacam perubahan, Anda tahu tantangan seperti apa yang ada di depan. Cara-cara tersebut menunjukkan bagaimana merencanakan, mengenali, merayakan, dan membangun kemenangan jangka pendek untuk mendukung dan mempertahankan upaya perubahan nyata jangka panjang Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (35 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *