1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (31 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 7, 2021 - 2:55 AM

7 Elemen MENGHENTIKAN Anda untuk SUKSES

Kita ingin mencapai kesuksesan yang menakjubkan. Semua orang ingin sukses. Namun, jalan menuju kesuksesan tidak begitu mudah. Dan lucunya adalah Andalah penentunya, apakah Anda menjadi sukses atau tidak.

Sejujurnya, Anda memiliki kunci sukses di tangan Anda. Anda memegang kendali atas apa pun yang terjadi pada Anda. Nah, jika kunci sukses Anda ada di tangan Anda, mengapa Anda belum sukses? Sebabnya adalah Andalah musuh terbesar kesuksesan Anda sendiri.

“Mereka yang tidak mempercayai kemampuan sendiri, terlalu jahat pada diri sendiri, mengecilkan diri sendiri dari melakukan apa yang seharusnya mereka kuasai. Jika Anda mengecilkan diri sendiri, Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik, karena kepemimpinan dibangun dengan menginspirasi orang lain untuk menghadapi tantangan.” – Israelmore Ayivor

Berikut adalah 7 Elemen MENGHENTIKAN Anda untuk SUKSES:

1. KEPUASAN DIRI

Perasaan kepuasan diri yang sangat kuat adalah keadaan sombong. Ada saat-saat di mana Anda telah mengerahkan semua upaya untuk melakukan satu hal atau yang lain, wajar jika Anda merasa besar, memuji diri sendiri, dan puas dengan apa yang telah Anda lakukan.

Rasa puas diri muncul ketika Anda terlalu puas dengan apa yang telah Anda lakukan. Anda telah melakukan begitu banyak pekerjaan, dan Anda tidak merasa baik jika seseorang mengutuk semua kerja keras dan upaya Anda.

Di sinilah kebanyakan orang melakukan kesalahan. Alih-alih mendengarkan masukan berharga, kita justru cenderung mengabaikan masukan dari orang lain. Mengapa? Karena Anda kagum dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan. Anda merasa sangat puas, sehingga tidak ingin mengubahnya atau mendengarkan saran.

Tahukah Anda apa akibat dari rasa puas diri? Berpuas diri membawa kebanggaan, kemalasan, stagnasi, terlalu percaya diri, dan penundaan. Jika Anda salah, akui bahwa Anda salah, mintalah nasihat orang dan selalu siap untuk belajar. Miliki pola pikir bertumbuh, bukan pola pikir tetap. Berpuas diri adalah keadaan pikiran yang hanya ada dalam retrospektif: itu harus dihancurkan sebelum dipastikan.

“Tragedi hidup seringkali bukan pada kegagalan kita, melainkan pada kepuasan diri kita; bukan karena kita melakukan terlalu banyak, tetapi lebih karena kita melakukan terlalu sedikit; bukan dalam hidup kita di atas kemampuan kita, melainkan dalam hidup kita di bawah kemampuan kita.” – Benjamin E. Mays

2. HARGA DIRI RENDAH

Bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri? Apakah Anda merasa tidak berharga? Nah, harga diri yang rendah adalah salah satu musuh terbesar kesuksesan Anda. Anda memiliki kekuatan harga diri, dan itulah mengapa Anda adalah pengontrol kesuksesan Anda.

Harga diri rendah memiliki kekuatan yang sangat kuat yaitu “meremehkan diri sendiri”. Anda terus meremehkan diri sendiri, yang akan membuat Anda kehilangan harga diri Anda. Menurut Anda, apa yang terjadi ketika Anda kehilangan harga diri Anda? Satu, Anda kehilangan kepercayaan diri, dua, harga diri, dan terakhir, Anda memasuki dunia negatif.

Mengapa Anda meremehkan diri Anda yang hebat? Begitu banyak orang memiliki potensi luar biasa, dan mereka hanya meremehkan dirinya sendiri, akhirnya menghancurkan kepercayaan dirinya. Menjadi pemalu adalah gejala dari harga diri yang rendah.

Bersembunyi, rahasia, dan tidak mampu menjadi diri sendiri adalah salah satu hal terburuk yang pernah ada bagi seseorang. Ini memberi Anda harga diri yang rendah. Anda tidak pernah bisa mencapai puncak itu dalam hidup Anda. Anda harus selalu bisa menjadi diri sendiri dan bangga pada diri sendiri.

Cintailah diri sendiri terlebih dahulu! Tidak ada batasan atau penghalang yang mengelilingi hati seseorang yang mencintai dirinya sendiri dan orang lain. Seorang motivator dunia, M. Scott Peck berpesan, “Sampai Anda menghargai diri sendiri, Anda tidak akan menghargai waktu Anda. Sampai Anda menghargai waktu Anda, Anda tidak akan melakukan apa pun dengannya.”

Anda adalah orang hebat. Tidak ada yang bisa mengguncang Anda. Satu rahasianya adalah ini: jika Anda tidak mengutuk diri sendiri, tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat menghukum Anda. Jadi, jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Jangan pernah membatasi potensi Anda sendiri. Anda tidak terbatas dan selalu ada kekuatan Anda.

“Begitu Anda merangkul nilai, bakat, dan kekuatan Anda, itu akan menetralisir ketika orang lain kurang memikirkan Anda.” – Rob Liano

3. KEBANGGAAN EGO

Kebanggaan ego, telah menyebabkan miliaran orang di dunia menderita penyesalan pahit. Jika Anda tidak dapat menundukkan diri Anda terhadap orang lain, Anda mungkin tidak dapat melangkah jauh dalam hidup. Bahkan jika secara kebetulan Anda berhasil, akhirnya masih akan dipenuhi dengan penyesalan besar.

Bersikaplah rendah hati, kesombongan adalah salah satu musuh terburuk kesuksesan Anda. Beberapa orang memiliki pola pikir, bahwa mereka tidak dapat belajar dari seseorang yang lebih muda darinya, atau pun dari orang yang dianggapnya berada di bawah level dirinya.

Banyak orang merasa dirinya terlalu besar untuk meminta bantuan. Mereka merasa terlalu besar untuk belajar. Jika Anda tidak tahu sesuatu, tanyakan kepada orang yang mengetahuinya. Jangan merasa terlalu besar untuk bertanya, dan selalu siap menghadapi rasa kebanggaan ego ini.

Anda membutuhkan keterampilan untuk berhasil. Anda harus belajar untuk memiliki keterampilan, dan mempelajari keterampilan baru, berarti Anda perlu melakukan banyak pelayanan dan pekerjaan, dengan hormat dan ketundukan tertinggi.

“Musuh terbesar kemajuan adalah kesuksesan terakhir Anda, Anda bisa menjadi sangat bangga dengan apa yang telah Anda capai sehingga Anda berhenti bergerak maju ke apa yang masih bisa Anda capai.” – Myles Munroe

4. KEMALASAN

Kita semua memiliki zona nyaman kita. Sering kali, orang menjadi terlalu puas dengan zona nyaman mereka, dan itulah mengapa menjadi sangat sulit baginya untuk keluar dari tempat nyaman itu.

Apa zona nyaman Anda atau di mana zona nyaman Anda? Zona nyaman Anda bisa di film, selebriti favorit Anda, media sosial, game, teman, atau pun tidak melakukan apa-apa, dll. Sampai Anda menjadikan kerja keras, pemikiran cerdas, komitmen, dan ketekunan sebagai zona nyaman Anda, kesuksesan tidak akan dapat Anda raih.

Salah satu faktor menyeramkan dari Kemalasan adalah KESENANGAN, sebuah perasaan memuaskan kita. Meskipun terlihat seperti memuaskan diri sendiri, namun sesungguhnya, Anda membuang-buang waktu. Alih-alih membuang-buang waktu untuk memuaskan diri sendiri, Anda harus memaksimalkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal yang akan meningkatkan masa depan Anda.

“Jauhi parasit malas, yang hinggap pada Anda itu hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka tidak datang untuk meringankan beban Anda. Oleh karena itu, jauhi kemalasan, misi mereka adalah untuk mengalihkan, mengurangi dan mengekstrak, yang akan membuat Anda hidup dalam kemiskinan.” – Michael Bassey Johnson

5. PENUNDAAN

Penundaan adalah hal yang membuat banyak orang kehilangan kesempatan sekali seumur hidup. Itu juga salah satu musuh terbesar kesuksesan Anda. Penundaan dan kemalasan itu seperti anak kembar, mereka selalu berjalan beriringan. Ketika Anda terlalu terikat pada zona nyaman Anda, penundaan akan muncul, membuat Anda tidak melakukan apa-apa selain membuang waktu.

Efek kuat dari penundaan adalah kemampuannya untuk membantu Anda memperpanjang hal-hal yang dapat Anda capai. Jika Anda seharusnya bisa menyelesaikan tugas dalam 3 jam ke depan, menunda-nunda bisa membuatnya menjadi 10 jam. Ketahuilah satu hal yaitu, penundaan mendorong kemalasan. Seperti kata Alexander Graham Bell, “Satu-satunya perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan adalah kemampuan untuk mengambil tindakan.”

“Sukses tampaknya terkait dengan tindakan. Orang-orang sukses terus bergerak. Mereka membuat kesalahan, tetapi mereka tidak menyerah.” – Conrad Hilton

6. TAKUT & KURANG PERCAYA DIRI

Keduanya hal tersebut, juga seperti kembar! Tanpa rasa takut, bagaimana Anda bisa kurang percaya diri? Nah, rasa takut inilah yang membuat kita kurang percaya diri. Takut berbicara untuk diri sendiri, takut menunjukkan bakat Anda, takut dicemooh, dan takut gagal.

Ketakutan telah membuat banyak orang kehilangan mimpinya. Dan jangan lupa bahwa kurangnya rasa percaya diri, tidak bisa dan tidak akan pernah ada, TANPA unsur rasa takut. Ada pepatah bijak, “Ketika orang mencoba menjatuhkan Anda, ingatlah, mereka harus melihat ke atas untuk melakukannya.”

Bangun kepercayaan diri Anda, dan biarkan rasa takut hilang. Dan ingatlah ini, jika Anda memiliki keyakinan besar kepada Tuhan, tidak ada yang dapat menggoyahkan Anda.

7. MASYARAKAT NEGATIF

Lingkungan buruk dan orang-orang jahat adalah sebutan untuk Masyarakat Negatif. Terkadang kita bahkan tidak bermimpi untuk mencapai kesuksesan, karena jenis orang yang bergaul dengan kita dan masyarakat tempat kita berada.

Dengan siapa Anda bergaul? Siapa teman terbaik Anda? Jika jawaban Anda untuk pertanyaan ini negatif, maka Anda harus tahu bahwa Anda berada dalam masyarakat negatif.

“Jadilah seperti benih; jangan melihat kotoran yang dilemparkan kepadamu sebagai musuhmu, tetapi sebagai tanah untuk tumbuh.” – Matshona Dhliwayo

Nah Sahabat. Jangan setuju dengan rasa takut. Aktifkan keyakinan Anda, hiduplah dalam kemenangan, bicarakan hidup Anda dan harapkan hal-hal besar datang kepada Anda. Peter Drucker menasihati, “Tidak ada yang kurang produktif daripada membuat lebih efisien apa yang seharusnya tidak dilakukan sama sekali.”

Salam Luar Biasa Prima!

Wiryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (31 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *