1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (206 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: March 18, 2022 - 9:00 PM

3 Alasan MEDITASI untuk Lebih Sukses

Meditasi telah dipraktikkan dalam Budaya Timur selama ribuan tahun, dan sekarang sudah mendunia. Semua orang mulai dari CEO berprestasi hingga selebritas sekarang menghubungkan sebagian besar kesuksesan mereka dengan meditasi teratur.

Dahulu, saat saya masih sekolah dan kuliah, saya khawatir mengungkapkan terlalu banyak minat pada hal-hal seperti spiritualitas atau kepercayaan esoteris lainnya, karena itu akan dianggap sebagai omong kosong dan saya tidak ingin dinilai aneh.

Ada alasan mengapa kebijaksanaan ini telah diajarkan dalam Budaya Timur selama ribuan tahun. Kehadiran, kesadaran dan saat-saat tenang sangat penting untuk menjalani kehidupan yang terpenuhi, karena stres, kecemasan dan ketakutan sering memukul kita.

Kita telah dikondisikan untuk percaya bahwa jika kita tidak melakukan segalanya dengan sempurna, kita tidak layak untuk kesuksesan kita, dan terbayang kegagalan terburuk.

Namun, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa meluangkan waktu untuk hadir, merasakan emosi kita dan kemudian melepaskannya, adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang lebih tenang, lebih seimbang, dan, pada akhirnya, lebih baik. Inilah yang sering disebut sebagai Kebangkitan Spiritual.

Dunia Seni adalah alat yang fantastis untuk memulainya. Mempelajari lukisan dengan penuh perhatian sambil mengendalikan nafas sebagai Meditasi Visualisasi, dapat memberikan hasil bagus, jika Anda belum bisa melakukan Meditasi Tradisional.

Berikut adalah 3 Alasan Bagus untuk memulai latihan meditasi, yang akan membuat Anda siap untuk lebih sukses:

1. Tidur Lebih Baik

Saya terkadang memiliki masalah untuk tertidur. Saya biasanya bangun dua atau tiga kali di malam hari untuk ke toilet. Setelah saya meningkatkan latihan meditasi saya menjadi dua kali sehari, saya dapat tidur nyenyak selama lima hingga enam jam setiap malam.

Saya memulai hari saya dengan Meditasi Visualisasi 10 menit, yang membantu saya untuk bangun secara perlahan dan lebih sadar. Cukup bangun setengah jam lebih awal untuk melakukan ini, memastikan kita memulai pagi dengan perasaan positif dan dalam keadaan pikiran yang tenang.

Hal ini kemudian berdampak sepanjang hari, yang berarti kita dapat mengatasi rintangan apa pun yang mungkin muncul, dengan mudah dan tudak panik. Mengambil ‘kewaspadaan istirahat’, menggunakan alat-alat seperti seni, dapat membantu menjaga ketenangan selama jam-jam bangun kita.

Pada saat kita pergi tidur, stres dalam sistem dan semua yang tersisa dapat dilepaskan selama meditasi malam. Ini berarti bahwa tubuh kita mendapatkan istirahat yang dibutuhkan di malam hari selain menghilangkan stres, menghasilkan tidur yang lebih dalam dan lebih memulihkan.

“Meditasi bukan tentang menghentikan pikiran, tetapi mengakui bahwa kita lebih dari pikiran dan perasaan kita.” – Arianna Huffington

2. Peningkatan Produktivitas

Setelah Anda tidur lebih nyenyak dan mendapatkan istirahat cukup yang Anda butuhkan di malam hari, hari-hari Anda juga akan lebih produktif. Lebih sedikit kelelahan dan lebih banyak kejernihan mental, berarti kita dapat tetap fokus dan menyelesaikan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Ketika kita terus-menerus berada dalam mode ‘fight or flight’, sulit untuk berpikir jernih dan kita sering membuat penilaian yang buruk saat di bawah tekanan.

Meditasi, dikombinasikan dengan praktik kesadaran untuk membuat kita tetap hadir, seperti seni, dapat sangat meningkatkan fungsi kognitif kita. Apa yang dilakukannya adalah menenangkan sistem saraf, menciptakan ketertiban dan karena itu memungkinkan stres dikeluarkan dari tubuh.

Bermeditasi dari waktu ke waktu benar-benar dapat mengubah otak kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan meditasi secara teratur, akan menyusutkan Amigdala (bagian otak yang mengontrol rasa takut dan impuls emosional) dan meningkatkan ukuran Batang Otak (tempat dopamin dan serotonin berasal), dan Pra-frontal Korteks (bertanggung jawab untuk belajar dan pemecahan masalah secara kreatif).

3. Intuisi Ditingkatkan

Jika Anda terus-menerus menebak-nebak diri sendiri atau mengalami kesulitan membuat keputusan setiap hari, maka meditasi adalah sahabat baru Anda. Sebagian besar waktu kita, menggunakan otak kiri kita untuk menganalisis dan memecahkan masalah dengan cara yang logis.

Apa yang dilakukan meditasi adalah memperkuat hubungan antara otak sisi kiri ini dengan sisi kanan, atau otak kreatif. Menggunakan keduanya secara bersamaan, meningkatkan kekuatan intuisi kita, yang memungkinkan kita secara naluriah membuat keputusan dan pilihan yang lebih baik.

Seni juga memiliki kemampuan untuk menyatukan dua sisi otak: otak kiri menganalisis dan mencoba memahami gambar secara keseluruhan, sementara otak kanan menyentuh emosi yang kita rasakan saat melihatnya. Dengan bermeditasi secara visual menggunakan karya seni, Anda pada dasarnya meningkatkan latihan meditasi.

Meditasi akan membuat Anda menjadi lebih baik. Apa pun impian Anda, itu akan tampak jauh lebih dapat dicapai jika Anda memberi diri Anda waktu untuk memperlambat, menyetel, dan menyaring kebisingan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (206 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.