1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (242 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: December 3, 2020 - 5:00 AM

Strategi Menemukan KESEIMBANGAN dan KEDAMAIAN Batin

Stres, depresi, kecemasan. Tak satu pun dari kita yang asing dengan masalah ini. Itulah sebabnya banyak orang telah beralih ke Pencarian Kedamaian Batin.

Tapi Kedamaian Batin itu bukanlah sesuatu yang dapat Anda putuskan untuk dilakukan dan kemudian melakukannya begitu saja. Kedamaian batin adalah keadaan yang harus dicapai dan ditingkatkan, perjalanan seumur hidup yang membutuhkan komitmen seumur hidup.

Banyak orang terlibat dalam pencarian kedamaian batin saat mereka berusaha melarikan diri dari dunia yang bertekanan tinggi.

Dalam upaya menemukan kedamaian batin, penting untuk melihat hidup Anda dan membuat beberapa perubahan. Kedamaian batin bukanlah sesuatu yang perlu ditambahkan ke daftar tugas Anda, melainkan tentang menemukan waktu untuk belajar bersantai dan memiliki waktu untuk Anda.

“Kedamaian adalah hasil dari melatih kembali pikiran Anda untuk memproses kehidupan apa adanya, bukan seperti yang Anda pikirkan.” – Wayne Dyer

Berikut adalah Strategi Menemukan KESEIMBANGAN dan KEDAMAIAN Batin:

1. Belajar Menyederhanakan

Cari tahu apa yang benar-benar perlu dan apa yang tidak. Misalnya, apakah dunia akan kiamat jika tempat tidur Anda tidak dirapikan setiap hari? Siapa yang masuk ke kamar Anda untuk melihatnya saat Anda tidak di sana? Jika Anda tidak tahan untuk tidak merapikan tempat tidur, belilah selimut penutup yang menyembunyikan seluruh tempat tidur yang berantakan. Anda akan menghemat waktu untuk tugas ini secara keseluruhan.

Kesempurnaan adalah bentuk lain dari kelebihan yang harus disingkirkan. Orang yang berjuang untuk kesempurnaan, melatih pikiran mereka untuk tidak puas dengan hal lain.

Akibatnya, mereka mudah dibujuk dan hanya bekerja menuju hal-hal yang menawarkan kepuasan diri. Kedamaian batin, di sisi lain, adalah tentang merasa nyaman dengan kekuatan dan kelemahan Anda. Merasa nyaman dalam diri Anda saat ini, dan bersabar dalam membentuk Anda menjadi siapa.

“Tetap berkomitmen pada keputusan Anda, tetapi fleksibel dalam pendekatan Anda.” – Tony Robbins

2. Fokuskan Perhatian pada Hal-hal yang Dapat Anda Kendalikan

Mengapa khawatir tentang hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan? Itu merusak suasana hati Anda dan membuat Anda kurang mampu.

Tanyakan pada diri Anda secara harfiah, “Apakah ini sesuatu yang dapat saya kendalikan? Apakah kekhawatiran itu akan bermanfaat?”

Sebagai manusia, Anda harus tahu hal-hal mana yang ada dalam kendali Anda. Apa pun di luar itu dapat mengganggu Anda, dan memberi stres dalam hidup Anda. Sekarang lupakan SEMUA kekhawatiran Anda, karena Anda telah membuang yang tidak mungkin, dan melakukan semua yang Anda bisa kendalikan, untuk meminimalkan kemungkinan itu.

3. Menjadi Terorganisasi

Tempelkan papan putih atau papan tulis di dapur Anda bagi semua anggota keluarga, untuk menuliskan barang-barang yang dibutuhkan dari supermarket, laundry, dll. Lakukan satu waktu perjalanan untuk semua tugas ini, atau dapatkan layanan pengiriman. Percayakan ke seseorang untuk menjalankan tugas atau memesan sesuai kebutuhan, lewat aplikasi atau website terkait.

Buatlah rencana dan daftar tugas apa saja, serta semua hal yang perlu dilakukan dalam minggu ini. Lakukan itu di komputer atau smartphone Anda, dan ubah saja daftar pada minggu lalu untuk menghemat waktu. Bangunlah cukup pagi untuk memastikan Anda melakukan aksi bersama di pagi hari.

4. Sertakan Bantuan dan Bagi Tugas

Pertimbangkan untuk menggunakan layanan pengiriman bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya. Sebagian besar wilayah memiliki toko grosir yang menyediakan layanan ini dengan sedikit biaya.

Rekrut bantuan keluarga Anda. Cari tahu tugas apa yang dapat dilakukan anak-anak, dan pastikan mereka menyelesaikannya. Ini bisa termasuk membantu menyiapkan makan malam atau mengemas makan siang mereka sendiri. Ada banyak resep sederhana dan cukup aman untuk dibantu oleh anak-anak.

Buat mereka bertanggung jawab atas kamar mereka dan tugas lainnya di luar kamar mereka. Jika Anda membutuhkan kemeja atau busana lainnya, yang harus dicuci setiap minggu, kirimkan ke laundry. Jika Anda mampu, sewalah layanan pembersihan rumah dan tukang kebun mingguan, atau dua kali seminggu.

5. Fokus pada Aktivitas Anda

Tuliskan semua aktivitas Anda dan buat skala prioritas, seberapa perlu atau seberapa besar kesenangan yang akan Anda dapatkan. Kemudian kurangi aktivitas itu ke jumlah yang lebih masuk akal. Jika Anda bekerja penuh waktu, ini mungkin terdapat dua aktivitas di luar. Jika aktivitas orang lain mengganggu kemampuan Anda untuk menemukan kedamaian, tuliskan aktivitas mereka juga.

Jika Anda mendapati anak-anak Anda memiliki lebih dari dua kegiatan ekstrakurikuler secara bersamaan, sekarang saatnya meminta mereka memilih favorit mereka. Ini akan menjadi pelatihan yang baik untuk kehidupan dewasa mereka, ketika mereka harus membuat pilihan-pilihan ini seperti yang Anda lakukan sekarang. Ini juga membantu mereka untuk memfokuskan energi mereka ke area pilihan mereka, dan memberi mereka rasa damai juga.

6. Matikan Ponsel dan Tetapkan Batasan

Jika hidup Anda terlalu padat jadwal, Anda mungkin perlu menetapkan beberapa batasan. Jadi berhentilah melakukan beberapa hal yang paling tidak penting, hal-hal yang sejujurnya tidak terlalu penting.

Tetapkan batasan berapa kali per hari, Anda akan memeriksa kotak masuk email, Instagram, Twitter, Facebook, dll. Dan katakan TIDAK, jika Anda benar-benar tidak punya waktu, dan bersikeras agar orang lain juga melakukannya.

Sangat sedikit hal dalam hidup, yang membutuhkan perhatian Anda sekarang. Ketika orang mengetahui bahwa Anda mengalami saat-saat ketika Anda tidak dapat dihubungi, mereka akan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, tanpa mengganggu Anda.

Jika Anda telah menjadi pecandu jejaring media sosial, Anda harus melepaskan diri darinya, setidaknya selama jam kerja. Jika tidak, Anda memberi anak-anak Anda contoh buruk untuk diikuti. Jika berpartisipasi di media sosial tidak penting dalam pekerjaan Anda, batasi diri Anda hingga satu jam saja per minggu, untuk memeriksa situs jejaring media sosial.

“Jalan menuju sukses adalah melalui komitmen.” – Will Smith

7. Abaikan Orang Beracun

Cari tahu siapa orang-orang beracun itu, dan mulai batasi keterpaparan Anda terhadap mereka. Ini harus mencakup siapa saja yang menelepon terlalu sering, atau mengajak berbicara terlalu lama. Ini bisa jadi sulit, karena terkadang mereka adalah anggota keluarga atau teman dekat.

Evaluasi orang mana dalam hidup Anda yang membuat Anda merasa “KURANG ketika Anda berada di sekitar mereka. Anda benar-benar tidak berguna untuk mereka, dan jika Anda tetap bergantung pada hubungan ini, itu pasti karena kesalahan Anda sendiri, atau kurangnya harga diri.

Jadi, brutallah saat mengevaluasi siapa saja yang harus Anda centang untuk tetap tinggal, dan siapa yang harus pergi! Kemudian jadilah jauh lebih lembut saat Anda mulai menarik diri. Berada di sekitar mereka mungkin sulit, tetapi yang terbaik adalah menjauh secara perlahan, daripada memicu konfrontasi; ini akan sangat membantu pencarian Anda pada kedamaian batin.

Jika orang beracun tersebut kebetulan adalah atasan Anda atau rekan kerja yang tidak bisa Anda hindari, inilah saatnya membuat salah satu kegiatan ekstrakurikuler, mencari pekerjaan baru!

8. Terima dan Lepaskan

Jika ada yang negatif dari masa lalu, sesuatu yang dikatakan seseorang, sesuatu yang dilakukan seseorang, dan masih ada di pikiran Anda, maka terimalah, biarkan perasaan dan pikiran itu masuk, daripada Anda mencoba keras untuk menyingkirkannya.

Ketika Anda menerimanya, maka hal negatif itu mulai kehilangan kekuatan. Dan meskipun faktanya mungkin masih ada di kepala Anda, perasaan negatif menjadi semakin tidak kuat, semakin melemah.

Pada titik ini, biarkan perasaan negatif itu seperti benda tak berharga, seperti Anda membuang sekantong pakaian rusak, lepaskanlah. Dan arahkan fokus Anda ke momen terindah di saat ini.

9. Temukan Teknik Relaksasi yang Cocok untuk Anda

Saya suka melakukan olah pernafasan, dengan bernapas perut dan berolahraga ringan untuk melepaskan ketegangan dan mengisi ulang tenaga.

Apa yang cocok untuk Anda? Jalan-jalan, musik, yoga, meditasi, atau pergi berenang? Carilah tahu, dan lakukan itu.

Membuat perubahan di beberapa area tersebut tadi, akan membantu dalam pencarian kedamaian batin Anda. Setelah Anda membuat beberapa perubahan dalam hidup ini, Anda akan menemukan diri Anda lebih rileks dan mulai menikmati hidup Anda. Anda juga akan memiliki waktu dan ruang dalam hidup Anda, untuk menemukan kedamaian batin dari perspektif spiritual.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (242 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *