1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (220 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: December 26, 2020 - 6:00 AM

7 KETERAMPILAN Utama Pengusaha

Slogan Semangat Kesuksesan yang terkenal, “Mereka ke luar dan melakukannya!” Mereka ini tidak menunggu untuk diberi tahu, apa yang harus dilakukan, dan tak menunggu kondisi yang sempurna. Kedengarannya sederhana, bukan? Tetapi ini bukanlah proses mudah. Siapakah mereka? PENGUSAHA.

Semangat seperti itulah, yang membuat kesuksesan menjadi tak terelakkan, setelah ratusan kegagalan, penolakan, dan kemunduran. Semangat itulah yang memungkinkan pengusaha bangkit kembali, dan memulai dari awal lagi, meskipun hasilnya tidak pasti. Semangat itulah yang dapat menjaga mimpi secara sempurna dalam imajinasi, mempercayainya bahkan saat menghadapi segala rintangan dalam upaya untuk mewujudkannya, hingga mimpi itu menjadi kenyataan.

Memang ini bisa sangat menantang. Anda sering kali tidak memiliki kendali atas semua sumber daya yang Anda butuhkan. Namun, pengusaha tetap bertekad menuju tujuan mereka meskipun sumber daya tidak di bawah kendali mereka. Itulah jalan kewirausahaan.

Ya, spirit kewirausahaan memang melegenda. Kita tahu bagaimana mengenalinya saat kita melihatnya. Tapi bagaimana kita membangunnya? Ciri karakter, keterampilan dan atribut apa yang harus kita upayakan untuk dikembangkan?

Berikut adalah 7 KETERAMPILAN Utama Pengusaha:

1. Ketahanan

Ciri utama yang dibutuhkan pengusaha untuk melewati masa-masa sulit seperti ini adalah kemampuan untuk menghadapi rintangan dan badai kehidupan.

“Tidak peduli berapa banyak yang menimpa kami, kami terus membajak. Itulah satu-satunya cara untuk menjaga agar jalan tetap bersih.” – Greg Kincaid

2. Keberanian

Dibutuhkan banyak keberanian untuk menonjol dari keramaian dan menampilkan diri Anda dengan cara yang diperlukan untuk membangun bisnis dari awal.

3. Komunikasi

Anda mungkin memiliki rencana bisnis terbaik di dunia, tetapi jika Anda tidak dapat mengomunikasikan pesan utamanya kepada orang lain secara efektif, itu hanya akan tetap menjadi sebuah rencana. Komunikasi adalah keterampilan sangat penting dalam dunia kewirausahaan.

4. Pembelajaran Berkelanjutan

Sebagai pengusaha, Anda sering kali berhadapan dengan beragam gejolak bisnis. Itu berarti kurva belajar yang curam dan cepat, ada di semua area yang mungkin kurang Anda kuasai. Pembelajaran tidak berhenti di situ! Pertumbuhan akan membawa tantangan baru dan peluang belajar baru. Memiliki sikap positif dalam mempelajari hal-hal baru akan membuat Anda berada pada posisi yang baik, ketika Anda menghadapi tantangan baru yang akan sering terjadi!

5. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu sering kali menjadi pemicu, yang memulai upaya kewirausahaan. Keheranan tentang dunia, dan tentang bagaimana hal itu bisa berbeda, mendorong banyak pengusaha pemula untuk ke luar dan mencari solusi mereka sendiri, dan seringkali itu untuk kepentingan banyak orang lain.

“Yang penting jangan berhenti bertanya. Keingintahuan memiliki alasannya sendiri untuk tetap ada.” – Albert Einstein

6. Akuntabilitas

Kemampuan untuk berdiri dan bertanggung jawab atas tindakan Anda, bahkan saat menghadapi kegagalan, akan membantu Anda dalam dunia bisnis. Seperti sering kita dengar sebelumnya, orang melakukan bisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai, percayai, dan punya integritas, ini sangat bermanfaat dalam dunia bisnis.

7. Empati

Ini sering disebut ‘soft skill’, dan memiliki empati itu penting. Pemimpin bisnis hebat, menjalankan bisnis yang berpusat pada pelanggan, menempatkan kebutuhan pelanggan sebagai inti dari setiap transaksi bisnis mereka. Untuk melakukan ini, Anda harus dapat menempatkan diri pada posisi pelanggan. Dengan kata lain, Anda mengembangkan rasa empati terhadap siapa mereka dan apa yang mereka butuhkan.

Bagi yang mempertimbangkan untuk terjun ke lautan kewirausahaan, ada banyak informasi di luar sana, di Internet. Terkadang agak sulit untuk menyaringnya. Oleh karena itu, saya tunjukkan 3 Kiat Teratas Favorit saya, di bawah ini:

Diversifikasikan aliran pendapatan – Bukan waktunya untuk meletakkan semua telur Anda dalam satu keranjang. Coba dan sebarkan risiko Anda di beberapa aliran pendapatan, agar tetap bertahan di saat masa-masa sulit melanda.

Jaringan – Bukan apa yang Anda ketahui, melainkan siapa yang Anda kenal, dan ini terutama berlaku dalam dunia bisnis. Coba dan gunakan setiap kesempatan untuk membuat hubungan yang bermakna dengan orang-orang baru.

Bersiaplah untuk kerja keras – Beberapa tahun pertama sering kali melelahkan, dan bagi banyak orang, terkadang bahkan tahun-tahun setelah itu. Bersiaplah untuk bekerja sangat keras dan menumbuhkan kesabaran, karena Anda akan membutuhkannya!

Pikirkan bahwa Anda sudah mendapatkan apa yang diperlukan. Maka Anda akan bersemangat untuk memulai, jika Anda belum memulainya.

Nah Sahabat. Sudahkah Anda berkelana ke dunia kewirausahaan?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (220 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *