1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: January 12, 2021 - 9:25 PM

5 SEBAB Lebih Baik Memilih MINAT daripada Tampil Keren

“Ikuti minatmu sendiri, bukan orang tuamu, bukan gurumu; hanya minat milikmu.” – Robert Ballard

Kita bekerja lebih keras, menghasilkan lebih banyak uang, dan membeli harta benda yang lebih mewah. Kita percaya bahwa ini akan membawa kita ke keadaan yang kita inginkan. Apa yang terjadi jika itu tidak seusai hasilnya?

Satu kelemahan dari gagasan ini adalah tentang STATUS SOSIAL. Saya telah bertemu orang-orang yang akan melakukan apa pun untuk terlihat “keren” bagi orang lain, meskipun itu berarti mengorbankan minat, hasrat, kebahagiaan, atau potensi mereka. Saya mendapati diri saya pun melakukan hal yang sama. Ini masalah umum, namun kita perlu memperbaikinya untuk kebahagiaan kita.

Berikut 5 SEBAB Lebih Baik Memilih MINAT daripada Tampil Keren:

1. Anda Mengorbankan Kesenangan Jangka Panjang untuk Kesenangan Jangka Pendek

Apakah Anda lebih suka memiliki gaya hidup yang menurut semua orang keren tetapi Anda benci; atau gaya hidup yang Anda sukai tetapi menurut semua orang biasa-biasa saja? Persetan dengan apa yang dipikirkan orang lain. Anda memiliki kekuatan untuk menjalani kehidupan impian Anda, dan jika hidup Anda ini bukan yang diinginkan orang lain, itu tidak masalah.

Sayangnya, banyak orang stres karena memilih lebih suka bekerja terlihat glamor dari luar, tapi di dalam seperti neraka. Sementara yang lain mengagumi berapa banyak uang yang dihasilkan oleh profesi glamor ini, mereka bekerja lebih dari 90 jam seminggu, dan bahkan tidak punya waktu untuk menghabiskan uang mereka.

2. Anda Hidup Sesuai Dengan Motivasi Anda

Saya pernah mendengarkan podcast seorang penulis terkenal di bidang pengembangan karir. Dia menyebutkan memiliki teman kaya, yang bekerja untuk bersenang-senang karena dia suka pekerjaannya, meskipun status pekerjaannya tergolong di posisi rendah.

Sebagian besar dunia akan meremehkan jabatan itu karena statusnya rendah, namun orang ini tidak peduli. Karena dia tidak peduli, dia melakukan apa yang paling dia sukai. Dia tidak membiarkan ketakutannya pada penilaian orang lain, menahannya dari menjalani kehidupan yang paling dia sukai.

3. Anda Hanya Menarik Orang Yang Baik Untuk Anda

Bayangkan, apa yang akan terjadi jika Anda berpura-pura menjadi bintang selebritis atau kepribadian berstatus sosial sangat tinggi. Meskipun Anda benar-benar memiliki gaya hidup dan penampilan seperti itu, Anda akan menarik orang yang memiliki nilai dan minat secara salah. Hubungan Anda akan dangkal, dan tidak akan bertahan lama.

Orang-orang jatuh ke dalam perangkap ini karena mereka memiliki mentalitas lemah. Mereka merasa dunia tidak cukup berlimpah untuk memberi orang apa yang mereka inginkan. Mereka merasa tidak cukup baik. Oleh karena itu, mereka mencoba mengubah diri dan minat mereka, menjadi apa yang menurut mereka akan menarik siapa yang mereka inginkan.

Kenyataannya, tidak ada orang sehat yang menginginkan hal itu dalam jangka panjang. Jika Anda menyukai buku, hiking, dan anime, mengapa Anda ingin menghabiskan waktu dengan seseorang yang menyukai berpesta sepanjang waktu?

4. Anda Menjadi Keren Dengan Melakukannya Sesuai Cara Anda

Saya mengerti, jika Anda tinggal di kota kecil, hampir mustahil untuk meyakinkan siapa pun bahwa hobi Anda yang unik itu keren. Dan Anda berpikir, ketika Anda tumbuh dan pindah ke kota yang lebih besar dan lebih baik, ada lebih banyak orang, dan peluang untuk bertemu seseorang dengan minat yang sama. Ya, itu memang benar bagi sebagian orang. Anda boleh berpikir seperti itu, dan berupaya untuk benar-benar meraihnya.

Namun, daripada menyembunyikan apa yang menurut Anda memalukan atau apa yang menurut Anda merupakan kelemahan Anda, coba terimalah itu. Berhentilah percaya bahwa Anda harus selalu menjadi seseorang yang bukan Anda, untuk dicintai atau pun dihargai.

Pada tema yang sama, dengan menetapkan batasan, dan tidak terlalu berkompromi, Anda tidak perlu menjadi bunglon dengan berpura-pura tertarik pada minat orang lain, hanya untuk membuat mereka menyukai Anda.

5. Anda Hidup Lebih Sehat, Lebih Menyenangkan

Ada milyaran orang di luar sana. Semakin sering Anda bertemu orang lain, semakin Anda menyadari betapa berbedanya minat setiap orang. Oleh karena itu penting untuk merangkul apa yang Anda sukai dan siapa diri Anda.

Ya, Anda akan menjadi aneh. Anda akan menemukan orang-orang yang mengolok-olok Anda. Itu tidak berarti Anda harus mengubah apa pun tentang diri Anda. Itu berarti baik-baik saja dengan tujuan dan visi unik Anda, bukan orang lain.

Terlalu banyak dari kita menyia-nyiakan hidup kita untuk memenuhi harapan orang tua, teman, atau masyarakat, akhirnya membenci hidup kita dan merasa stres setiap hari. Tidakkah Anda lebih suka menjalani hidup yang Anda cintai, meskipun tidak “keren” menurut standar masyarakat?

Jika Anda menjalani kehidupan impian Anda dan menghasilkan hanya puluhan juta rupiah dalam setahun, persetan jika orang lain menganggapnya sebagai status rendah. Anda sudah menghasilkan kebahagiaan lebih dari mereka dan Anda hidup untuk itu.

“Cintai hidup yang Anda jalani. Jalani hidup yang Anda cintai.” – Bob Marley

Hidup terkadang merupakan tindakan penyeimbangan. Dalam kasus ini, Anda tidak ingin terlalu kaku dalam minat Anda, dan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru atau Anda berhenti berkembang di kehidupan. Anda juga tidak ingin terlalu banyak berbohong dengan berpura-pura tertarik pada hal-hal yang membuat Anda bosan.

Anda ingin menemukan keseimbangan sehat antara sesuatu yang memenuhi kebutuhan hidup Anda, dan yang menggairahkan Anda. Hidup tidak selalu harus berkompromi. Pada akhirnya, Anda akan menemukan sesuatu yang keren bagi orang-orang lain, dan juga yang berarti bagi Anda.

Nah Sahabat. Menurut Anda, apa yang keren dan berarti bagi Anda, terlepas dari keinginan orang lain?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *