1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: January 5, 2022 - 1:30 AM

8 CARA Menjadi Lebih BAIK sebagai Entrepreneur

Sebagai Entrepreneur, kita semua menginginkan kesuksesan, bukan? Kita ingin menjadi lebih baik setiap hari! Hidup adalah perjalanan dan menjadi lebih baik setiap hari adalah tujuannya.

Tidak ada yang ingin menjadi tetap sama sepanjang hidupnya. Kita sering tahu, orang yang tidak tahu sebanyak yang kita tahu, tapi meeeka lebih cepat mendahului kesuksesan kita. Ini penting untuk kita pahami, bahwa sukses itu bukanlah karena mereka lebih pintar, tetapi lebih karena mereka memperbaiki diri setiap hari.

“Manfaatkan dirimu sebaik-baiknya…. karena hanya itu yang ada padamu.” – Ralph Waldo Emerson

Menjadi Entrepreneur yang lebih baik, itu tidak terjadi dalam semalam, tetapi menjadi Entrepreneur yang lebih baik dan sukses itu mungkin. Percayalah pada diri sendiri dan tahu bahwa itu mungkin!

Berikut adalah 8 CARA Menjadi Lebih BAIK sebagai Entrepreneur:

1. Ke Luar dari Zona Nyaman Anda

Anda perlu merasa sedikit cemas. Tanpa kecemasan, Anda hanya akan tertidur karena bosan. Di sisi lain, terlalu banyak kecemasan, dapat menghambat kinerja Anda. Ini akan menyebabkan Anda terlalu banyak berpikir, bereaksi berlebihan, dan hanya merusak segalanya.

Saya telah melihat alasan ini benar dalam mengemudi di jalan raya, sebagai contoh; orang-orang yang cemas membuat kesalahan bodoh saat mengemudi. Mereka tidak panik karena sesuatu hal, namun tiba-tiba menginjak rem begitu keras karena sesuatu yang masih sangat jauh. Mereka berbelok ke jalur yang salah, dan bahkan mengemudi terlalu lambat, yang membuat mereka menjadi sama berbahayanya dengan rintangan di jalan raya.

Yang harus Anda lakukan adalah memiliki jumlah stres yang optimal. Cukup untuk membuat Anda tetap waspada dan aktif, tetapi tidak terlalu merusak kinerja Anda. Pastikan untuk ke luar dari zona nyaman Anda, dan mencoba hal-hal baru. Anda akan tampil lebih baik dan belajar lebih banyak.

“Mimpi adalah visi kreatif Anda untuk hidup Anda di masa depan. Anda harus ke luar dari zona nyaman Anda saat ini, dan menjadi nyaman dengan yang tidak dikenal dan tidak diketahui.” – Denis Waitley

2. Pasang tanda pintu “JANGAN GANGGU”

Gangguan satu menit, dapat berlangsung lebih lama dari yang Anda kira! Kemungkinan besar Anda pernah berada dalam situasi sama, ada yang mengetuk pintu Anda, saat Anda sedang mengerjakan sesuatu dan meminta waktu sebentar, hanya 1 Menit, namun ternyata menjadi 10 Menit.

Setelah itu selesai, Anda mengambil 3 menit lagi untuk mengingat di mana Anda tadi berhenti. Kemudian Anda kembali bekerja dan Anda masih memikirkan apa yang tadi dikatakan, selama 5 menit lagi. Faktanya, Anda mungkin memikirkan apa yang dikatakan itu dapat selama satu jam lagi, dan hilanglah waktu efektif kerja Anda.

Saat bekerja, pastikan Anda mengunci pintu Anda, beri tahu semua orang untuk tidak mengalihkan perhatian Anda, saat Anda menggantung tanda “Jangan Ganggu” di pintu kantor. Selain itu, pastikan ponsel Anda dalam mode senyap dan tidak bergetar, atau nonaktif.

3. Bangun Tim Super

Startup paling sukses saat ini tampaknya dibangun oleh satu orang pada awalnya, tetapi bukan itu masalahnya. Startup seperti Facebook, Instagram, Twitter, Airbnb sebenarnya dibangun oleh tim yang terdiri dari orang-orang berbakat. Meskipun untuk Facebook Anda mungkin melihat Mark Zuckerberg di depan, begitulah untuk tampilan media.

Namun pada kenyataannya ada tim yang kuat di belakangnya. Facebook tidak akan berada di tempatnya sekarang, jika Mark adalah satu-satunya orang yang mengerjakannya, sama dengan yang lainnya.

Carilah orang-orang berbakat yang memiliki visi sama. Visi saja tidak cukup untuk membangun tim solid, dan satu orang saja, tidak cukup untuk membangun startup yang sukses.

4. Mengalihdayakan secara Luar Biasa

Entrepreneur hebat memahami pentingnya pendelegasian. Terkadang perlu kewalahan dan gagal, sebelum Anda sepenuhnya memahami mengapa pendelegasian itu sangat penting. Pikiran untuk menambah jumlah karyawan penuh waktu, dapat menakutkan, seperti membengkaknya biaya terkait dengan gaji dan tunjangan karyawan yang lebih banyak.

Demikian pula, dengan memiliki tim super, bukan berarti harus melakukan segalanya. Tim terbaik pun tidak bisa melakukan semuanya. Hal-hal seperti branding, copywriting, layanan hukum, itu perlu di-outsource-kan. Dengan internet, Anda sekarang dapat menemukan banyak freelancer atau pekerja lepas, yang murah berbakat secara online. Saat ada sesuatu di luar keahlian Anda dan tim Anda, alihdayakan saja dan biarkan tim Anda fokus pada keahlian mereka.

5. Selesaikan Lebih Banyak dan Belanjakan Lebih Sedikit

Meskipun menggunakan pekerja lepas bukanlah situasi paling ideal untuk perusahaan yang sudah mapan, namun ketika Anda adalah perusahaan baru pada tahap awal, menggunakan pekerja lepas dapat sangat efektif dan tidak akan merusak cash flow.

Pendekatan ini jauh lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan karyawan penuh waktu, karena pekerja lepas hanya diberi kompensasi untuk pekerjaan yang telah mereka selesaikan.

6. Gunakan Kalender, bukan Daftar Tugas

Kenapa tidak menggunakan daftar tugas? Karena daftar tugas atau to-do list, sebenarnya adalah alat penundaan! Ketika Anda menggunakan daftar tugas, tugas apa yang biasanya Anda lakukan pertama kali? Tentu yang paling mudah bukan? Karena cara daftar tugas disusun, itu membuat Anda ingin menandai tugas. Itu tidak membedakan antara prioritas tinggi dan prioritas rendah.

Anda akan memeriksa tugas-tugas mudah itu, dan kemudian meninggalkan tugas-tugas sulit pada akhirnya. Satu-satunya masalah adalah tingkat energi Anda menjadi turun sekarang. Sudah larut sehingga Anda memasukkannya ke daftar tugas hari berikutnya, dan prosesnya berulang lagi.

Yang harus Anda gunakan adalah kalender seperti yang dilakukan milyarder. Semua yang Anda tulis di daftar tugas harus ditransfer ke kalender, sebagai acara. Pastikan untuk menjadwalkan tugas yang membutuhkan upaya mental terlebih dahulu dan kemudian fisik. Ketika Anda melakukan ini, Anda akan tahu persis jam berapa Anda akan mengerjakan setiap tugas dan berapa banyak waktu luang tersisa.

7. Periksa, apakah Anda berada di jalur yang benar

Apakah Anda yakin telah berada di jalur yang benar? Apakah Anda memastikan rencana Anda berhasil, atau Anda hanya mengeksekusi tanpa berpikir? Masalah dengan kebanyakan orang adalah mereka tidak meninjau kemajuan mereka. Mereka hanya merencanakan strategi, dan kemudian menjalankannya tanpa berpikir, tanpa memeriksa apakah itu berhasil atau tidak.

Jika Anda ingin menjadi lebih baik dari kebanyakan orang, maka Anda harus meninjau kemajuan Anda, setidaknya setiap bulan, namun sebaiknya setiap minggu. Lihatlah data dan tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya mendapatkan hasil yang saya harapkan?” Kemudian Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai.

8. Belajar dari kesalahan orang lain

Belajar dari kesalahan Anda sendiri harus menjadi respons otomatis. Tapi bukan itu yang saya naksudkan di sini. Saya berbicara tentang belajar dari kesalahan yang dilakukan orang lain. Mengapa? Karena, Anda tidak akan mampu membuat setiap kesalahan dalam hidup Anda, untuk mulai belajar.

Waktu Anda di dunia ini terbatas dan ada begitu banyak kesalahan yang dapat Anda lakukan. Anda tidak dapat bereksperimen semuanya dengan kesalahan Anda, dan Anda tidak boleh bereksperimen pada semuanya. Itu membuang-buang waktu, terutama ketika orang lain telah melakukan eksperimen itu sebelum Anda.

Semuanya telah didokumentasikan di blog, buku, kuliah, kursus, video, dan forum. Tidak ada alasan, mengapa Anda tidak harus belajar dari kesalahan orang lain. Berjalan melalui ladang ranjau kehidupan akan jauh lebih mudah, ketika Anda memiliki peta dengan ranjau yang harus Anda hindari. Bukan untuk mengatakan Anda tidak akan tersandung, tetapi hidup masih akan jauh lebih mudah, daripada jika Anda tidak memiliki petanya.

“Jangan takut salah. Anda akan tahu kegagalan. Teruslah menjangkau.” – Benyamin Franklin

Mengikuti semua cara di atas, tidaklah menjamin kesuksesan Anda. Cara tersebut dapat membantu menumpuk peluang yang menguntungkan Anda. Jika Anda gagal kali ini, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil di lain waktu. Ingatlah, setiap masalah, pasti ada jalan keluarnya.

Berkonsentrasilah pada apa yang Anda kuasai, dan tempatkan orang untuk melakukan sisanya. Biasakan untuk berbuat lebih banyak dengan lebih sedikit sumber daya, dan fokuslah untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan cara lebih cerdas.

Nah Sahabat. Saatnya untuk membedakan pengambil tindakan sejati dari sekedar menjadi pembaca artikel saya ini. Saatnya untuk meningkatkan dan menjadi Entreoreneur yang lebih baik, di mana kebanyakan orang hanya banyak berbicara dan melakukan sedikit.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.