1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (213 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: February 6, 2022 - 1:30 AM

3 CARA Sederhana Menjaga FOKUS Anda

Tetap pada tugas, dapat menjadi sulit, dan itu dapat sangat menantang ketika Anda dikelilingi oleh gangguan terus-menerus. Di dunia yang selalu terhubung saat ini, pengalihan perhatian begitu banyak.

Bahkan selama saat-saat tenang, gangguan benar-benar ada di ujung jari Anda, saat Anda memeriksa notifikasi Instagram, Facebook atau pembaruan berita terbaru.

Kemampuan untuk berkonsentrasi pada sesuatu di lingkungan Anda, dan mengarahkan upaya mental ke arah itu sangat penting untuk mempelajari hal-hal baru, mencapai tujuan, dan berkinerja baik di berbagai situasi.

Apakah Anda mencoba untuk menyelesaikan laporan di tempat kerja atau bersaing dalam bisnis, kemampuan Anda untuk fokus dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Saya selalu ingin tahu apa yang membedakan orang sukses dan yang tidak. Pikiran saya adalah jika saya bisa belajar dari cara mereka berpikir, mencontoh perilaku mereka, mengadopsi kebiasaan mereka, pada akhirnya saya akan menghasilkan hal yang sama dengan yang mereka hasilkan.

Karena bagaimana pun juga, mereka tidak berbeda dengan saya, kan? Jadi, saya pikir mempelajarinya akan membantu mengubah pemikiran saya untuk hasil yang saya inginkan dalam hidup saya.

Ketika saya terus mempelajari orang-orang sukses yang saya kenal secara pribadi, orang-orang yang pernah hidup di masa lalu, dan orang lain yang saya yakin Anda pernah lihat di TV, Majalah, maupun di Media Sosial, saya segera menyadari pembeda antara mereka yang mencapai tujuannya dan mereka yang tidak. Itu adalah: perhatian yang terkontrol, mungkin juga disebut fokus dan konsentrasi. Bagi sebagian orang, ini mungkin tampak seperti atribut yang sulit dipahami untuk menciptakan banyak kesuksesan dalam hidup, tetapi saya telah menemukan bahwa hampir setiap orang sukses memiliki kualitas unik ini.

Andrew Carnegie, industrialis Amerika, yang dianggap sebagai salah satu orang Amerika terkaya dalam sejarah, menghubungkan kesuksesannya dengan atribut ini. Sebagai putra seorang migran, ia melakukan banyak pekerjaan sambilan dan akhirnya membangun salah satu kerajaan bisnis paling sukses sepanjang masa.

Bahkan, dikatakan bahwa pejabat pemerintah menganggap ada sesuatu yang mencurigakan, karena seberapa cepat dia mengumpulkan kekayaannya. Jadi Senat AS menugaskan tim untuk menginterogasi Andrew Carnegie. Saat para pejabat menanyainya, Carnegie mengungkapkan rahasia sederhananya. Carnegie berkata, “Saya dapat menjaga pikiran saya terfokus pada sesuatu selama lima menit berturut-turut.” Carnegie telah menguasai kemampuan untuk menjaga pikirannya tetap fokus dan penuh perhatian untuk memulai dan menyelesaikan tugas secara keseluruhan tanpa gangguan.

Jawaban sederhana namun mendalam ini masuk akal. Maksud saya, bagaimana pun juga, jika Anda tidak dapat memfokuskan pikiran Anda pada hasil yang diinginkan, maka tidak ada yang dapat berkembang dalam hidup – apakah itu dalam kesehatan, produktivitas, atau kekayaan Anda.

Dalam sebuah artikel di situs web Napoleon Hill Foundation, Dr. Angel L. Rivera menulis bahwa perhatian yang terkontrol didefinisikan sebagai tindakan mengoordinasikan semua kemampuan pikiran dan mengarahkan kekuatan gabungan mereka ke tujuan yang pasti; suatu tindakan yang hanya dapat dicapai dengan bentuk disiplin diri yang paling ketat. Konsentrasi yang efektif membutuhkan perhatian yang terfokus, dikendalikan sepenuhnya, dan diarahkan ke tujuan yang pasti.

Baik itu memulai dan menyelesaikan tugas, memberikan perhatian penuh kepada orang lain saat berbicara, atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti berpegang teguh pada satu ide sampai selesai – ini adalah kualitas yang telah diadopsi oleh semua orang sukses.

“Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang membedakan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni.” – Steve Jobs

Sekarang Anda mungkin bertanya pada diri sendiri bagaimana dapat mengembangkan perhatian, fokus, dan konsentrasi? Banyaknya pengalih perhatian seperti informasi di Media Sosial dan lainnya, belum lagi pikiran kita mengembara hampir 50% dari hari-hari kita, menurut penelitian Harvard baru-baru ini, itu semua kemungkinannya pasti melawan kita.

Fokus dan konsentrasi dapat jadi sulit untuk dikuasai. Tentu, kebanyakan orang ingin belajar bagaimana meningkatkan fokus dan meningkatkan konsentrasi. Kita hidup di dunia yang bising, dan gangguan terus-menerus dapat membuat fokus dan konsentrasi menjadi sulit.

Ilmu pengetahuan baru, menyimpulkan bahwa fokus dan konsentrasi adalah keterampilan yang dapat dipelajari!

Dalam buku Dr. Amishi Jha berjudul, Peak Mind, ia membahas bahwa dengan berinvestasi hanya 12 menit sehari, lima hari seminggu, Anda dapat meningkatkan perhatian dan memori kerja Anda melalui latihan Mindfulness sederhana.

Mindfulnes adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, sadar di mana kita berada dan apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Jadi, dengan sedikit investasi waktu Anda, Anda dapat menuai penghargaan yang sangat besar di hampir setiap bidang kehidupan Anda.

Sekarang, jika Anda mencari beberapa cara lain untuk menjaga fokus dan konsentrasi Anda, berikut ini 3 caranya:

1. Hilangkan Gangguan

Sebelum memulai tugas apa pun, Anda harus mengatur lingkungan Anda agar berhasil untuk mengurangi kemungkinan gangguan. Ini bisa berupa meletakkan semua perangkat Anda dalam mode Jangan Ganggu, meletakkan ponsel Anda di ruangan lain, atau bangun lebih awal sebelum orang lain siap untuk menyelesaikan tugas.

Secara pribadi, saya kadang-kadang harus meletakkan ponsel saya di ruangan lain karena saya secara tidak sadar akan mengambilnya dan mulai menggulir di media sosial, yang pada akhirnya mengalihkan perhatian saya dari tugas yang ada. Membersihkan ruang Anda untuk membebaskan gangguan adalah cara yang bagus untuk membuka jalan Anda menuju kesuksesan!

Tidak semua gangguan datang dari sumber luar. Kelelahan, khawatir, kecemasan, motivasi yang buruk, dan gangguan internal lainnya dapat sangat sulit untuk dihindari.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan menyisihkan waktu dan tempat tertentu dan meminta untuk dibiarkan sendiri untuk jangka waktu tersebut. Alternatif lain adalah mencari lokasi yang tenang di mana Anda tahu akan dapat bekerja tanpa gangguan. Perpustakaan, ruang pribadi di rumah Anda, atau bahkan kedai kopi yang tenang mungkin dapat menjadi tempat yang bagus untuk dicoba.

2. Istirahat Sejenak

Pernahkah Anda mencoba fokus pada hal yang sama untuk jangka waktu yang lama? Setelah beberapa saat, fokus Anda mulai rusak dan menjadi semakin sulit untuk mencurahkan sumber daya mental Anda untuk tugas itu. Tidak hanya itu, kinerja Anda pun akhirnya menurun hasilnya.

Penjelasan dalam psikologi telah menyarankan bahwa ini disebabkan oleh sumber daya perhatian yang terkuras, dan beberapa peneliti percaya bahwa itu lebih berkaitan dengan kecenderungan otak untuk mengabaikan sumber stimulasi konstan.

Bekerja untuk waktu yang lama dapat mengganggu konsentrasi kita. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan istirahat sejenak. Saya biasanya bekerja selama sekitar 30 menit tanpa gangguan, dan kemudian istirahat sejenak selama 5 menit. Entah itu mendapatkan camilan atau melihat ke luar jendela – ini memberi waktu bagi otak saya untuk memulihkan diri. Setelah istirahat selesai dan saya kembali bekerja, saya segar kembali, dan fokus saya tampaknya meningkat.

Saat-saat istirahat yang singkat ini mungkin berarti bahwa Anda dapat menjaga fokus mental Anda tetap tajam, dan kinerja Anda tetap tinggi saat Anda benar-benar membutuhkannya.

3. Latihan Fisik

Banyak dari kita mengaitkan manfaat olahraga dengan tubuh fisik kita. Ada banyak penelitian tentang bagaimana olahraga teratur benar-benar dapat meningkatkan kesehatan mental kita secara keseluruhan – yang mencakup fokus dan produktivitas kita.

Setiap kali saya memiliki tugas yang menantang, yang membutuhkan perhatian penuh saya, saya biasanya selalu menjadwalkan tugas saya tepat setelah latihan rutin saya! Cara sederhana ini telah mempercepat produktivitas semua tugas dan tujuan saya.

Nah Sahabat. Ini akan membutuhkan upaya nyata dari Anda, dan Anda mungkin harus membuat beberapa perubahan pada beberapa kebiasaan sehari-hari Anda. Cara sederhana di atas teesebut, dapat membantu Anda mengembangkan fokus dan konsentrasi mental seperti laser.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (213 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.