1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (50 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: May 30, 2022 - 2:00 AM

7 Aturan Uang yang MENJAGA Anda TIDAK BANGKRUT

Tantangan keuangan adalah kejadian yang konsisten dan sesungguhnya agak dapat diprediksi. Pada satu titik, kita semua berjuang untuk memenuhi tagihan kita meskipun memiliki apa yang disebut “pekerjaan bagus”, atau hampir tidak punya cukup uang untuk bertahan hidup. Bahkan selebriti seperti Mike Tyson, yang memperoleh hampir US$300 juta di masa jayanya, kehilangan segalanya karena dia mengabaikan dan tidak menghormati aturan uang.

Anda harus punya pola pikir uang secara lebih baik

Saya dibesarkan untuk berpikir “tidak pernah ada cukup uang.” Selain itu, sebagai orang yang religius, orang tua saya memoralisasikan kemiskinan. Kami “puas dengan apa yang kami miliki,” ini menyiratkan bahwa menginginkan lebih banyak akan berdosa.

Kami di keluarga orang tua saya, diberi pemahaman bahwa “cinta uang adalah akar dari segala kejahatan,” dan “Tuhan pasti menyediakan apa yang kita butuhkan.” Itulah dahulu yang terjadi di lingkungan keluarga orang tua saya. Oleh karena itu, saya bertekad untuk mengganti pola pikir saya tentang uang, guna kesejateraan saya dan keluarga saya beserta seluruh keturunan saya, sampai kapan pun.

Saya beruntung di sepanjang perjalanan saya, bertemu dengan beberapa orang kaya. Saya menyadari sesuatu tentang mereka. Mereka tidak serakah atau jahat. Faktanya, mereka adalah orang paling dermawan yang pernah saya temui. Mereka menghasilkan uang banyak, dengan menjalankan bisnis yang mempekerjakan banyak orang, memberikan makanan untuk banyak keluarga, yang mana itu tidak akan ada jika mereka tidak memulai bisnis mereka.

Orang kaya, pada kenyataannya, secara drastis mengubah pemahaman saya tentang kekayaan. Saya menyadari bahwa kekayaan tidak membuat Anda baik atau buruk. Itu membuat Anda menjadi versi yang lebih besar dari siapa Anda sebenarnya.

Orang kaya yang kita hormati, tampaknya telah menguasai pola pikir aturan uang, karena mereka meluangkan waktu untuk belajar dan mendidik diri mereka sendiri.

Jika Anda ingin menguasai uang Anda secara benar, Anda perlu mempelajari prinsip-prinsip penting di bawah ini dan menerapkannya secara konsisten.

Inilah 7 Aturan Uang yang MENJAGA Anda TIDAK BANGKRUT:

1. Nilai situasi Anda saat ini

Banyak orang berada di bawah ilusi bahwa situasi keuangan mereka dalam kondisi sangat baik. Itu karena mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk menilai situasi mereka saat ini. Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda perlu mengetahui di mana Anda berada, sebelum merencanakan tujuan Anda.

Luangkan waktu untuk menghitung total utang Anda dan nilai tunai semua aset Anda. Jika aset Anda melebihi hutang Anda, Anda berada dalam kondisi yang baik. Namun, jika hutang Anda melebihi aset Anda, itu berarti Anda bangkrut. Anda perlu memikirkan cara untuk melunasi hutang Anda dengan menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan, tambahan, atau menciptakan dan menjual produk.

Ini bukan tugas mudah, tetapi dapat dilakukan setelah Anda memiliki rencana dan bersedia melakukan apa pun untuk menjalankan rencana Anda.

“Langkah pertama menuju perubahan adalah kesadaran. Langkah kedua adalah penerimaan.” – Nathaniel Branden

2. Ukur dan kelola semuanya

Peter Drucker pernah berkata, “Apa yang diukur, akan dapat dikelola.” Memiliki ANGGARAN adalah landasan untuk membangun benteng keuangan. Ada beberapa cara untuk membuat anggaran yang bisa diterapkan. Anda dapat menggunakan alat seperti spreadsheet excel atau perangkat lunak fantastis, yang dapat Anda cari di Play Store, untuk melacak pendapatan dan pengeluaran Anda.

Setelah Anda mengumpulkan beberapa data, periksa pengeluaran Anda secara berkala, untuk memastikan bahwa Anda menangkap biaya penipuan dan atau transaksi tidak sah yang mungkin terlewatkan.

3. Bersikaplah logis saat melakukan pengeluaran

Waktu terburuk untuk berbelanja bahan makanan adalah saat Anda lapar. Itu karena Anda didorong oleh kebutuhan untuk memuaskan selera Anda pada saat itu. Memenuhi kebutuhan emosional Anda saat ini, mengaburkan kemampuan Anda untuk membuat keputusan rasional.

Tidak ada yang mendapatkan uang karena emosi. Emosi adalah penyebab utama pengeluaran. Logika adalah kekuatan pendorong pendapatan. Prinsip universal adalah kita terlibat dalam aktivitas logis yang menciptakan nilai, dan kemudian memperdagangkan nilai yang diciptakan untuk uang.

Sederhananya, dalam hal uang, emosi tidak selalu dapat dipercaya jika Anda mencoba untuk mempertahankan atau meningkatkan kekayaan Anda. Selalu mencari cara untuk menghemat uang, untuk pengeluaran, tetapi berani, teliti dan tegas saat melakukan investasi. Buatlah permainan dan nikmatilah. Ingat, penghasil uang mengandalkan logika, pemboros uang mengandalkan emosi.

4. Diversifikasi sumber penghasilan Anda

Tidak ada milyarder di dunia yang mengandalkan satu sumber pendapatan. Nasihat ini sangat umum di komunitas bisnis dan keuangan, tetapi sering diabaikan. Banyak orang percaya bahwa uang yang mereka hasilkan dari pekerjaan mereka, ditambah kontribusi pensiun mereka, akan cukup untuk menopang mereka selama sisa hidupnya. Sekilas Info! Penghasilan atau rencana pensiun Anda saat ini tidak akan pernah cukup untuk mendukung Anda selama hidup.

Tidak peduli seberapa sibuknya Anda atau seberapa menantangnya itu, Anda harus mulai memikirkan cara untuk mendapatkan beberapa sumber pendapatan alternatif. Anda dapat bekerja lepas dengan keterampilan Anda saat ini secara online, atau dapat juga menjalankan bisnis ekonomi seperti mengemudi untuk taxi online selama waktu senggang Anda, atau pun menyewakan ruang kosong Anda di Airbnb.

Apa pun yang Anda lakukan, tujuannya adalah untuk mulai mendapatkan sesuatu yang ekstra ketika Anda tidak membutuhkannya, karena cepat atau lambat Anda tidak akan punya pilihan. Prinsip ini sangat penting selama periode pergolakan pasar sistemik seperti resesi dan pandemi seperti saat ini.

“Jangan pernah bergantung pada satu penghasilan.” – Warren Buffet

5. Fokus pada masa depan

Mencapai kebebasan finansial membutuhkan disiplin dan tanggung jawab besar dalam mengelola uang tunai. Anda tidak bisa begitu saja mengikuti setiap tips di bursa saham atau membeli setiap program cepat kaya. Sukses meninggalkan petunjuk. Selalu ada jejak bagaimana orang menghasilkan uang.

Untuk setiap bisnis, misalnya Elon Musk yang membuat Paypal, ada beberapa lusin lainnya yang akan membuat Dwolla, Square, atau Stripe, dan lainnya lagi. Untuk menjadi kaya secara mandiri, Anda perlu mempelajari tren jangka panjang, sifat manusia, dan dinamika budaya dan geopolitik. Saya telah menemukan bahwa cara terbaik orang menjadi kaya dan tetap kaya adalah dengan memberikan solusi untuk salah satu dari tujuh kebutuhan dalam Hierarki Maslow.

6. Jadilah antisosial selama beberapa waktu

Menata keuangan Anda, mengharuskan Anda membuat beberapa keputusan sulit yang akan berdampak buruk pada kehidupan sosial Anda. Itu berarti belajar mengatakan “TIDAK” untuk bersosialisasi dengan teman dan kerabat lainnya. Saya tidak mengatakan bahwa teman dan kerabat Anda adalah penyebab dari masalah Anda. Tetapi mereka adalah faktor yang memungkinkan Anda untuk tetap bertahan dalam masalah Anda. Saat menjalankan antisosial itu, saya hanya menyarankan Anda untuk tetap menjaga hubungan erat dan baik sekali dengan orang tua Anda

Gunakan waktu reklamasi Anda tersebut untuk meningkatkan kemampuan Anda dengan mempelajari alat, keterampilan, atau pun bahasa baru. Titik manis untuk kebebasan finansial biasanya berada di persimpangan antara hasrat, keterampilan, dan peluang Anda.

7. Terobsesi untuk mencapai hasil

Begitu Anda mulai bergerak dengan tujuan, Anda harus terobsesi untuk mencapai hasil. Jika sesuatu bekerja untuk Anda, pertahankan. Jika tidak berhasil, hentikan dan coba yang lain. Ini adalah rencana Anda. Anda adalah senjata rahasia. Lakukan apa pun yang perlu Anda lakukan guna membuat rencana itu bekerja untuk Anda. Sebagus apa pun rencana Anda, Anda harus dapat melihat hasil akhirnya.

“Kebanyakan orang gagal dalam hidup bukan karena mereka membidik terlalu tinggi dan meleset, tetapi karena mereka membidik terlalu rendah dan mengenai sasaran.” – Les Brown

Nah Sahabat. Manakah dari aturan tersebut, yang akan Anda fokuskan terlebih dahulu?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (50 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.