1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 12, 2021 - 1:00 AM

10 Tips Menjaga SIKAP POSITIF

“Tidak peduli berapa lama Anda menghabiskan waktu di bumi, berapa banyak uang yang telah Anda kumpulkan atau berapa banyak perhatian yang telah Anda terima. Terpenting adalah jumlah getaran positif yang Anda pancarkan dalam hidup,” – Amit Ray

Menjaga Sikap Positif adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin menjalani kehidupan bahagia dan mencapai tingkat kesuksesan yang Anda inginkan. Ketika Anda memiliki sikap positif, maka mengatasi hambatan pribadi dan profesional, akan jauh lebih mudah, dan Anda akan dapat terus bergerak maju dalam menghadapi kesulitan.

Jika Anda ingin mempertahankan sikap positif sehingga Anda dapat lebih menikmati hidup Anda, ada beberapa strategi yang mungkin ingin Anda terapkan. Artikel ini menawarkan panduan tentang bagaimana memiliki sikap baik, sehingga Anda dapat menemukan lebih banyak kesuksesan dalam karir Anda dan kepuasan dalam kehidupan pribadi Anda.

Sikap adalah Segalanya

Kita hidup dalam budaya yang buta terhadap pengkhianatan, dan tidak toleran terhadap rasa sakit emosional. Di era sekarang, apa pun yang terjadi pada Anda, diasumsikan bahwa Anda telah menciptakan realitas Anda sendiri, tidak peduli seberapa mengerikannya, untuk pertumbuhan pribadi Anda. Anda juga memilih bagaimana Anda menafsirkan apa yang terjadi, dan bagaimana cara Anda merespons hal-hal yang menimpa Anda.

Hasil dari perspektif ini adalah bahwa penderitaan Anda akan hilang, jika saja Anda mengadopsi perspektif positif, yang lebih berkembang dan berhenti merasa sedih. Saya sering diingatkan dengan baik, dan saya sendiri percaya, bahwa “tidak ada korban.” Bagaimana Anda dapst menjadi korban, ketika Anda bertanggung jawab 100% atas keadaan Anda?

Ketika Anda sangat membutuhkan validasi dan dukungan untuk melewati rasa sakit terburuk dalam hidup Anda, ini dapat sangat menurunkan moral, dan dapat mendorong Anda untuk menyendiri demi melindungi kerentanan Anda.

“Jangan pernah meremehkan kekuatan yang Anda miliki untuk membawa hidup Anda ke arah yang baru.” – Germany Kent

Mengapa menjaga sikap positif itu penting?

Sebelum Anda belajar bagaimana menjaga sikap positif, melihat beberapa manfaat positif adalah ide baik. Menjadi positif dapat membantu Anda dalam berbagai cara, baik dalam hubungan pribadi, maupun dalam mengejar kesuksesan profesional.

Manfaat menjaga sikap positif meliputi:

+ Mengidentifikasi dan menangkap peluang, alih-alih membiarkannya berlalu begitu saja. Seseorang dengan sikap negatif akan melihat segala sesuatunya salah, seperti penghasilan yang tidak mengesankan atau beban kerja yang terlalu berat. Di sisi lain, jika Anda memiliki sikap positif, Anda mungkin melihat peluang dalam posisi tersebut. Mungkin pekerjaan itu akan memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan penghasilan atau Anda akan mempelajari keterampilan baru yang dapat membantu mencapai tujuan Anda.

+ Melihat kegagalan sebagai motivasi. Ketika Anda tidak memiliki sikap positif, mudah untuk melihat kegagalan pribadi atau profesional sebagai alasan untuk tidak mencoba lagi di masa depan. Namun, jika Anda memiliki pandangan positif, Anda dapat melihat kegagalan sebagai peluang untuk perbaikan dan menggunakannya sebagai motivasi untuk terus berjuang mencapai tujuan Anda. Mungkin gagal dalam satu hal akan membuka peluang untuk sesuatu yang lebih baik, atau akan mengajari Anda sesuatu yang baru tentang diri Anda.

+ Mengatasi rintangan di jalan Anda. Orang-orang yang menghadapi kesulitan dan memiliki sikap negatif dapat merasa sulit untuk bergerak maju, sehingga dapat menyebabkan mereka kehilangan sesuatu yang hebat di masa depan. Jika Anda memiliki pola pikir positif, akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat jalan melewati rintangan Anda, memberi Anda motivasi untuk terus maju dalam menghadapi kesulitan.

“Hidup Anda jangan didorong oleh ketakutan dalam pikiran Anda. Namun, pimpinlah dengan mimpi-mimpi di hati Anda.” – Roy T. Bennett

Bagaimana menjaga sikap positif?

Sekarang setelah Anda memahami mengapa penting untuk mempertahankan pandangan optimis dalam situasi apa pun, mari kita pertimbangkan bagaimana melakukannya.

Berikut ini 10 Tips Menjaga SIKAP POSITIF:

1. Sadarilah hal-hal baik dalam hidup Anda

2 Dorong diri Anda untuk melakukan lebih banyak setiap hari

3. Deskripsikan diri dan hidup Anda dengan kata-kata positif

4. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif

5. Mulailah melakukan meditasi setiap hari

6. Cobalah untuk tidak mengharapkan hasil

7. Cobalah untuk membuat orang lain merasa bahagia

8. Pahami setiap orang memiliki keterbatasan

9. Fokus pada apa yang sebaiknya Anda lakukan, daripada apa yang harus Anda lakukan

10. Berlatihlah menghadapi penolakan

“Jika Anda tidak dapat mengubah semua orang di sekitar Anda, Anda dapat memilih orang-orang untuk berada di sekitar Anda. Hidup ini terlalu singkat untuk membuang waktu Anda, untuk orang yang tidak menghormati, tidak menghargai, dan tidak memberi nilai-nilai bagi Anda. Habiskan hidup Anda dengan orang-orang yang membuat Anda tersenyum, tertawa, dan merasa dicintai.” – Roy T. Bennett

1. Sadarilah hal-hal baik dalam hidup Anda

Berfokus pada hal negatif dalam hidup Anda, alih-alih hal positif, adalah salah satu hambatan terbesar yang mungkin Anda miliki dalam menjaga sikap positif. Untungnya, Anda dapat dengan mudah mulai mengubah pola pikir Anda dengan menulis jurnal rasa syukur.

Jurnal rasa syukur adalah buku catatan tempat Anda mencatat semua hal baik dalam hidup Anda. Di penghujung hari, tuliskan lima hal yang Anda syukuri hari itu sehingga Anda dapat fokus pada hal baik dalam hidup Anda, bukan pada hal buruk.

Kebanyakan orang memiliki lebih banyak hal untuk disyukuri daripada yang mereka sadari. Misalnya, jika Anda mengalami hari buruk di tempat kerja, Anda dapat bersyukur bahwa Anda bisa pulang dan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Berfokus pada hal-hal yang Anda syukuri, alih-alih hal-hal yang ingin Anda ubah, dapat mempermudah Anda untuk tetap positif, bahkan ketika Anda mengalami hari yang buruk.

2. Dorong diri Anda untuk melakukan lebih banyak setiap hari

Salah satu aspek utama dari sikap positif adalah percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda. Jika Anda ingin mempertahankan sikap positif, Anda harus mencoba menguji batas Anda setiap hari. Lakukan lebih banyak pekerjaan hari ini daripada yang Anda lakukan kemarin, dan lakukan lebih banyak pekerjaan besok daripada yang Anda lakukan hari ini. Jika Anda memaksakan diri melewati batas Anda setiap hari, itu akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang cakap dan terampil, yang akan memudahkan Anda untuk tetap positif. Kemudian ketika Anda dihadapkan dengan tugas besar, pengalaman masa lalu Anda menguji diri sendiri, akan memberi Anda kepercayaan diri bahwa Anda siap menghadapi tantangan.

3. Deskripsikan diri dan hidup Anda dengan kata-kata positif

Mengubah bahasa yang Anda gunakan saat berbicara tentang diri sendiri, adalah salah satu solusi paling sederhana untuk menjaga sikap positif. Bahasa Anda memiliki banyak kekuatan pada pola pikir Anda, dan jika Anda sering menggunakan bahasa negatif, itu dapat menyebabkan Anda memandang hidup Anda secara negatif.

Misalnya, jika Anda sering menggambarkan hidup Anda membosankan, Anda mungkin akan bosan di tempat kerja. Di sisi lain, jika Anda menggambarkan pekerjaan Anda sebagai pekerjaan yang menyenangkan, Anda mungkin akan menemukan diri Anda menantikan untuk mulai bekerja setiap hari, daripada takut meninggalkan rumah Anda.

Gunakan bahasa positif kapan pun Anda bisa. Akhirnya, bahasa yang Anda gunakan akan menjadi bagian dari pola pikir Anda, dan Anda akan merasa lebih mudah untuk tetap positif.

4. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif

Perusahaan atau bisnis yang Anda pertahankan juga memiliki dampak jauh lebih besar pada sikap Anda daripada yang mungkin Anda sadari. Anda cenderung meniru orang yang paling sering menghabiskan waktu bersama Anda, bahkan jika Anda melakukannya secara tidak sadar. Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di sekitar orang-orang dengan sikap negatif, yang mengeluh tentang segala hal, kemungkinan besar Anda akan mulai bertindak dengan cara sama.

Jika Anda ingin mempertahankan sikap positif, baik di tempat kerja maupun di rumah, Anda harus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif. Habiskan waktu sebanyak mungkin dengan rekan kerja, yang senang bekerja dan menghadapi rintangan dengan tenang, dan cobalah mencari teman yang memberi semangat dan jarang mengeluh. Ketika jaringan profesional dan sosial Anda dipenuhi dengan orang-orang yang positif, sikap dan perilaku Anda akan jauh lebih positif daripada negatif.

5. Mulailah melakukan meditasi setiap hari

Ketika segala sesuatunya menjadi sibuk, menjaga sikap positif Anda bisa jadi sulit. Untungnya, Anda dapat belajar bagaimana tetap positif dalam situasi sulit, dengan memasukkan meditasi ke dalam rutinitas harian Anda.

Pernapasan Anda dapat berdampak besar pada emosi Anda. Jika Anda bernapas dengan cepat, itu dapat membuat Anda merasa cemas atau bahkan marah, tergantung pada situasinya. Di sisi lain, ketika napas Anda lambat dan dalam, Anda akan dapat tetap tenang dan fokus pada hal-hal positif, ketika segala sesuatunya tampak buruk.

Meditasi adalah tentang mengendalikan napas Anda, sehingga Anda dapat mengendalikan emosi Anda. Jika Anda bermeditasi setiap hari, pada akhirnya Anda akan dapat menggunakan teknik pernapasan dalam, untuk menjaga diri Anda tetap tenang di situasi stres, sehingga Anda dapat tetap positif. Akhirnya, bernapas dalam-dalam akan menjadi kebiasaan Anda, dan Anda akan menemukan bahwa pandangan Anda lebih positif dari sebelumnya.

6. Cobalah untuk tidak mengharapkan hasil

Harapan yang tidak terpenuhi dapat menjadi alasan besar untuk mulai sikap negatif. Misalnya, bayangkan Anda telah meningkatkan hasil di bisnis atau tempat kerja, dan berharap bahwa peningkatan kinerja Anda akan menghasilkan kenaikan penghasilan. Jika Anda ternyata belum atau tidak mendapatkan kenaikan itu, akan mudah menyerah pada hal-hal negatif, yang akan memengaruhi kinerja Anda.

Jika Anda ingin tetap positif, Anda harus menghindari mengharapkan hasil saat Anda mengambil tindakan. Anda justru harus tetap semangat bekerja menuju pencapaian, tanpa mengharapkan itu akan terjadi.

Menetapkan tujuan dan bertindak ke arah pencapaian itu tanpa mengharapkan hasil, akan membantu Anda untuk tetap positif bahkan jika Anda tidak pernah mencapai tujuan tersebut. Jika Anda sukses mencapai tujuan, rasa pencapaian Anda akan jauh lebih besar.

7. Cobalah untuk membuat orang lain merasa bahagia

Menetapkan tujuan harian dapat menjadi cara baik untuk menemukan kesuksesan dan mengembangkan sikap baik, terutama jika salah satu tujuan Anda adalah membuat orang lain tersenyum bahagia. Sangat mudah untuk melupakan seberapa besar dampak tindakan dan sikap kita terhadap orang lain. Jika tindakan kita negatif, itu akan berdampak negatif pada orang-orang di sekitar kita.

Jika Anda ingin tetap positif, cobalah melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain setiap hari. Tawarkan simpatik Anda kepada teman yang sedang krisis atau hubungi anggota keluarga yang sudah lama tidak Anda ajak bicara. Di bisnis atau tempat kerja, bantulah sebuah proyek tanpa diminta, atau berikan makan siang kejutan untuk rekan kerja Anda. Membuat orang lain tersenyum setiap hari, akan menunjukkan betapa pentingnya sikap dan tindakan Anda bagi orang lain, yang akan mengingatkan Anda untuk tetap positif.

8. Pahami setiap orang memiliki keterbatasan

Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Jika Anda berfokus pada keterbatasan orang, Anda akan sulit untuk tetap positif saat berinteraksi dengan orang lain.

Misalnya, jika Anda bekerja dengan seseorang dalam sebuah proyek dan mereka tidak memenuhi harapan, itu dapat dengan mudah memengaruhi sikap Anda secara negatif. Alih-alih memikirkan kekurangan rekan kerja Anda, cobalah untuk menemukan hal-hal baik yang mereka lakukan dan fokus pada hal itu.

9. Fokus pada apa yang sebaiknya Anda lakukan, daripada apa yang harus Anda lakukan

Merasa berkewajiban dapat memiliki efek yang luar biasa pada sikap pribadi Anda. Jika Anda merasa harus melakukan sesuatu, itu bisa menimbulkan perasaan negatif, karena Anda merasa tidak punya pilihan dalam hal itu. Oleh karena itu, mengubah cara Anda berpikir tentang kewajiban Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memiliki sikap positif.

Alih-alih mengatakan Anda harus memenuhi kewajiban, katakan bahwa Anda sebaiknya melakukannya. Anda sebaiknya pergi bekerja. Anda dapat senang menjalankan tugas Anda. Anda dapat bangun lebih awal dan berolahraga. Dengan berbicara tentang kewajiban Anda sebagai sesuatu yang sebaiknya Anda lakukan, alih-alih sesuatu yang harus Anda lakukan, maka Anda akan dapat mendekati tugas-tugas dengan pola pikir positif.

10. Berlatihlah menghadapi penolakan

Penolakan bisa sangat sulit untuk dihadapi. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak menangani penolakan dengan baik, mungkin Anda menghindari peluang karena takut diberi tahu. Menangani penolakan dengan benar adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan, dan begitu Anda melakukannya, Anda akan lebih mudah untuk tetap bersikap positif, bahkan ketika Anda telah ditolak dalam salah satu tujuan Anda.

Cara terbaik untuk belajar bagaimana menghadapi penolakan adalah dengan mencoba hal-hal, di mana kegagalan lebih mungkin terjadi daripada kesuksesan. Misalnya jika Anda bekerja di perusahaan, coba mntalah promosi yang telah Anda tunggu-tunggu bahkan jika Anda berpikir bos Anda akan menolak, atau mengajukan proposal bisnis impian Anda, meskipun Anda belum memiliki kualifikasi yang tepat.

Setelah Anda menghadapi beberapa penolakan, Anda dapat melihat bahwa itu tidak lebih menakutkan daripada sebelumnya. Oleh sebab itu, ketika Anda ditolak, Anda akan dapat menjaga pola pikir positif dan melihat hal baik dalam situasi yang buruk. Orang-orang yang mampu menghadapi penolakan, akan merasa lebih mudah untuk terus bekerja menuju tujuan mereka, dan tetap positif saat melakukannya.

Jika Anda ingin memiliki kehidupan lebih bahagia dan lebih memuaskan, menjaga sikap positif adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan. Dengan pola pikir positif, menghadapi rintangan yang menghadang kehidupan, akan jauh lebih mudah, dan Anda akan menemukan bahwa hubungan pribadi Anda lebih kuat, dan Anda lebih mampu menemukan kesuksesan dalam kehidupan profesional Anda.

“Ketika Anda gembira, ketika Anda mengatakan YA untuk hidup dan bersenang-senang, dan memproyeksikan kepositifan di sekitar Anda, Anda menjadi matahari di tengah setiap konstelasi, dan orang-orang ingin berada di dekat Anda.” – Shannon L. Alder

Nah Sahabat. Anda dapat menerapkan kiat-kiat di atas tersebut, dan Anda akan dapat mengubah pola pikir Anda menjadi lebih baik, tetap semangat dan positif.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

1 thought on “10 Tips Menjaga SIKAP POSITIF”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *