1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (95 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 15, 2021 - 1:00 AM

Self-Talk POSITIF adalah Hal Baik

“Self-Talk itu mencerminkan perasaan terdalam Anda. Ingatlah bahwa self-talk yang positif adalah bagian intrinsik dari pikiran yang sehat.” – Dr Asa Don Brown

Cara kita berbicara kepada diri kita sendiri, memainkan peran besar dalam cara kita merasa dan berpikir. Itu sering menentukan pilihan yang kita buat, baik membantu kita melawan ketakutan kita dan meraih bintang, atau justru menahan kita, berpikir lebih baik tidak mencoba.

Yang benar adalah, kita semua terkadang jatuh. Yang penting adalah bangkit kembali, dan coba lagi. Jika self-talk kita tidak positif, sering kali mengatakan bahwa kita tidak cukup, tidak layak, tidak cukup pintar, tidak cukup —, jadi tidak ada gunanya mencoba. Pernyataan tersebut itu tidak sehat dan tidak membantu.

Setiap orang memiliki suara hati, yang mendorong atau mengkritik kita. Biasanya itu adalah suara pengasuh utama kita di keluarga asal kita. Depresi dan masalah lain, bagaimana pun, dapat mengubah suara itu menjadi negatif dan juga tidak membantu. Terlepas dari mana self-talk negatif berasal, penting untuk menantangnya, dan menggantinya dengan pemikiran yang lebih bermanfaat.

Ketika Anda mendapati diri Anda terlibat dalam self-talk negatif, hentikan diri Anda, dan mundur selangkah. Periksa pernyataan yang Anda buat, dan bukti apa yang ada untuk itu. Apakah itu membantu pertumbuhan, penyembuhan, dan kesehatan Anda? Jika jawabannya TIDAK, coba renungkan dengan cara baru dalam melihat situasi. Pilih atau buat afirmasi positif Anda sendiri, dan coba ulangi untuk diri sendiri, perlahan dan dengan pikiran positif, beberapa kali sehari atau lebih.

Apa itu Self-Talk Positif?

Self-Talk adalah dialog internal Anda. Ini dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar Anda, dan itu mengungkapkan pikiran, keyakinan, pertanyaan, dan ide Anda.

Pembicaraan diri sendiri dapat bersifat negatif dan positif. Itu bisa membesarkan hati, dan bisa juga menyusahkan. Banyak dari self-talk Anda tergantung pada kepribadian Anda. Jika Anda seorang optimis, self-talk Anda mungkin lebih penuh harapan dan positif. Hal sebaliknya, jika Anda cenderung pesimis.

Berpikir positif dan optimisme dapat menjadi alat manajemen stres yang efektif. Dan, memiliki pandangan hidup lebih positif, dapat memberi Anda beberapa manfaat kesehatan. Satu studi pada 2010 menunjukkan bahwa orang optimis memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Pikiran Anda adalah hal yang kuat. Ketika Anda mengisinya dengan pikiran positif, hidup Anda akan mulai berubah lebih baik.

“Untuk melakukan tindakan positif, kita harus mengembangkan visi positif di sini.” – Dalai Lama

Jika Anda yakin self-talk Anda terlalu negatif, atau jika Anda ingin menekankan self-talk yang positif, Anda dapat belajar mengubah dialog batin itu. Ini dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih positif, dan dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Mengapa Self-Talk itu baik untuk Anda?

Self-Talk dapat meningkatkan kinerja dan kesejahteraan Anda secara umum. Penelitian menunjukkan self-talk dapat membantu kinerja atlet. Ini dapat membantu mereka dengan daya tahan atau kekuatan dalam melewati serangkaian beban berat.

Orang sakit dalam pikiran, dan dalam tubuh, menjadi lebih gelap dan putus asa oleh berbagai refleksi penyakit mereka, dicerminkan kembali dari segala penjuru dalam perilaku orang-orang di sekitar mereka. Ibaratnya, mereka ini dipaksa untuk menghirup racun dari napas mereka sendiri, dalam pengulangan yang tak terbatas.

Dan, self-talk positif serta pandangan lebih optimis, dapat memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk:

+ vitalitas meningkat

+ kepuasan hidup yang lebih besar

+ meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

+ nyeri berkurang

+ kesehatan kardiovaskular yang lebih baik

+ kesehatan fisik yang lebih baik

+ pengurangan risiko kematian

+ lebih sedikit stres dan kesusahan

Mengapa orang optimis dan individu dengan self-talk positif, mengalami manfaat baik? Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan self-talk positif memiliki keterampilan mental, yang memungkinkan mereka untuk memecahkan masalah, berpikir secara berbeda, dan lebih efisien dalam mengatasi kesulitan atau tantangan. Hal ini dapat mengurangi efek berbahaya dari stres dan kecemasan.

Bagaimana cara kerjanya?

Sebelum Anda dapat belajar untuk lebih banyak berbicara dengan diri sendiri, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi pemikiran negatif. Jenis pemikiran dan self-talk ini umumnya jatuh ke dalam empat kategori:

1. Personalisasi. Anda menyalahkan diri sendiri untuk semuanya.

2. Pembesar. Anda fokus pada aspek negatif dari suatu situasi, mengabaikan setiap dan semua hal positif.

3. Bencana. Anda mengharapkan yang terburuk, dan Anda jarang membiarkan logika atau alasan membujuk Anda sebaliknya.

4. Polarisasi. Anda melihat dunia dalam hitam dan putih, atau baik dan buruk. Tidak ada di antara dan tidak ada jalan tengah untuk memproses dan mengkategorikan peristiwa kehidupan.

Ketika Anda mulai mengenali jenis pemikiran negatif Anda, Anda dapat bekerja untuk mengubahnya menjadi pemikiran positif. Tugas ini membutuhkan latihan dan waktu. Kabar baiknya adalah hal itu bisa dilakukan. Sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahkan anak-anak kecil dapat belajar untuk mengoreksi self-talk negatif.

Kapan dan bagaimana Anda dapat mengubah self-talk negatif menjadi self-talk positif?

Sekali lagi, itu membutuhkan latihan. Mengenali beberapa pembicaraan negatif Anda sendiri, dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan untuk membalikkan pikiran ketika itu terjadi.

Berikut ini contohnya:

– Negatif: Saya akan mengecewakan semua orang jika saya berubah pikiran.

– Positif: Saya memiliki kekuatan untuk berubah pikiran. Orang lain akan mengerti.

– Negatif: Saya gagal dan mempermalukan diri sendiri.

– Positif: Saya bangga pada diri sendiri karena telah mencoba. Itu butuh keberanian.

– Negatif: Saya kelebihan berat badan dan tidak bugar. Saya mungkin juga tidak repot.

– Positif: Saya mampu dan kuat, dan saya ingin menjadi lebih sehat untuk saya.

– Negatif: Saya mengecewakan semua orang di tim saya, saat saya tidak mencetak gol.

– Positif: Olahraga adalah acara tim. Kita menang dan kalah bersama.

– Negatif: Saya belum pernah melakukan ini sebelumnya dan saya akan menjadi buruk dalam hal itu.

– Positif: Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk belajar dari orang lain dan berkembang.

– Negatif: Tidak mungkin ini berhasil.

– Positif: Saya dapat dan akan memberikan segalanya untuk membuatnya berhasil.

Bagaimana cara menggunakan self-talk ini setiap hari?

Pembicaraan diri yang positif membutuhkan latihan, jika itu bukan naluri alami Anda. Jika Anda umumnya lebih pesimis, Anda dapat belajar mengubah dialog batin Anda menjadi lebih mendorong dan membangkitkan semangat.

Namun, membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu dan usaha. Seiring waktu, pikiran Anda bisa berubah. Pembicaraan diri yang positif dapat menjadi norma Anda.

Kiat-kiat berikut ini dapat membantu:

– Identifikasi perangkap self-talk negatif. Hal tertentu dapat meningkatkan keraguan diri Anda dan menyebabkan lebih banyak self-talk negatif. Menentukan kapan Anda mengalami self-talk paling negatif, dapat membantu Anda mengantisipasi dan mempersiapkan diri.

– Periksa dengan perasaan Anda. Berhentilah selama acara atau hari-hari buruk, dan evaluasi self-talk Anda. Apakah menjadi negatif? Bagaimana Anda bisa membalikkannya?

– Temukan humornya. Tertawa dapat membantu meredakan stres dan ketegangan. Saat Anda membutuhkan dorongan untuk self-talk yang positif, temukan cara untuk tertawa, seperti menonton video binatang lucu atau komedian.

– Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif. Disadari atau tidak, Anda dapat menyerap pandangan dan emosi orang-orang di sekitar Anda. Ini termasuk negatif dan positif, jadi pilihlah orang-orang yang positif.

– Beri diri Anda afirmasi positif. Terkadang, melihat kata-kata positif atau gambar yang menginspirasi, bisa cukup untuk mengalihkan pikiran Anda. Posting pengingat kecil di kantor Anda, di rumah Anda, dan di mana pun Anda menghabiskan banyak waktu. Anda dapat membingkai ulang self-talk negatif Anda, menjadi self-talk positif dengan menggunakan afirmasi.

Pembicaraan diri yang positif dapat membantu Anda meningkatkan pandangan hidup Anda. Ini juga dapat memiliki manfaat kesehatan positif yang bertahan lama, termasuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik. Namun, self-talk adalah kebiasaan yang dilakukan seumur hidup.

Nah Sahabat. Jika Anda cenderung memiliki self-talk negatif dan keliru di sisi pesimisme, Anda dapat belajar untuk mengubahnya. Dibutuhkan waktu dan latihan, tetapi Anda dapat mengembangkan self-talk positif yang membangkitkan semangat. Carilah sesuatu yang positif di setiap hari, bahkan jika beberapa hari Anda harus terlihat sedikit lebih keras.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (95 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *