1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (69 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: December 17, 2022 - 5:00 AM

4 Sumber ENERGI UTAMA Menjadi Faktor Penentu KESUKSESAN

Sudah menjadi kepercayaan umum saat ini, bahwa jika seseorang bekerja lebih lama, mereka akan menjadi lebih produktif dan memberikan hasil yang lebih baik.

Banyak pengusaha sukses mendukung argumen ini, dengan bekerja sebanyak 16 jam per hari. Membaca posting ini akan membantu Anda menyadari bahwa BEKERJA LEBIH LAMA BELUM TENTU BERARTI KESUKSESAN, dan sebenarnya itu mungkin menghalanginya.

Alasan utama ini adalah bahwa bekerja lebih lama dapat meningkatkan tingkat stres Anda dan merusak kesehatan mental dan fisik. Bahkan dapat menyebabkan tingkat konsentrasi yang buruk, dan kualitas kerja yang buruk. Pada dasarnya, ini bukan tentang jumlah waktu yang Anda habiskan untuk tugas yang berbeda, tetapi tentang kualitas.

Untuk mengelola energi mental dan fisik Anda dengan lebih baik yang akan menghasilkan produktivitas yang lebih baik, mari kita lihat 4 Sumber ENERGI UTAMA Menjadi Faktor Penentu KESUKSESAN:

1. Tubuh Anda Menyimpan dan Menghasilkan Energi Fisik

Tubuh kita adalah sumber utama untuk menyimpan dan memproduksi energi secara konstan. Tiga cara utama kita dapat meningkatkan energi fisik dalam tubuh kita antara lain: Nutrisi Sehat, Olahraga dan Tidur. Jika Anda tidak memusatkan perhatian pada tiga area utama ini, Anda akan mudah lelah, kesulitan mengelola emosi dan tingkat konsentrasi, serta menjadi tidak produktif.

Jadi, ambil langkah pertama dengan tidak pernah melewatkan sarapan, yang dianggap ahli gizi kesehatan sebagai makanan terpenting hari ini. Pastikan untuk tidur nyenyak dengan mematikan ponsel setidaknya dua jam sebelum waktu tidur. Dan, sertakan olahraga teratur ke dalam rutinitas mingguan Anda untuk mempertahankan tingkat energi yang tinggi.

2. Kenali Kualitas Emosi Anda

Jika Anda ingin menghasilkan keluaran berkualitas dalam apa pun yang Anda lakukan, Anda harus merasa baik. Jika Anda diliputi perasaan negatif atau bahkan sedih, kemungkinan besar Anda tidak akan efektif. Ini cukup menantang karena kita sering dihadapkan pada jam kerja yang panjang dan kebutuhan untuk menyelesaikan banyak tuntutan pekerjaan tepat waktu. Akibatnya, kita terkadang cenderung tenggelam dalam emosi negatif berkali-kali dalam sehari, terutama saat menghadapi stres dan kecemasan.

Ketegangan mental terus-menerus yang secara tidak sengaja kita pikirkan dapat menguras energi kita, memengaruhi kemajuan kita, dan bahkan memengaruhi hubungan pribadi kita. Tiga tindakan yang dapat Anda praktikkan untuk melawan emosi negatif meliputi: Bernapas dalam-dalam, Menghargai, dan Keluar dari lingkaran mental negatif. Mari kita cepat melihatnya satu per satu.

Bernapas dalam-dalam, akan membantu Anda rileks dan tenang selama situasi stres. Cukup tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Pernapasan yang penuh perhatian dapat langsung mengurangi tingkat stres dan ‘on-edge’ Anda.

Mengungkapkan penghargaan untuk hal-hal dan orang-orang yang kita miliki dalam hidup kita, dapat membantu kita membangun energi positif. Cobalah dan hindari terlibat dalam gosip atau mengkritik orang lain, karena hal itu dapat meningkatkan ketegangan atau bahkan kecemasan.

Keluar dari lingkaran mental negatif, yang mungkin disebabkan oleh peristiwa atau situasi sehari-hari. Suatu situasi hanya negatif jika kita menganggapnya demikian. Jika sesuatu yang buruk terjadi, kita cenderung menganggap diri sebagai korban dengan memutar cerita dalam pikiran kita berulang kali. Ketika peristiwa seperti itu terjadi, cobalah untuk menemukan sesuatu yang positif tentangnya.

“Anda terus mendorong. Anda terus mendorong. Saya membuat setiap kesalahan yang bisa dibuat. Tapi saya terus mendorong.” – Rene Descartes

3. Fokuskan Energi Pikiran Anda Pada Berpikir Positif

Pikiran kita adalah alasan di balik kekuatan mental, yang kita butuhkan untuk melakukan dan menikmati tugas. Berpikir dengan cara positif, dapat menghasilkan hasil positif, seperti hubungan yang sehat, kemajuan karir yang sukses, dan bahkan kesehatan fisik yang baik. Demikian pula pemikiran negatif, dapat menghasilkan hasil negatif dan perilaku ‘sedih’. Agar lebih produktif, penting bagi Anda untuk menggunakan kekuatan pikiran Anda dengan mengatakan TIDAK pada gangguan, dan melakukan aktivitas yang memiliki manfaat jangka panjang.

Menghilangkan semua gangguan saat Anda bekerja adalah langkah pertama untuk masuk ke ‘zona’. Cukup fokus pada satu hal pada satu waktu, dan sebaiknya, mulailah dengan hal yang paling penting. Multitasking akan mengganggu aliran pekerjaan berkualitas. Jadi, cobalah menghindari gangguan dari orang atau media lain, dan beralih dari satu tugas ke tugas lainnya saat bekerja.

Fokus pada tugas dan aktivitas, yang akan memiliki manfaat jangka panjang. Ini dapat mencakup mempelajari keterampilan teknis atau perangkat lunak baru, atau bahkan membangun jaringan profesional Anda. Membangun kemampuan berpikir jangka panjang, akan menjadi sesuatu yang luar biasa prima pada diri Anda di masa depan.

4. Dengarkan Hati Anda Dan Ikuti Tujuan

Sangat penting bagi Anda untuk mengerjakan sesuatu yang Anda sukai. Hindari terjebak dalam jalur karier yang tidak melengkapi Anda. Namun perlu dicatat bahwa pekerjaan Anda mungkin tidak selalu semenarik yang Anda harapkan, dan itu normal. Tetapi idealnya, sebagian besar harus memuaskan dan memberi Anda kebahagiaan dan motivasi yang Anda butuhkan untuk menjadi lebih produktif.

Untuk mengikuti hasrat kita dengan cara yang terarah, kita harus selalu memikirkan Tiga Faktor Penentu. Pertama, kita harus melakukan pekerjaan yang kita sukai dan yang terbaik; Ke dua, mengalokasikan waktu untuk aspek-aspek penting dalam hidup kita, dan Ke tiga, mempraktikkan nilai-nilai kita setiap hari.

“Jika Anda melakukan apa yang Anda sukai, Anda tidak akan pernah bekerja sehari pun dalam hidup Anda.” – Mar Anthony

Pikirkan pengalaman profesional masa lalu, dan temukan saat-saat Anda merasa paling bahagia bersama dengan yang paling terinspirasi, dan secara alami terlibat dengan apa yang Anda kerjakan.

Untuk contoh pengalaman tersebut, identifikasi bakat apa yang menonjol dan membantu Anda berkembang. Jika perencanaan adalah atribut yang menentukan, terapkan ‘ritual’ pribadi sehari-hari yang akan membantu Anda merencanakan lebih banyak lagi saat bekerja.

Menghabiskan waktu untuk perkembangan karir Anda memang penting, tetapi cobalah untuk tidak pernah lupa bahwa sama pentingnya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, berolahraga, dan memberi kembali kepada orang lain.

Akhirnya, lebih dekat dengan tujuan hidup Anda dengan menyelaraskan pekerjaan sehari-hari dengan apa yang paling Anda hargai. Jika pekerjaan benar-benar penting bagi seseorang, kemungkinan besar dia akan merasakan energi positif dan fokus lebih baik saat bertahan melalui masa-masa sulit.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda mengatur energi Anda sepanjang hari?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (69 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.