1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (85 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: January 28, 2021 - 4:30 AM

7 Cara Tingkatkan SIKAP dan Ungguli IQ

Banyak yang percaya bahwa orang pintar ditakdirkan untuk sukses. Mereka percaya bahwa untuk ‘berhasil’ dalam hidup, Anda harus diberkati dengan IQ tinggi.

IQ tinggi memang membantu banyak hal, tetapi itu bukan ukuran kemampuan untuk sukses dalam hidup. Faktanya, buku karya psikolog terkenal Universitas Stanford, Carol Dweck“Mindset: How You Can Fulfill Your Potential” – mengungkapkan hal sebaliknya. Dalam hal kinerja, SIKAP lebih berpengaruh daripada IQ.

Penelitiannya menemukan bahwa sikap orang pada umumnya, termasuk dalam salah satu dari dua kategori: Mindset Tetap atau Mindset Berkembang.

Seseorang dengan Mindset Tetap, percaya bahwa mereka tidak dapat mengubah siapa mereka. Dan, orang dengan Mindset Berkembang, percaya bahwa mereka dapat meningkatkan dirinya, dengan usaha. Pada akhirnya, yang terakhir itulah memungkinkan seseorang untuk membuat kesalahan, belajar dan bertumbuh – mengungguli IQ mereka, dan menjalani hidup yang lebih sukses.

Jadi, bagaimana tepatnya Anda meningkatkan sikap Anda, mengembangkan Mindset Berkembang, dan mengungguli IQ Anda?

Di bawah ini saya telah menyediakan 7 Cara untuk melakukannya:

1. Belajar Menerima Kemunduran

Alangkah baiknya jika hidup selalu berjalan sesuai rencana, tetapi itu sering tidak terpenuhi. Belajar untuk tidak hanya mengatasi kemunduran, tetapi benar-benar merangkulnya. Merangkul kemunduran, memungkinkan Anda untuk bangkit kembali, belajar dari kesalahan, dan menemukan cara untuk mencapai kesuksesan.

“Dengan kata lain, jangan berharap untuk selalu menjadi hebat. Kekecewaan, kegagalan, dan kemunduran adalah bagian normal dari siklus hidup atau perusahaan. Dan apa yang harus dilakukan oleh pemimpin adalah terus menerus bangkit dan berkata, Kita punya masalah, ayo kita pergi dan dapatkan itu!” – Colin Powell

2. Bersemangatlah dengan yang Anda Lakukan

Tokoh bisnis Amerika, Warren Buffett – yang dianggap sebagai investor paling sukses di dunia, sering berkata bahwa Kunci Sukses adalah menemukan Hasrat Anda. Menjadi bersemangat tentang apa yang Anda lakukan sangat penting untuk kesuksesan Anda; jika Anda diberdayakan dan mengejar hasrat Anda tanpa henti, Anda dapat bersaing dengan mereka yang mungkin secara alami lebih berbakat.

3. Atasi Rasa Takut dan Lakukan Tindakan

Cara terbaik untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan adalah dengan mengambil tindakan. Mereka dengan Mindset Berkembang, tidak secara inheren lebih berani dari yang lain. Mereka hanya memahami gagasan ini dan telah belajar mengatasi emosi takut ini. Ubah ketakutan Anda akan kegagalan menjadi energi yang terfokus positif, dan lakukan sekarang, karena tidak ada momen yang tepat.

4. Berikan Segalanya

Sebuah penelitian di sekolah, menemukan bahwa siswa yang memikul beban kerja tinggi, bekerja lebih baik ketika mereka percaya bahwa kekuatan kemauan itu tidak terbatas. Menariknya, ketika siswa yang percaya pada kemauan tidak terbatas menjadi subjek dengan tekanan yang lebih besar selama studi mereka, kinerja mereka justru meningkat lebih jauh.

Intinya di sini adalah mendorong diri Anda untuk bekerja ekstra, bahkan saat Anda mengalami hari yang buruk. Selalu ada ruang untuk perbaikan; mereka yang memiliki Mindset Berkembang memahami bahwa tidak ada batasan untuk apa yang dapat Anda lakukan. Akan selalu ada dataran tinggi; Anda hanya perlu belajar melewatinya.

5. Jangan Biarkan Kegagalan Merusak Harapan

Orang sukses mengharapkan hasil. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana atau benar-benar terjadi kegagalan, jangan biarkan hal itu merusak harapan Anda. Saat Anda tidak lagi mengharapkan hasil adalah saat Anda menyerah untuk mencapai tujuan Anda. Ketika Anda mengharapkan hasil, Anda akan tetap termotivasi dan terus melangkah menuju kesuksesan.

6. Menjadi Fleksibel

Fast Company, salah satu merek media bisnis progresif terkemuka di dunia, pernah menerbitkan artikel yang dimulai dengan kalimat “Orang yang sangat sukses adalah orang yang paling gagal”.

Seperti kita semua tahu, kegagalan tidak bisa dihindari. Orang dengan Mindset Tetap, memandang kegagalan sebagai penghalang jalan, dan itu menghentikan mereka untuk belajar dan maju. Mereka yang memiliki Mindset Berkembang hanya memandang kegagalan sebagai kurva pembelajaran, dan melanjutkan menuju hasil yang mereka harapkan, hingga pada akhirnya menemukan kesuksesan. Bersikaplah fleksibel, dan terus maju dan naik!

7. Jangan Mengeluh

Mungkin ada beberapa momen dalam hidup yang membutuhkan ekspresi ketidaksenangan, seperti ketika teman serumah atau pasangan Anda tidak mau membantu mencuci piring dan gelas. Namun, jika itu menyangkut karier Anda, tidak ada ruang untuk mengeluh.

Mengeluh adalah gejala dari Mindset Tetap. Jadi, cobalah selalu mencari kesempatan belajar dalam setiap ketidaknyamanan, untuk menerima situasi daripada mengeluh tentangnya. Anda tidak pernah tahu, kapan kesempatan emas akan muncul dengan sendirinya!

“Masa depan, menghargai mereka yang terus maju. Saya tidak punya waktu untuk mengasihani diri sendiri. Saya tidak punya waktu untuk mengeluh. Saya akan terus maju.” – Barack Obama

Pelajari bagaimana mengubah Sikap Anda dan mengembangkan Mindset Berkembang; jauh lebih penting untuk kesuksesan hidup, daripada hanya memiliki IQ tinggi.

Pahamilah bahwa Sikap itu dapat diubah. Siapa pun dapat menyesuaikan cara berpikir mereka, jika mereka siap untuk bekerja keras dan menerima perubahan.

Nah Sahabat. Bagaimana tepatnya Anda meningkatkan sikap Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (85 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *