1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (65 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 31, 2021 - 2:00 AM

Resep Mengubah IMPIAN Jadi KENYATAAN

Bisakah Anda mengubah hidup Anda dalam sekejap? Anda menonton film inspirasional, membaca buku pengembangan diri terbaik, menemukan kutipan inspiratif yang sangat menyentuh Anda.

Bisakah momen-momen ini mengarah pada perubahan yang langgeng? Semuanya itu mengarah pada inspirasi dan motivasi yang kuat. Namun, ledakan inspirasi itu cepat berlalu dan momen itu berlalu begitu saja.

Banyak orang merencanakan masa depan mereka sesuai dengan impian mereka, dan secara mengejutkan tingkat keberhasilan mereka relatif lebih tinggi daripada yang lain dalam mencapai impian mereka. Karena bagi mereka, hidup sepenuhnya tergantung pada keberhasilan impian mereka. Orang harus mendapatkan inspirasi dari impiannya, dan tetap fokus pada jalan untuk mencapainya.

Percaya Pada Impian

Impian adalah cara luar biasa untuk berimajinasi. Memang benar secara ilmiah bahwa orang biasanya punya impian tentang hal-hal yang ingin mereka lakukan di masa depan mereka. Mereka punya impian tentang apa yang ingin mereka capai di masa depan. Impian memberikan keberanian kepada individu untuk mengejar keinginannya atau tujuannya. Impian memberi kekuatan untuk mengubahnya menjadi kenyataan.

Untuk mencapai impian Anda, Anda harus percaya padanya, bahkan jika tidak ada orang lain yang melakukannya. Anda akan menemukan bahwa selalu ada orang yang akan memberi tahu Anda, bahwa impian Anda “terlalu besar”, “lebih buruk”, atau “tidak mungkin”. Semua pemikir, penemu, dan pemimpin terhebat menghadapi itu, tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali. Namun, mereka tidak membiarkan para kritikus itu menghentikan mereka untuk percaya pada impian mereka.

Jadi Anda punya impian besar apa, punya tujuan besar apa? Nah, inilah saatnya untuk menerapkannya. Impian besar bisa sangat menginspirasi, tetapi sampai Anda mengambil tindakan, impian itu tidak lebih dari sekadar impian kosong belaka.

“Impian tidak akan berhasil kecuali Anda mengambil tindakan. Cara paling pasti untuk mewujudkan impian Anda adalah dengan menjalaninya.”Roy T. Bennett

Anda membayangkan melepaskan cara lama Anda dan menuju ke kesuksesan baru saat Anda merasakan inspirasi. Anda melihat diri terbaik Anda muncul. Namun, gravitasi dari keyakinan, pola pikir, dan kebiasaan lama, yang Anda bangun selama bertahun-tahun dapst menarik Anda kembali ke kondisi dasar Anda. Menurut studi University of Scranton, diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychology, hanya 8% dari Resolusi Tahun Baru yang berhasil. Anda tidak perlu studi penelitian untuk sampai pada kesimpulan itu.

Anda telah mengalaminya dengan resolusi Anda sendiri untuk membuat perubahan drastis. Anda menyadarinya ketika resolusi teman Anda untuk berolahraga setiap hari, hanya berlangsung selama 2 minggu. Perubahan yang bertahan lama, tidak terjadi hanya dalam semalam, meskipun telah mendapatkan motivasi. Ada cara untuk mengatasi kemunduran yang menyebabkan kebanyakan orang berhenti.

Motivasi Internal

Meskipun motivasi tidak bertahan lama, Anda dapat berkomitmen untuk mengubah hidup Anda dalam sekejap. Anda harus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda muak dengan cara lama Anda; saatnya untuk mengambil tindakan. Jika Anda merangkul momen dan berkomitmen untuk berubah, percikan dari keputusan itu menghasilkan perubahan yang langgeng.

Anda dapat menggunakan momen ini untuk membangun momentum dan berkomitmen pada tindakan yang konsisten dan penuh tekad sampai Anda tiba di tujuan impian Anda. Gunakan bahan bakar dari motivasi untuk mendorong Anda mengembangkan sistem yang memfasilitasi pekerjaan sehari-hari, yang mengarah ke tujuan Anda.

Anda dapat mengendarai gelombang inspirasi dengan menciptakan kebiasaan, rencana, dan sistem yang diperlukan untuk sukses. Saat motivasi Anda menurun, muncul kritik batin Anda, dan memulai aliran pemikiran yang membatasi. Suara hati Anda mengatakan Anda tidak cukup baik. Rencana Anda tidak akan pernah berhasil. Akibatnya Anda harus menyerah pada impian Anda.

Selain kritik batin yang semakin keras, Anda juga membuat kesalahan, tersandung, dan gagal karena Anda sedang mempelajari keterampilan atau proses baru. Anda tidak tahu langkah selanjutnya yang harus diambil untuk mengatasi kemunduran terbaru. Ini sepertinya waktu ideal untuk memasukkan kembali mimpi itu ke dalam kotak dan Anda berhenti. Itulah yang dilakukan kebanyakan orang. Akhirnya mereka beralih ke jalan aman yang mereka kenal saat keadaan menjadi sulit. Jalan yang diambil orang kebanyakan.

“Jika kita menghabiskan cukup waktu untuk menjalankan impian, maka impian itu pada akhirnya bisa menjadi kenyataan.” – Fennel Hudson

Peta Jalan dan Kemenangan Kecil

Peta jalan memandu Anda melewati penghalang jalan menuju impian Anda. Peta jalan memecah tujuan yang lebih besar menjadi tujuan yang lebih kecil. Mencapai tujuan kecil setiap minggu, memberikan kemenangan kecil yang menciptakan momentum menuju tujuan yang lebih besar.

Dalam The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business, Charles Duhigg menulis bahwa “Kemenangan kecil mendorong perubahan transformatif dengan memanfaatkan keuntungan kecil ke dalam pola yang meyakinkan orang bahwa pencapaian yang lebih besar dapat dicapai.” Memecah tujuan menjadi bagian-bagian kecil memungkinkan Anda untuk fokus pada langkah berikutnya, daripada terbebani oleh beban besar dan berat saat melangkah ke depan.

Anda mengendalikan peta jalan. Anda dapat mengurutkan tujuan kecil Anda, sehingga setiap tantangan memiliki tingkat kesulitan yang sesuai. Ibarat Anda memainkan video game, level 1 itu mudah. Ini membangun kepercayaan diri dan keterampilan yang akan dibutuhkan di tingkat yang lebih sulit. Anda tidak memulai permainan video game di level 10. Jika Anda melakukannya, Anda akan sering kalah di menit pertama dan membiat Anda mematikan permainan. Mulai tujuan Anda di level 1 untuk mengumpulkan kemenangan kecil, yang akan memicu motivasi Anda untuk mencapai kemenangan besar.

“Setiap hari Anda membuat pilihan untuk mengejar impian Anda atau menunda impian Anda.” – Germany Kent

Berkomitmen Untuk Impian

Impian dan ide Anda adalah proyek pribadi Anda. Anda perlu berkomitmen untuk mewujudkannya. Mulailah dengan langkah kecil. Anda tidak perlu terburu-buru untuk membuat lompatan besar! Cobalah untuk memasukkan beberapa waktu ke dalam jadwal Anda setiap hari, untuk mewujudkan impian Anda. Ini mungkin tidak tampak banyak, tetapi itu akan membuat Anda lebih dekat untuk mencapai impian Anda.

Sulit untuk mengubah rutinitas dan perilaku. Mencoba melakukan terlalu banyak di awal adalah cara tercepat untuk menyerah. Menjadi terlalu ambisius di awal proses, sering mengakibatkan kegagalan yang mengarah pada perasaan tidak mampu. Perasaan ini mendorong Anda untuk menyimpulkan bahwa Anda tidak cukup baik untuk mencapai tujuan. Anda menuju ke arah yang berbeda menuju tujuan baru, yang dapat mengakibatkan stres.

Mengulangi proses ini berulang kali dalam hidup Anda, menciptakan keyakinan yang membatasi dan hambatan besar untuk mengambil tindakan. Mengapa menetapkan tujuan baru, jika Anda hanya akan gagal setelah beberapa minggu? Ketika Anda berkomitmen pada suatu tujuan, kegagalan dalam perjalanan berubah menjadi peluang untuk belajar dan berkembang. Alih-alih berhenti, Anda bertanya apa yang bisa saya pelajari dari kegagalan ini? Apa yang akan saya lakukan secara berbeda di lain kali?

Berkomitmen untuk impian Anda, terlepas dari jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapainya atau hambatan yang muncul di sepanjang jalan. Jika tingkat komitmen Anda rendah, Anda akan didorong oleh keadaan tidak menguntungkan, hingga Anda menyerah. Di sisi lain, jika Anda HARUS mewujudkan impian Anda, Anda akan menemukan jalan untuk melewati rintangan.

“Setiap kesulitan, setiap kegagalan, setiap sakit hati membawa benih manfaat yang sama atau lebih besar.” – Napoleon Hill

Kebiasaan Untuk Sukses

Setelah Anda menentukan tindakan, blokir waktu tertentu di kalender Anda untuk melakukan pekerjaan itu. Ini ideal untuk blok waktu yang sama setiap minggu. Bekerja pada tujuan pada waktu yang sama setiap hari, itu membantu Anda bertahan dengan kebiasaan untuk jangka panjang. Pertimbangkan untuk mengerjakan tujuan yang mengubah hidup pada pagi hari. Dengan Kemauan Kuat, Anda akan menemukan kembali kekuatan terbesar Anda.

Anda memiliki tangki penuh tekad di pagi hari, karena dunia belum bergerak ke tingkat tinggi, Anda belum sibuk dengan email, panggilan telepon, dan pesan yang meminta perhatian Anda. Membuat rencana yang dapat dimenangkan dan menyisihkan waktu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, akan membuka jalan menuju kesuksesan.

Untuk memperkuat rencana tujuan Anda, bangunlah pemantauan mingguan untuk menilai kemajuan Anda dan mengidentifikasi titik kesulitan terbesar Anda. Dari sana, Anda dapat membuat penyesuaian secara strategis untuk minggu depan.

Jika Anda meleset dari sasaran minimum minggu ini, Anda dapat mengulangi tindakan untuk minggu berikutnya. Atau sekiranya Anda melihat bahwa sasaran minimum Anda di minggu ini masih terasa berat, Anda dapat menguranginya untuk minggu berikutnya.

Menambahkan AKUNTABILITAS, memberikan lapisan perlindungan lain pada rencana tujuan Anda. Meminta seorang teman atau partner bisnis Anda untuk menghubungi Anda seminggu sekali, akan memberikan lebih banyak motivasi untuk menindaklanjuti langkah-langkah tindakan Anda. Langkah terakhir dalam rencana ini adalah ketekunan dalam dosis besar.

Kerjakan Dengan Tekun

Ketika Anda merasa tidak ingin mencapai tujuan Anda, kerjakanlah. Ketika ketakutan, ketidakamanan, dan ketidakpastian menyerang, kerjakanlah. Saat Anda lelah dan kewalahan, kerjakan. Tidak peduli bagaimana perasaan Anda, kerjakan rencana itu. Percayai prosesnya.

Secara metodis, untuk mengatasi setiap kendala yang muncul adalah menjalankan rencananya. Ambil langkah berikutnya. Prosesnya menghasilkan keuntungan besar. Sesungguhnya ssederhana itu. Namun, ini juga sangat sulit, ketika Anda tidak berkomitmen. Sulit untuk mengabaikan harapan dan gangguan eksternal. Setiap saat ada gangguan, Anda dapat melakukan ribuan hal, selain yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda.

Ketika kita melihat orang-orang sukses, kita hanya melihat imbalan yang mereka peroleh di depan umum. Kita melihat hanya hasil dari upaya bertahun-tahun kerja keras mereka. Kita tidak melihat ribuan jam kerja yang telah mereka masuki secara pribadi. Kita tidak melihat bahwa mereka bekerja keras menuju impian mereka yang tidak pasti setiap hari. Kita tidak tahu apa pun yang mereka rasakan. Bertekad bulat dan menjalankan rencana yang telah Anda susun itu sulit. Namun, tindakan itu mengarah pada hasil dan kesuksesan yang proporsional dari waktu ke waktu.

“Keinginan untuk bertahan, seringkali menjadi perbedaan antara kegagalan dan kesuksesan.” – David Sarnoff

Sukses bukanlah proses yang samar-samar atau mistis. Ada formula untuk sukses. Ini adalah proses yang terus berulang.

Kembangkan peta jalan, terapkan kebiasaan yang mendukung tujuan Anda, lakukan pemantauan hasil mingguan untuk memantau kemajuan Anda, dan tambahkan akuntabilitas. Kemudian, sesuaikan, pelajari, dan pertahankan sampai Anda tiba di tujuan.

Merangkul Kegagalan

Hidup memiliki pasang surut, dan hal-hal mungkin tidak selalu berjalan sesuai rencana. Dalam perjalanannya, akan ada banyak pencapaian… dan banyak juga kegagalan. Seringkali, kita takut mengambil risiko karena takut gagal. Atau terkadang, ketika kita gagal, kita menyerah pada impian kita, berpikir bahwa itu adalah jalan buntu.

Kegagalan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan harus dirangkul. Membuat kesalahan tidak bisa dihindari. Bahkan orang-orang psling sukses pun telah membuat kesalahan. Tapi mereka bangkit kembali dan terus berjalan, menggunakan “kegagalan” mereka sebagai pengalaman belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Bersikaplah gigih dalam mengejar impian Anda, jangan biarkan kata “Tidak” menghentikan Anda bergerak maju.

Impian adalah cermin yang dapat menunjukkan kepada kita semangat dan bakat batin kita. Impian adalah langkah awal menuju kemajuan dan kesuksesan.

“Jangan turunkan impian Anda hanya agar sesuai dengan realitas Anda. Tingkatkan keyakinan Anda agar sesuai dengan takdir Anda.”Stuart Scott

Nah Sahabat. Kebiasaan atau strategi apa yang Anda terapkan untuk mengambil tindakan konsisten pada impian Anda? Apa tantangan terbesar yang Anda hadapi dalam mengejar impian Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (65 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *