1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (31 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 10, 2022 - 10:00 PM

5 Cara Menjadi KOMUNIKATOR Ulung

Berapa banyak dari kita yang pernah ingin menjadi orang yang paling berharga dalam profesi, atau posisi profesional kita?

Saat saya terus berkembang dan menjadi pemimpin yang lebih efisien secara keseluruhan, saya beruntung bisa belajar dari yang terbaik dalam bisnis ini. Konsep menjadi orang yang paling berharga ini berpusat pada menjadi Komunikator Ulung.

Saya memanfaatkan pembelajaran lima hal ini setiap hari, dalam peran profesional saya dengan pelanggan, staf, dan anggota komunitas saya, serta rajin menerapkannya dalam kehidupan pribadi saya bersama keluarga, teman, dan siapa pun yang saya sapa.

Saya percaya bahwa jika Anda menganggap serius LIMA HAL berikut ini; dan ingin menjadi ahli dalam berkomunikasi, Anda bisa menjadi orang paling berharga bagi siapa pun dan semua orang yang Anda hubungi.

1. Kuasai Public Speaking

Ini adalah area yang setiap orang harus ingin kuasai dan itu akan menciptakan dampak langsung. Pikirkan tentang itu. Setiap interaksi verbal dengan individu lain adalah bagian dari definisi berbicara di depan umum, atau “tindakan berbicara tatap muka dengan audiens langsung”. Pernahkah Anda berkata, “Biarkan saya ulangi itu“, atau “Apakah itu masuk akal?

Ketika kita mengatakan salah satu dari pernyataan itu, saya percaya, itu karena ada rasa kurang percaya diri bahwa apa yang kita katakan akan dipahami oleh orang lain. Apakah Anda memandang diri Anda sebagai pembicara publik? Apakah Anda melihat apa yang Anda lakukan sebagai bagian dari peran berbicara di depan umum? Jika Anda serius untuk menguasai keterampilan komunikasi Anda, maka Anda harus menerima kenyataan bahwa Anda adalah seorang pembicara publik pertama dan terutama.

Setelah menerima ini, saatnya untuk mulai percaya diri dengan cara Anda berbicara. Semakin efektif Anda dengan cara Anda berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain, akan menciptakan begitu banyak kepercayaan diri, sehingga Anda mulai mencari peluang untuk membuat percakapan baru dan meningkatkan percakapan yang sudah Anda miliki.

2. Kuasai Kemampuan Mendengarkan

Berkomunikasi adalah keterampilan penting yang harus Anda kuasai, terlepas dari profesi Anda. Untuk melayani basis pelanggan, staf, dan atau komunitas Anda secara terbaik, Anda harus pandai berbicara dengan mereka. Namun, jika Anda tidak mendengarkan secara aktif, Anda akan membatasi kemampuan Anda untuk berhasil berkomunikasi dengan orang lain, dan pada akhirnya akan kehilangan kredibilitas juga.

Mengajukan pertanyaan bagus dan kemudian memberikan respon tanggapan dari pertanyaan yang Anda ajukan, sangat penting untuk menjadi ahli dalam mendengarkan. Menurut pendapat saya, orang lebih percaya pada apa yang mereka lihat, dibandingkan dengan apa yang mereka dengar, sehingga tindakan Anda dalam proses mendengarkan adalah yang terpenting. Apa pun yang Anda lakukan, jangan menulis sesuatu hanya untuk ditulis.

Tuliskan apa yang penting bagi mereka yang Anda ajak bicara? Mereka akan melihat manfaat dari itu dan merasa lebih percaya diri bahwa Anda adalah seseorang yang mendengarkan mereka, bukan hanya menenangkan mereka.

“Cara kita berkomunikasi dengan orang lain dan dengan diri kita sendiri pada akhirnya menentukan kualitas hidup kita.” – Tony Robbins

3. Kuasai Kepribadian Anda

Cara Anda “mudah diajak bicara” atau “sulit didekati” adalah bagian dari cara kepribadian Anda direkayasa. Penting untuk memahami tingkat energi Anda selama proses komunikasi, karena itu akan menciptakan kesan bahwa Anda akan menjadi seseorang yang ingin diajak bicara, atau seseorang yang tidak ingin mereka ajak bicara.

Kepribadian Anda adalah cerminan dari bagaimana Anda akan bekerja atau berkomunikasi dengan jangka panjang; dan, dapat menjadi aset bagi Anda atau kewajiban dalam semua interaksi Anda. Apakah Anda terdengar percaya diri dan bersemangat kepada orang lain ketika Anda terlibat dengan mereka? Apakah mereka bergerak ke arah Anda dalam proses komunikasi atau mereka mundur dari Anda?

Untuk mulai menguasai kepribadian Anda sendiri, rekayasa balik prosesnya dengan mempelajari dan mengaudit cara orang lain berkomunikasi dengan Anda. Ingatlah bahwa kepribadian itu reflektif. Jadi, dapat mengamati bagaimana orang lain berkomunikasi dengan Anda dan seperti apa kepribadian mereka dengan Anda, adalah cara bagus untuk melihat bagaimana mereka mungkin sudah memandang Anda dan kepribadian Anda.

Bagaimana perasaan mereka selama interaksi? Apakah Anda merasa mereka bersemangat untuk berbicara dengan Anda atau hanya melakukan gerakan tubuh?

4. Kuasai Nada Suara Anda

Kemampuan atau ketidakmampuan Anda untuk berefleksi selama percakapan dan waktu infleksi Anda adalah persis bagaimana orang di ujung percakapan itu akan bereaksi terhadap Anda, sehingga mereka juga cocok dengan tingkat komunikasi Anda saat ini.

Dengan menjadi ahli mengusai nada suara Anda, apa yang Anda tunjukkan adalah disiplin untuk mengendalikan emosi Anda. Apa yang saya ingin Anda lakukan sekarang adalah memikirkan tentang dua percakapan yang Anda lakukan, di mana yang satu berjalan dengan baik dan yang kedua menjadi buruk.

Saya hampir bisa bertaruh bahwa Anda dapat mengidentifikasi saat yang tepat dalam percakapan di mana Anda tahu itu bergerak ke arah yang benar, dan ketika salah. Salah satu cara bagus untuk mulai menguasai nada suara Anda adalah dengan merekam diri Anda, saat sedang melakukan percakapan telepon dengan pelanggan, calon pelanggan, staf, atau anggota keluarga.

Sekarang putar ulang percakapan itu dan tuliskan area selama percakapan di mana Anda mendengar diri Anda mengubah nada percakapan, serta area yang sama di mana orang di ujung telepon atau interaksi langsung melakukan hal yang sama. Ini adalah cara bagus untuk mulai mengidentifikasi cara menguasai nada suara Anda.

5. Kuasai Kemampuan Untuk Mentransfer Emosi

Di sinilah keadaan pikiran, suasana hati, dan pengetahuan Anda saat ini tentang topik yang sedang dikomunikasikan, yang Anda alihkan ke pihak lain yang Anda ajak berkomunikasi. Ketika Anda berada di sekitar orang yang memikat Anda, yang membuat Anda tertarik, dan menarik perhatian Anda, itu terjadi karena mereka telah menciptakan reaksi emosional dari Anda, yang ingin Anda investasikan lebih banyak.

Pada saat lain, jika Anda berada di sekitar orang yang membuat Anda frustrasi atau membuat Anda ingin memutuskan interaksi dengan mereka, itu terjadi karena mereka telah menciptakan reaksi dari Anda, di mana Anda merasa bahwa mereka menarik energi dari Anda.

Bayangkan jika Anda adalah penyebab hal itu terjadi pada orang lain. Memiliki pola pikir yang bersyukur dan sikap terbaik adalah kunci untuk menguasai kemampuan mentransfer emosi secara baik.

Nah Sahabat. Sangat penting sekarang lebih dari sebelumnya, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain. Jika Anda fokus untuk menjadi hebat dalam lima hal tersebut di atas, Anda akan menjadi komunikator ulung dan mendominasi interaksi profesional maupun pribadi Anda dengan efisiensi dan efektivitas secara tepat.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (31 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.