1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (26 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 14, 2022 - 7:15 PM

7 Langkah Meraih KESUKSESAN

Pernahkah Anda berpikir tentang pola pikir apa yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan? Apakah Anda bertanya-tanya resep rahasia apa yang perlu Anda ikuti untuk mencapai tujuan seumur hidup?

Pola Pikir Pertumbuhan atau Growth Mindset adalah jawabannya. Merangkul Pola Pikir Pertumbuhan berarti Anda berkembang dalam tantangan dan terus-menerus berusaha meningkatkan diri sendiri. Anda memiliki keyakinan pada kerja keras dan bahwa melalui ketabahan, Anda dapat mencapai impian besar dalam hidup. Bekerja untuk mengembangkan pola pikir ini akan membantu Anda mengatasi hambatan apa pun yang menghadang Anda.

Berikut ini adalah strategi langkah demi langkah untuk menumbuhkan Growth Mindset atau Pola Pikir Pertumbuhan: 7 Langkah Meraih KESUKSESAN.

1. Akui Kesempurnaan Itu Tidak Ada

Perfeksionisme adalah hambatan yang hanya akan membuat pola pikir kita terpaku pada tempatnya, tidak mampu membuat kemajuan. Namun, itu seharusnya tidak menghentikan kita untuk mengejar harapan dan impian kita.

Membebaskan diri dari perfeksionisme tidak mudah. Saya pribadi mengalami kesulitan mengatasi perfeksionisme. Dari pengalaman saya, langkah pertama adalah menerima dengan sepenuh hati segala kekurangan dan ketidaksempurnaan Anda.

Ketahuilah bahwa ada banyak area yang dapat Anda tingkatkan dan bahkan lebih banyak ruang untuk pertumbuhan. Tidak ada kegembiraan yang lebih besar daripada menemukan bahwa itu ada dalam kemampuan Anda untuk mengubah diri sendiri.

2. Berhenti Takut Gagal

Orang yang menolak kegagalan tidak akan pernah menemukan kesuksesan. Mencapai tujuan Anda mengharuskan Anda untuk mengatasi rintangan, kritik, dan keraguan diri.

Anda tidak boleh takut gagal. Sebaliknya, Anda harus menunjukkan kegigihan dalam mencapai tujuan Anda tidak peduli berapa kali Anda gagal. Sadarilah bahwa kemunduran tidak berarti Anda tidak cukup baik. Ini berarti satu jalan lebih sedikit yang mungkin harus Anda hindari.

Misalnya, jika Anda gagal di bisnis pertama Anda, mungkin ada banyak kesalahan langkah yang Anda buat. Mungkin bisa jadi karena Anda tidak menetapkan tujuan yang realistis. Atau Anda tidak memiliki rencana bisnis yang terstruktur dan kaku.

Setelah Anda menemukan kesalahan Anda, Anda dapat belajar dan mencegahnya terjadi lagi. Proses pembelajaran ini sangat penting, karena bagaimana lagi Anda akan tumbuh jika Anda tidak menerima kegagalan?

3. Kembangkan Rasa Ambisi

Tujuan Anda tidak bisa hanya untuk melampaui orang biasa umumnya. Tujuan Anda seharusnya melampaui diri Anda sendiri, untuk terus-menerus menerobos hambatan Anda sendiri.

Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang saya inginkan dalam hidup saya? Kebebasan? Hidup dengan hati-hati? Mencapai perdamaian dunia? Jangan malu, dan bermimpilah dengan ambisi tinggi.

Karena banyak jalan besar mengarah ke langit, mengapa menerima lebih sedikit? Selama itu realistis, tidak ada batasan untuk apa yang bisa atau tidak bisa Anda capai. Apalagi kalau sudah pernah terjadi, siapa bilang Anda nggak bisa juga?

“Jika Anda menemukan jalan tanpa hambatan, itu mungkin tidak mengarah ke mana pun.” – Frank Clark

4. Bayangkan Masa Depan Ideal Anda

Memiliki tujuan akhir yang ideal adalah kunci untuk menanamkan Pola Pikir Pertumbuhan. Manfaatkan imajinasi hidup Anda untuk menggambarkan diri Anda di masa depan. Apa yang membuat Anda bersemangat? Apa yang menginspirasi kepercayaan diri Anda? Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam waktu 5 atau 10 tahun ke depan?

Ketika Anda membayangkan masa depan Anda, Anda memiliki mentalitas seorang pemimpin yang sukses. Anda akan melacak kemajuan Anda dan memastikan Anda berada di jalur yang benar untuk mencapai kesuksesan di semua bidang yang Anda inginkan.

5. Dorong Diri Di Luar Zona Nyaman Anda

Untuk mencapai potensi penuh Anda, hadapi tantangan yang mendorong Anda keluar dari zona nyaman Anda. Jika Anda selalu membuat keputusan yang aman dan bebas risiko, kemungkinan besar Anda tidak mendukung pertumbuhan pribadi. Seiring berjalannya waktu, Anda tidak akan pernah melihat peningkatan.

Itu adalah skenario terburuk. Jadi, cobalah menambahkan beberapa bumbu untuk hidup Anda. Lakukan kebiasaan baru yang sehat seperti jalan-jalan di sekitar lingkungan Anda, belajar keterampilan baru, atau belajar bahasa baru.

Meskipun Anda mungkin merasa stres dengan tambahan yang tidak biasa dalam rutinitas Anda, ini adalah reaksi alami. Itu berarti Anda telah meninggalkan zona nyaman Anda, dan menjelajah ke wilayah yang tidak dikenal.

6. Tetap Berdedikasi Untuk Kerajinan Anda

Memiliki rasa puas tinggi di awan, tidak akan membuat hidup Anda lebih baik. Anda perlu berkomitmen untuk menguasai, bekerja selama bertahun-tahun, sebelum Anda melihat hasil yang baik.

Orang-orang sukses seperti Bill Gates tidak bangun setiap pagi dengan berpikir, “Saya berharap saya bisa menjadi orang X, Y, dan Z.” Tentu saja, kita tidak dapat memastikannya. Tetapi saya akan berasumsi bahwa dia fokus pada tindakan untuk mencapai tujuan.

Dia tidak menyerah. Dia mengertakkan gigi dan terus maju, meskipun ada tantangan. Tidak ada jalan pintas yang mudah untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam hidup. Anda hanya perlu melakukan pekerjaan.

7. Jadilah Konsisten

Saya yakin kita semua berjuang dengan KONSISTENSI di beberapa titik. Kita mungkin telah merencanakan untuk menyelesaikan tugas dalam satu jam, tetapi akhirnya memakan waktu satu atau dua hari lebih lama. Terdengar akrab ya? Jangan malu untuk mengakuinya.

Sebenarnya saya dulu sulit berolahraga secara teratur ketika saya masih belia. Saya hampir tidak berhasil. Saya tidak pernah keluar untuk lari. Anda mungkin juga menyebut saya seorang pemalas. Suatu hari, saya terbangun merasakan kelemahan yang terlihat di seluruh tubuh saya.

Itu adalah momen penting dalam hidup saya, karena saya mengerti hal-hal perlu diubah. Saya mulai berolahraga hampir setiap hari, setidaknya 4 hari dalam seminggu, dan merawat kesehatan fisik saya. Sejak mencapai konsistensi, saya merasa penuh energi positif, siap untuk menggeluti bisnis sampingan saya.

Menanamkan Growth Mindset atau Pola Pikir Pertumbuhan, menunjukkan bahwa Anda selalu berusaha menjadi versi terbaik dari diri Anda. Anda akan meletakkan dasar untuk berhasil dalam hidup. Namun tetap waspada, karena hanya perlu sedikit kelalaian untuk mengacaukan semua yang telah Anda upayakan.

Ini seperti naik perahu pada saat badai. Jika Anda tidak melawan arus, Anda akan didorong mundur.

Nah Sahabat. Jika Anda hanya duduk diam dan tidak mengembangkan keterampilan Anda, Anda tidak akan bisa mengeluarkan potensi Anda. Jadi bergeraklah.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (26 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.