1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (222 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 24, 2021 - 2:30 AM

3 HAL UTAMA Tentang Pertumbuhan Pribadi

Pertumbuhan dan perkembangan pribadi dapat berarti banyak hal bagi orang yang berbeda. Apa yang seseorang anggap sebagai peningkatan kecil, mungkin menunjukkan pertumbuhan sangat bagus untuk orang lainnya.

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Kita tidak bisa memilih bagaimana kita memulai hidup. Kita tidak bisa memilih hari kita dilahirkan atau keluarga tempat kita dilahirkan, apa nama kita saat lahir, di negara mana kita dilahirkan, dan kita tidak bisa memilih nenek moyang kita.

Semua hal ini telah ditentukan sebelumnya oleh kekuatan yang lebih tinggi. Pada saat Anda cukup dewasa untuk mulai membuat keputusan bagi diri sendiri, banyak hal dalam hidup Anda sudah siap. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk fokus pada masa depan, itulah satu-satunya hal yang dapat Anda ubah.

“Ukuran kecerdasan adalah kemampuan untuk berubah.” – Albert Einstein

Ketika Anda melihat kembali kehidupan Anda, apa yang ingin Anda pikirkan? Apakah Anda berencana untuk mengenang semua hal baik yang telah terjadi, dan bagaimana hal itu membentuk diri Anda hari ini? Atau, apakah Anda lebih suka mengingat semua keputusan buruk, pengalaman yang menantang, kesalahan yang menyakiti dan menyia-nyiakan sebagian hidup Anda?

Saya pikir, penting untuk merenungkan keduanya. Penting untuk mengingat kesulitan kita, dan penting untuk mengingat hal baik yang membentuk kita, tanpanya kita tidak akan berada di tempat kita sekarang.

Ada 3 area sangat spesifik yang saya rasa telah membantu saya tumbuh dalam arti pribadi. Ini adalah hal yang saya pelajari melalui pengalaman dan refleksi diri. Saya juga masih selalu belajar, dan sedang berkembang hingga sekarang.

Berikut adalah 3 HAL UTAMA Tentang Pertumbuhan Pribadi:

1. Kita menentukan seberapa nilai kita, berdasarkan yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri, orang lain, dan kehidupan secara umum.

Ini adalah salah satu yang paling penting karena kita dapat menentukan nilai kita sendiri dengan cara berpikir tentang diri kita sendiri, dan dunia di sekitar kita. Jika Anda mencari kesuksesan dalam segala jenis bisnis atau lingkungan sosial, maka saya akan memberi tahu Anda bahwa tidak masalah apakah Anda memiliki uang miliaran atau tidak, orang masih tetap akan menilai Anda berdasarkan pada pikiran dan keyakinan Anda saja.

Apa yang menentukan nilai kita belum tentu seperti apa yang kita lakukan dengan hidup kita, tetapi apakah kita percaya bahwa ‘pekerjaan kita’ – layak atau tidak dalam skema besar alam semesta. Kita mungkin tidak selalu dapat mengontrol apa yang terjadi dalam hidup kita, tetapi kita selalu dapat mengontrol cara kita menghargai diri sendiri dan orang lain.

“Lakukan yang terbaik yang Anda bisa, sampai Anda tahu lebih baik. Kemudian ketika Anda tahu lebih baik, lakukan lebih baik lagi.” – Maya Angelou

2. Anda tidak perlu mengubah kebiasaan atau kepribadian Anda hanya karena orang lain tidak menyukainya. Pendapat mereka adalah milik mereka sendiri.

Pada dasarnya, akan ada saatnya ketika Anda bertemu seseorang yang memiliki harapan tertentu terhadap Anda sebagai pribadi. Tetapi harapan ini mungkin tidak realistis, karena motivasi dan keyakinan pribadi mereka. Misalnya, terkadang orang tua mungkin mengharapkan anaknya menjadi pengacara atau dokter, karena itulah yang mereka yakini terbaik untuk anak mereka.

Namun, ini tidak berlaku untuk semua orang dan mungkin gairah anaknya pada musik atau menulis novel. Dalam contoh ini, jika Anda juga ditekan untuk menjadi seorang dokter, maka jelas akan ada semacam konflik di dalam diri Anda sebagai pribadi. Anda seharusnya tidak pernah harus melepaskan sesuatu yang ingin Anda lakukan, hanya karena orang lain tidak menyukainya! Alasan mengapa kita ada di Bumi ini adalah untuk membuat pilihan kita sendiri, dan mengejar impian kita sendiri, daripada membiarkan orang lain menentukan apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.

“Mengetahui orang lain adalah kecerdasan; mengenal diri sendiri adalah kebijaksanaan sejati. Menguasai orang lain adalah kekuatan; menguasai diri sendiri adalah kekuatan sejati.” – Lao Tzu

3. Anda tidak dapat mengubah hidup Anda, sampai Anda menerima bahwa Anda perlu melakukan perubahan.

Ketika saya masih muda, saya pikir pelajaran ini akan sangat jelas. Tetapi seiring bertambahnya usia, itu benar-benar membuat saya menghargai kenyataan bahwa selalu ada cara berbeda untuk memahami hidup kita. Misalnya, jika seseorang ingin menjadi kaya dan terkenal, pikirannya itu mungkin menutupi kemungkinan lain di kepalanya, karena dia merasa itulah yang perlu dilakukannya sekarang.

Namun, ini tidak selalu benar dalam kehidupan kita sendiri, karena kita memikirkan hal-hal terlalu harfiah daripada memiliki pikiran terbuka. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan dalam segala jenis bisnis atau lingkungan sosial, maka Anda harus bersedia untuk mencoba hal-hal berbeda, daripada tinggal di zona nyaman Anda.

Jika Anda menginginkan sesuatu, maka terserah Anda untuk benar-benar mengejarnya, sebab tidak ada orang lain yang akan memberikannya kepada Anda! Anda harus memiliki tingkat ketidakpuasan untuk merasakan dorongan ingin bertumbuh dan berkembang.

“Hidup akan memberi Anda pengalaman apa pun yang paling membantu untuk evolusi kesadaran Anda.” – Eckhart Tolle,

Nah Sahabat. Dalam upaya pertumbuhan pribadi adalah sangat bagus jika bisa belajar mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum hal lainnya. Tetapi itu tidak berarti Anda harus mengabaikan semua orang di sekitar Anda, terlebih jika mereka adalah teman dan anggota keluarga Anda. Anda hanya harus menjaga keseimbangan hidup Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (222 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.