1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (140 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 21, 2021 - 2:00 AM

6 STRATEGI Hebat untuk PERTUMBUHAN Bisnis

“Anda akan melangkah maju menuju pertumbuhan, atau Anda akan melangkah mundur menuju keamanan.” – Abraham Maslow

Bagi pengusaha mana pun, pertumbuhan bisnis sama pentingnya dengan bernafas — penting tidak hanya untuk bisnis mereka, tetapi juga bagi mereka sebagai pribadi.

Ini mengasyikkan, memuaskan, bermanfaat. Sebagai pengusaha, perasaan paling menyenangkan dalam hidup adalah memiliki pola pikir bahwa hari esok akan lebih besar dan lebih baik dari hari ini.

Bisnis itu seperti tanaman, satu-satunya bukti bahwa benih tanaman itu hidup adalah bertumbuh. Pertumbuhan bisnis ibarat tanaman, berfokus pada tahap benih awal, di mana masih harus selalu meraih lebih banyak sinar matahari dan berjuang untuk membebaskan diri dari tanah, dan bisa keluar dari persaingan. Ini sulit dan menakutkan, namun 100% sepadan.

Sebagai metafora menumbuhkan bisnis, Anda dapat menjadi tukang kebun yang menyiapkan tanah, merawat daun, menyiram, dan menjadikannya tempat aman untuk tumbuh bagi tanaman. Semua elemen tersebut merupakan strategi untuk pertumbuhan bisnis.

Pertumbuhan bisnis ini secara eksplisit mengacu pada rencana organisasi yang dirancang membantu Anda mencapai tujuan produk dan layanan Anda, untuk tumbuh dengan kualitas, kuantitas, dan omset Anda. Ini dapat berlaku untuk Anda jika Anda berperan sebagai inovator bisnis, pengembang, atau pun startup. Dengan mengambil risiko dan mengikatkan diri pada bisnis baru, dan mengerahkan upaya untuk mengembangkan bisnis itu, Anda bersedia melakukan apa yang diperlukan untuk mencegah kegagalan.

Itu berarti Anda haus akan hal yang berguna dan berharga. Jadi, mari kita bahas beberapa strategi termudah dan terbukti untuk pertumbuhan bisnis. Ini berlaku pada tahap apa pun Anda berada dan dirancang untuk membantu mengembangkan bisnis Anda secara langsung.

Pengusaha mendapatkan kepuasan besar dalam melihat bisnis mereka tumbuh. Hal ini tidak hanya menandakan “kemenangan” dalam dunia bisnis. Pada intinya, pertumbuhan bisnis ini memberi mereka sarana untuk mencapai lebih banyak tujuan mereka sendiri, tumbuh sebagai pribadi, dan membuat dampak positif pada dunia dengan cara yang berarti bagi mereka.

“Growth is a fundamental human need.” – Dan Sullivan

Strategi pertumbuhan bisnis dapat sangat bervariasi, tergantung pada industri, produk, peluang, biaya, dan prospek pasar saat ini. Ada banyak rencana dan teknik yang menentukan strategi sukses untuk pertumbuhan bisnis.

Berikut ini 6 STRATEGI Hebat untuk PERTUMBUHAN Bisnis:

1. Tambahkan lokasi

Sebagian besar bisnis dapat menjual lebih banyak, jika mereka menjual di lebih banyak tempat. Jika pelanggan lama Anda lapar, inilah saatnya untuk mempermudah orang menemukan Anda.

Jika Anda memiliki lokasi fisik, buka lagi di lokasi lain. Ini bisa tetap Anda menjalankannya, atau pun mengadopsi model waralaba. Ini memperluas kehadiran Anda di pasar baru, dan menumbuhkan iklan dari mulut ke mulut.

Memiliki beberapa lokasi, juga dapat membuat perusahaan Anda lebih tangguh. Sebuah merek bisnis dengan dua lokasi atau lebih, tidak akan kehilangan semua kemampuan menghasilkan pendapatan, jika terjadi bencana apa pun.

Untuk perusahaan digital atau jika bisnis Anda dapat didukung penjualan online, cobalah memperluas ke saluran baru. Alih-alih hanya situs web Anda sendiri, coba masuk ke Amazon, eBay, Bukalapak, dan toko online lainnya di wilayah Anda. Penjualan lewat media sosial pun sekarang lebih sederhana dengan alat dari Facebook dan Instagram, di mana pelanggan dapat langsung menuju keranjang pembayaran Anda.

Ekspansi bisnis berfokus untuk menjangkau lebih banyak orang. Luangkan waktu Anda untuk meneliti tempat yang tepat.

Kerjakan pekerjaan rumah Anda untuk mencari tahu di mana pelanggan Anda dan pergilah ke sana. Di ruang digital, ada banyak informasi untuk dikumpulkan dan dibeli, jadi segera mulailah menganalisis lalu lintas bisnis Anda dan pesanan yang ada.

2. Perluas tingkatan layanan

Buka halaman web perangkat lunak atau penyedia layanan favorit. Jika mereka adalah pemain penting di bidang tersebut, mereka akan selalu memberi Anda serangkaian pilihan berdasarkan kebutuhan dan tingkat layanan.

Pelanggan umum Anda akan menginginkan layanan minimal untuk mengenal Anda. Namun, pelanggan potensial mungkin membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dan manajemen akun. Jika Anda membuat alur bisnis untuk B2B, maka fitur penting untuk ditambahkan ke tingkat yang lebih tinggi adalah kemampuan untuk menagih berdasarkan jumlah pengguna. Ini membantu Tim B2B mengelola anggaran dan penagihan mereka secara lebih efisien, dengan satu item untuk layanan Anda.

Gunakan tingkatan untuk meningkatkan fitur yang didapatkan pelanggan serta tingkat layanan yang Anda berikan. Ini juga memudahkan untuk memindahkan pelanggan awal ke paket tingkat yang lebih tinggi, begitu mereka jatuh cinta dengan layanan Anda. Itu sebabnya Anda harus mengkomunikasikannya dengan pihak pengembang yang Anda bayar untuk membuatkan sistem layanan bisnis Anda di aplikasi yang dibuat sesuai dengan rencana bisnis Anda.

Pahami nilai Anda dan tunjukkan dengan cara yang dipahami pelanggan. Anda dapat secara visual atau langsung mencatat bahwa satu opsi mungkin lebih baik untuk audiens Anda. Anda dapat menandai sesuatu sebagai “nilai terbaik” atau menulis salinannya untuk membantu orang-orang condong ke arah solusi tertentu. Biasanya, ini adalah penghasil uang terbaik Anda atau paket yang paling mudah Anda layani.

3. Diversifikasi produk Anda

Jika Anda adalah produsen produk, Anda dapat mengambil pendekatan yang sama seperti penyedia jasa layanan dan tingkatannya, dengan menambahkan lebih banyak level atau opsi untuk produk Anda. Ini dapat memperluas ukuran dan pilihan warna Anda, atau bercabang menjadi produk terkait. Lihatlah pesaing Anda, apakah mereka memiliki item tambahan yang mungkin menarik pelanggan. Atau sebaliknya, Anda dapat menemukan celah yang tidak tertutupi oleh siapa pun.

Pertimbangkan paket yang dapat menyederhanakan cara pelanggan Anda memesan dengan menggabungkan banyak produk umum. Ini akan mengurangi biaya pengiriman Anda, dan dapat meningkatkan nilai pesanan rata-rata Anda, yang berguna jika Anda ingin mencoba dan meningkatkan putaran tambahan pendanaan usaha.

Anda juga dapat membuka lini bisnis baru dengan membuat paket berulang berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Anda juga melihat ini di beberapa perangkat lunak dan perangkat keras. Contohnya, Aplikasi iTunes selalu gratis, karena Apple menghasilkan uang dari musik dan konten lain yang dibeli. Amazon sering menjalankan spesial pada tongkat Fire TV-nya, yang membuatnya hampir “gratis” dengan mengemas dalam uji coba untuk layanan, yang juga dapat Anda beli, seperti berlangganan HBO. Kesepakatan dengan HBO pada dasarnya mengurangi biaya perangkat hingga 75%.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk memahami apa yang dapat ditambahkan atau digabungkan oleh bisnis Anda, tanyakan kepada pelanggan Anda. Mereka lebih dari bersedia untuk memberi tahu Anda, apa yang mereka inginkan, apa yang mereka benci, dan bagaimana Anda dapat membantunya.

4. Tanyakan kepada pelanggan tentang kebutuhan mereka

Ketika hendak memperluas produk Anda, tingkat layanan, atau bahkan elemen seperti layanan pelanggan, milis Anda adalah alat terbaik Anda. Gunakan email secara sederhana dan cepat untuk menanyakan langsung kepada pelanggan Anda, apa yang mereka butuhkan atau apa yang mereka inginkan dari Anda. Pelajari pengalaman mereka.

Anda mungkin mendapatkan wawasan tentang kekurangan produk dan layanan Anda, catatan tentang apa yang dilakukan pesaing Anda, atau pun ketika ada kekurangan dalam proses Anda.

Jika pelanggan memberi tahu Anda bahwa proses checkout atau penagihan berulang Anda itu merepotkan, Anda dapat segera mengatasinya, dan mencegah pelanggan baru mengalami rasa sakit itu. Wawasan terbaik Anda akan sering datang dari mereka yang bersedia merespons.

Pertumbuhan bisnis sering kali mengharuskan Anda untuk proaktif. Meskipun Anda tidak dapat mengatasi masalah ini untuk pelanggan yang sudah ada, Anda dapat mengatasi masalah yang mereka perhatikan dan mencegahnya merusak skenario bisnis Anda.

5. Fokus pada retensi pelanggan

Anda memerlukan basis pelanggan khusus. Ya, banyak nasihat akan memberitahu Anda untuk menjangkau dan tumbuh, tetapi Anda dapat mendorong terlalu jauh, terlalu cepat dan akhirnya kehabisan tenaga. Anda harus memiliki rencana dan model perusahaan yang jelas untuk mengalahkan rintangan 5 tahun ke depan, dan ini harus bergantung secara signifikan pada pembuatan koneksi jangka panjang dengan pelanggan awal dan yang sudah ada.

Jadi, sejak dini Anda harus meluangkan waktu untuk bekerja dan berbicara dengan pelanggan yang percaya pada Anda. Pertimbangkan rangkaian email terima kasih sederhana berdasarkan pesanan. Anda bahkan mungkin dapat meningkatkan pesanan berulang atau peluang penjualan silang dengan diskon loyalitas.

Pelanggan jangka panjang adalah yang paling mungkin memberi Anda ulasan positif, terutama jika Anda bertanya. Mereka juga dapat berubah menjadi jaringan rujukan yang luas, dengan dorongan besar.

Retensi pelanggan memungkinkan Anda untuk fokus pada peluang yang menguntungkan, dan tumbuh tanpa risiko terhadap aliran pendapatan Anda. Ini juga dapat memudahkan startup untuk merencanakan langkah selanjutnya dan menjembatani kesenjangan dari aliran pendanaan lainnya.

Satu-satunya risiko harus dihindari di sini adalah: Jangan merasa nyaman. Pelanggan ini harus digunakan sebagai fondasi untuk pertumbuhan bisnis, bukan stagnasi.

6. Bangun Tim Terpercaya

Strategi dan kesuksesan pertumbuhan bisnis Anda selalu bergantung pada orang-orang Anda. Beri diri Anda peluang terbaik untuk pertumbuhan cerdas dengan mempekerjakan orang-orang berkualitas tinggi, dan mendelegasikan dengan tepat. Ini adalah beberapa saran pertumbuhan bisnis terbaik yang pernah ada.

Membangun tim terpercaya ini adalah proses yang lambat dan stabil. Anda mempekerjakan seseorang dan mengenal mereka, lalu melihat apa yang bisa mereka lakukan. Pada saat sama, Anda belajar tentang diri Anda sendiri dan harus berusaha melepaskan tugas yang lebih kasar di organisasi Anda.

Jika sulit bagi Anda untuk menyerahkan proyek, carilah hal-hal kecil yang dapat Anda mulai dan yang tidak membuat dampak besar. Sebagai contoh, Anda bisa membiarkan asisten virtual memformat dan menerbitkan artikel di situs web Anda, sementara Anda atau manajer Anda masih menulis lainnya. Asisten virtual Anda dapat melakukan penelitian kata kunci dasar menggunakan alat khusus dan menghasilkan laporan yang diperlukan, sementara pemimpin membuat keputusan tentang cara menggunakan informasi tersebut.

Tim yang kuat juga dapat membantu Anda mengembangkan strategi pertumbuhan bisnis. Seperti kata James Cash Penney, “Pertumbuhan tidak pernah terjadi secara kebetulan; itu adalah hasil dari kekuatan yang bekerja sama.”

Setelah Anda merasa lebih nyaman dengan konsep ini, cobalah untuk meningkatkannya. Carilah orang-orang yang dapat menyelesaikan proyek dan elemen lebih berhasil daripada Anda. Ini membebaskan Anda untuk fokus pada apa pun yang Anda lakukan dengan baik. Seorang pemimpin tim layanan pelanggan yang berpengalaman, akan memberi Anda jam tidur nyenyak setiap malam ketika Anda menemukan orang yang cocok.

Beri mereka alat yang tepat juga.

Bagian dari membangun tim dan menciptakan kepercayaan bergantung pada Anda menemukan seseorang yang kuat, di mana Anda lemah. Kepribadian harus cocok, dan keterampilan harus saling melengkapi. Dan, begitu Anda mendapatkan orang tepat untuk mengatakan “Ya”, latihlah mereka dan bekerja dengan mereka.

Untuk tim kecil, pelatihan langsung tentang bisnis dan proses Anda, akan membantu mereka bergabung dan tertanam dalam budaya perusahaan. Ini adalah bagian inti dari strategi apa pun untuk pertumbuhan bisnis, karena memastikan bahwa mereka tumbuh sebagai Tim, bukan kepribadian atau ego individu.

Apa strategi favorit Anda untuk pertumbuhan bisnis?

Selalu ajukan pertanyaan kepada audiens Anda, bahkan jika Anda merasa tahu jawabannya. Kadang-kadang, itu bermanfaat bahkan jika mereka hanya akan memikirkan pertanyaan Anda dan tidak langsung memberi Anda jawaban.

Jadi, pekerjaan rumah Anda adalah memikirkan contoh strategi pertumbuhan bisnis di atas tersebut, dan apa yang bisa berhasil atau apa yang tidak, untuk Anda. Bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan yang Anda miliki sekarang dan prospek potensial di masa depan? Apa langkah Anda selanjutnya?

Apakah Anda berbicara dalam bahasa mereka?

Pertanyaan terakhir ini pun penting, karena kita semua tahu tentang komunikasi. Pengusaha memiliki api semangat yang harus mereka bagikan dengan dunia, untuk tumbuh kuat dan berkembang. Aplikasi yang telah Anda buat, bertujuan untuk membuat komunikasi bisnisnya lebih mudah, tidak peduli bagaimana Anda berkomunikasi.

Ujilah aplikasi bisnis Anda, mulai jelajahi kemampuannya, dan lihat mudahnya berbicara dalam bahasa pelanggan Anda. Jika aplikasi Anda masih terdapat kekurangan, cepat hubungi pengembang yang telah Anda bayar untuk membuatkan aplikasi bisnis Anda itu, dan segera perbaiki kekurangannya.

“Tidak ada batasan besar untuk pertumbuhan, karena tidak ada batasan kecerdasan, imajinasi, dan keajaiban manusia.” – Ronald Reagan

Nah Sahabat. Tipe orang seperti apa Anda yang tercermin dalam bisnis Anda? Untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda, pertama-tama perbaiki diri Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (140 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *