1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (86 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 8, 2021 - 3:30 AM

8 Cara JALANI HIDUP Sepenuhnya

“Berhentilah berpikir bahwa Anda telah melakukan semuanya secara salah. Jalan Anda tidaklah seperti jalan orang lain, karena itu memang tidak mungkin, tidak seharusnya, dan tidak akan bisa.” – Eleanor Brownn

Untuk menghentikan Anda dari membandingkan diri Anda dengan orang lain, Anda harus membuat keputusan sadar untuk mewaspadai kebiasaan tidak sehat itu, dan selalu mengelilingi diri Anda dengan pengingat tentang mengapa perbandingan itu menjadi kontraproduktif.

Saya harap artikel ini dapat membesarkan hati dan membuat Anda senantiasa menjaga diri sendiri dari sikap membandingkan diri dengan orang lain. Dan, Anda memiliki cara tersendiri dalam memandang hidup Anda.

Bukan rahasia lagi bahwa media sosial adalah penyebab utama depresi saat ini. Menurut “Journal of Depression and Anxiety,” orang yang aktif di media sosial, tiga kali lebih mungkin menjadi depresi daripada orang yang jarang menggunakannya. Membandingkan diri dengan orang lain adalah sifat kita, jadi penting untuk mengetahui cara berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

“Tidak ada yang bisa membuat Anda merasa rendah diri tanpa persetujuan Anda.” – Eleanor Roosevelt

Apa pun hasrat Anda, tetap lakukan. Jangan buang waktu dalam mengejar kesuksesan, dan membandingkan diri Anda dengan orang lain. Setiap bunga itu mekar dengan kecepatan yang berbeda. Unggul dalam melakukan apa yang menjadi hasrat Anda dan hanya fokus untuk menyempurnakannya.

Pada akhirnya orang akan melihat apa yang Anda lakukan dengan hebat, dan jika Anda benar-benar hebat, kesuksesan akan mengejar Anda. Membandingkan dengan diri sendiri akan membawa perbaikan, dan membandingkan diri dengan orang lain akan membawa ketidakpuasan.

“Ketika Anda merasa tidak aman atau sepertinya Anda tidak sesuai, ingatkan diri Anda tentang seberapa jauh Anda telah melangkah. Dan pada saat itu, Anda akan menyadari bahwa Anda telah mendaki gunung dan dapat mengatasi apa pun.” – Brittany Burgunder

Berikut ini adalah 8 Cara JALANI HIDUP Sepenuhnya.

1. Pahami bahwa Anda hanya ditunjukkan hasilnya, bukan perjalanannya

Yang benar adalah bahwa kebanyakan orang hanya menunjukkan hasil kehidupan mereka di media sosial. Anda tidak bisa melihat pekerjaan sehari-hari mereka, dan semua yang harus mereka lakukan untuk mempertahankan kualitas hidup itu. Juga, Anda tidak pernah tahu, apa yang harus mereka korbankan untuk kesuksesan itu. Mungkin bagi mereka itu tidak tampak seperti pengorbanan, tetapi bagi Anda, itu akan menjadi satu perjuangan.

Misalnya, Anda suka menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda, dan menghabiskan lebih sedikit waktu bersama mereka akan menjadi pengorbanan. Sedangkan orang lain sama sekali tidak ingin memiliki anak, sehingga memiliki banyak waktu untuk mengejar cita-cita dan meraih kesuksesannya. Apakah jika seperti itu akan berhasil untuk Anda? Mungkin tidak. Jadi, selalu ingat bahwa Anda hanya melihat hasilnya, bukan perjalanannya.

“Tidak perlu dibandingkan. Berbahagialah dengan diri Anda sendiri dan temukan kepuasan dalam pekerjaan Anda.” – Lailah Gifty Akita

2. Menjadi terpenuhi

Cara terbaik untuk berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain adalah dengan menjadi diri sendiri yang terpuaskan. Seperti pernah dikatakan oleh Lao Tzu, “Ketika Anda puas menjadi diri sendiri dan tidak membandingkan atau bersaing dengan orang lain, semua orang akan menghormati Anda.” Jadilah pribadi yang tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Namun, ini bukan perjalanan yang singkat atau mudah. Anda harus memiliki cukup semangat dan yang lebih penting, dedikasi dan ketekunan.

“Perbandingan adalah unsur paling beracun di hati manusia, karena menghancurkan kecerdikan dan merampas kedamaian dan kegembiraan.” – Euginia Herlihy

3. Tetapkan tujuan, buat rencana tindakan

Jika Anda belum memulai perjalanan menuju kesuksesan: tetapkan tujuan terlebih dahulu. Fokus, jangan terlalu banyak menetapkan tujuan. Prioritaskan tujuan Anda dan gunakan semua energi Anda untuk mengejar satu tujuan pada satu waktu.

Setelah menetapkan tujuan, buatlah rencana tindakan. Ingatlah bahwa baik rencana maupun cara Anda harus fleksibel. Jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, tinjau semua pilihan yang Anda miliki, dan pilih yang terbaik. Terkadang Semesta menunjukkan kepada Anda, cara-cara yang tidak pernah Anda bayangkan atau pikirkan sebelumnya. Terkadang situasi terburuk, ternyata itu menjadi titik balik yang membawa Anda menuju kesuksesan lebih cepat.

Jangan melebih-lebihkan kekuatan Anda. Sebagai manusia, Anda memiliki sedikit kendali atas orang lain dan situasi. Pastikan saja Anda memilih pilihan terbaik yang diberikan kepada Anda.

“Anda harus menetapkan tujuan yang hampir tidak terjangkau. Jika Anda menetapkan tujuan yang dapat dicapai tanpa banyak kerja atau pemikiran, Anda terjebak dengan sesuatu di bawah bakat dan potensi Anda yang sebenarnya.” – Steve Garvey

4. Kesampingkan media sosial, jalankan bisnis Anda terlebih dahulu

Jika Anda baru memulai perjalanan menuju kesuksesan, membandingkan diri Anda dengan orang-orang yang telah berada di tengah perjalanan atau telah mencapai kesuksesan besar, maka Anda salah. Anda tidak akan pernah sampai ke tujuan Anda, jika kesuksesan orang lain mengalihkan perhatian Anda dari melakukan pekerjaan Anda dan membuat Anda putus asa. Habiskan waktu sesedikit mungkin di platform media sosial dan urus bisnis Anda sendiri. Utamakan bisnis Anda, selalu ingat tujuan akhir Anda untuk memotivasi Anda.

“Jika Anda berpikir bahwa dengan membandingkan diri dengan orang lain, membuat Anda terinspirasi, Anda salah besar.” – Sarvesh Jain

5. Jalani hidup dengan langkah Anda sendiri

Setiap orang punya jalan dan langkahnya masing-masing. Jika Anda sudah mulai bergerak menuju tujuan Anda, dan Anda tahu bahwa Anda tidak akan menyerah apa pun yang terjadi, cepat atau lambat Anda akan tetap mencapainya. Satu-satunya perbedaan antara Anda dan orang-orang yang sudah memiliki apa yang Anda inginkan adalah jumlah waktu yang dihabiskan untuk mencapai tujuan tertentu. Terus tumbuh, terus tingkatkan diri Anda, dan Anda akhirnya akan berhasil.

Jangan menyerah pada tujuan, bahkan jika itu membutuhkan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan, karena Anda selalu dapat mengubah rencana dan cara Anda. Tetap fleksibel, dan sambut apa pun yang diberikan Semesta kepada Anda dengan rasa syukur.

Jika ada rintangan datang ke jalan Anda, pastikan Anda menganggapnya sebagai berkah tersembunyi. Hambatan adalah kesempatan untuk melihat sesuatu dari sudut yang berbeda, dan mempelajari sesuatu yang baru. Lagi pula, tidak ada cara pasti untuk mencapai kesuksesan, jadi tetaplah fleksibel, sesuaikan, dan Anda akan tetap sampai di sana.

“Berdamailah dengan di tempat mana pun Anda berada dan di posisi apa pun Anda berada. Begitulah cara Anda memenangkan medan perang pikiran.” – Andrena Sawyer

6. Singkirkan keyakinan yang membatasi

Singkirkan secepatnya, keyakinan Anda yang membatasi. Jangan berkecil hati dengan keyakinan Anda yang membatasi, yang memberi tahu Anda “Anda tidak layak” atau “Anda tidak mungkin.” Kapan pun Anda mendengar hal seperti itu dari kerabat, teman, atau pikiran Anda sendiri, pertanyakan keyakinan itu. Apakah mereka benar atau mereka menipu Anda? Pikiran Anda mungkin menipu Anda karena bertentangan dengan melakukan sesuatu yang ekstra dan meninggalkan zona nyamannya. Lawan keyakinan Anda yang membatasi!

“Lebih baik selalu subjektif. Itu harus bebas dari penilaian atau perbandingan apa pun. Namun, itu masih dapat dicapai untuk diri sendiri. Itu harus selalu menginspirasi.” – Naide P Obiang

7. Berhentilah peduli dengan pendapat orang lain

Berhentilah peduli tentang apa yang orang pikirkan tentang Anda. Lakukan pekerjaan Anda, tetap gigih, dan tetap fokus. Lagipula orang lain tidak sering bahkan tidak pernah memikirkan Anda. Lebih baik mencoba dan gagal daripada menyesal karena belum pernah mencoba.

“Jadilah diri Anda apa adanya dan katakan apa yang Anda rasakan, karena mereka yang keberatan tidak penting, dan mereka yang penting tidak keberatan.” – Dr. Seuss

8. Perlakukan diri Anda dengan baik

Jadilah teman terbaik diri Anda sendiri dan jangan terlalu ketat dengan diri sendiri. Beri diri Anda cukup waktu untuk bersantai. Sering-seringlah berlatih detoksifikasi digital atau hapus akun media sosial Anda. Anda tidak perlu membuktikan apa pun kepada siapa pun, atau pun untuk mengesankan orang lain. Anda juga tidak perlu menunjukkan kepada mereka kemajuan Anda. Anda tidak perlu memberi tahu mereka, apa yang terjadi dalam hidup Anda.

Fokus pada hidup Anda sendiri dan kebahagiaan Anda. Puji diri sendiri dan bersyukur atas pekerjaan yang telah Anda lakukan. Bersyukurlah atas apa pun yang telah Anda capai, dan banggalah pada diri Anda sendiri. Jangan pernah menyerah meskipun mengalami kegagalan. Perbandingan akan melumpuhkan kemajuan, di dalam pikiran maupun di masyarakat.

Anda dapat memilih untuk tersedot ke dalam tren membandingkan diri Anda dengan orang lain yang tampaknya lebih baik dari Anda, atau Anda dapat memutuskan untuk mengadopsi sudut pandang yang lebih sehat.

Pada akhirnya, harga diri Anda bergantung pada sikap dan pandangan Anda, dan itu adalah hal yang indah karena itu berarti Anda mempertahankan pandangan yang percaya diri dan seimbang tentang diri Anda dan pencapaian Anda.

“Kepribadian Anda dimulai ketika perbandingan berakhir. Jadilah unik. Jadilah kenangan. Yakin. Bangga.” – Shannon L. Alder

Nah Sahabat. Bagaimana Anda fokus pada diri sendiri dan menciptakan kehidupan terbaik Anda sendiri?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (86 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *