1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: December 26, 2022 - 5:00 AM

5 KUNCI Membangun BISNIS yang Berharga

Sebagai pengusaha, Anda dapat mencoba mengembangkan bisnis, membeli bisnis baru, atau menjual bisnis Anda kapan saja. Tetapi Anda tidak selalu dapat memperoleh nilai yang Anda inginkan darinya.

Untuk membantu bisnis tumbuh dan meningkatkan valuasinya, berikut ini saya rekomendasikan 5 KUNCI Membangun BISNIS yang Berharga:

1. Rencanakan Secara Efektif

Pertama, sangat penting untuk merencanakan secara efektif. Membuat rencana bisnis terperinci, membantu mengarahkan Anda untuk keputusan yang perlu Anda buat dalam bisnis Anda di masa depan. Ini memberi Anda tujuan untuk dinanti-nantikan dan nilai inti, untuk kembali ketika Anda mencapai titik keputusan sulit.

Hal menyenangkan tentang perencanaan bisnis adalah tidak ada pendekatan yang cocok untuk semuanya. Siapa pun dapat membuat rencana bisnis; tetaplah berpegang pada format yang paling sesuai untuk Anda.

“Sukses dalam bisnis tidak bergantung pada apa yang Anda katakan, apa yang Anda dengar, apa yang Anda rasakan, apa yang Anda lihat. Itu tergantung pada apa yang Anda lakukan.” – Selwyn Goodwin

2. Jadilah Fleksibel

Meskipun Anda memiliki rencana bisnis yang mendetail, rencana Anda tidak memiliki semua jawaban. Itulah mengapa sangat penting bagi pengusaha untuk bersikap fleksibel dan mau beradaptasi dengan industri yang berubah dengan cepat. Seperti banyak bisnis kecil lainnya, perusahaan saya telah melewati beberapa resesi, berdampak pada penjualan dan pendapatan kami.

Kami telah mengalami penurunan pendapatan sebanyak 70% dari tahun ke tahun. Sebagian besar dari kelangsungan hidup kami selama masa kehilangan pendapatan dan resesi ini adalah bersikap fleksibel. Alih-alih berpegang pada satu titik harga yang telah ditentukan sebelumnya, kami menjaga biaya kami tetap fleksibel untuk menyusutkannya sesuai kebutuhan. Hasilnya, penjualan kami bangkit kembali, dan kami dapat mempertahankan infrastruktur perusahaan.

“Main sesuai aturan, tapi jadilah ganas.” – Phil Knight

3. Pelatihan Berkelanjutan

Kunci sukses besar lainnya adalah pelatihan berkelanjutan. Berinvestasi dalam pelatihan karyawan akan membantu memastikan bahwa mereka ahli di bidangnya, dan dapat menangani pekerjaan yang Anda tugaskan kepada mereka. Alasan lain mengapa pelatihan berkelanjutan sangat menguntungkan pemilik bisnis adalah karena meningkatkan tingkat retensi.

Ketika karyawan secara aktif terlibat dalam pelatihan, mereka merasa bahwa perusahaan mereka membantu memberi mereka nilai, dan mereka cenderung bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama.

“Apa yang Anda lakukan memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada apa yang Anda katakan.” – Stephen Covey

4. Hasrat Untuk Klien Dan Pelanggan

Kunci sukses bisnis berikutnya adalah hasrat dan pengabdian yang nyata untuk mencapai tujuan pelanggan atau klien Anda. Baik Anda menjual produk barang atau layanan, menciptakan nilai bagi pelanggan Anda dan berfokus pada retensi klien, akan memastikan kesuksesan Anda dalam jangka panjang.

Dalam praktiknya, ini terlihat seperti mengenal klien dan kebutuhan mereka, melakukan pelatihan layanan pelanggan, dan terus-menerus mengundang umpan balik untuk menentukan cara terbaik melayani pelanggan Anda.

Produk barang dan layanan Anda pada dasarnya adalah solusi untuk masalah yang dimiliki pelanggan. Namun, banyak pengusaha membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa mereka mengetahui solusi terbaik untuk pelanggan mereka. Mereka membuat bisnis mereka semua tentang diri mereka sendiri.

Anda harus memastikan bahwa Anda mengembangkan solusi berdasarkan perspektif pelanggan Anda. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya kepada mereka melalui wawancara dan penelitian menyeluruh.

Berbakti untuk mencapai tujuan klien Anda akan dibuktikan melalui pekerjaan Anda, dan akan memengaruhi pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

“Untuk mendapatkan rasa hormat (dan akhirnya cinta) dari pelanggan Anda, pertama-tama Anda harus menghormati pelanggan tersebut. Itulah sebabnya perilaku Aturan Emas dianut oleh sebagian besar perusahaan pemenang.” – Colleen Barrett

5. Selalu Berinovasi

Bisnis Anda hanya dapat berhasil jika Anda secara konsisten berinovasi dan mendorong prosedur ke depan. Ini lebih dari sekadar bersikap fleksibel, karena untuk benar-benar sukses dalam jangka panjang dan membangun nilai dalam bisnis Anda, Anda perlu mendorong inovasi dan kreativitas di antara setiap karyawan.

Budaya inovasi di seluruh organisasi Anda akan membantu mendorong Anda maju dan memastikan bisnis Anda beradaptasi dengan teknologi dan proses baru. Dalam perjalanan bisnis, mengintegrasikan inovasi dalam teknologi, perekrutan, dan sistem pendukung ke dalam praktik bisnis, akan membantu bisnis terus berkembang.

“Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang benar dalam hidup Anda selama Anda tidak melakukan terlalu banyak kesalahan.” – Warren Buffett

Pada akar dari semua itu, perusahaan semestinya dibangun berdasarkan kejujuran. Harus mendorong budaya kejujuran dan transparansi, baik itu melalui komunikasi yang jujur antar karyawan, dengan klien, berurusan dengan bank, akuntan, perencana keuangan, dan lainnya.

Nilai inti ini akan membantu mengarahkan bisnis melalui keputusan sulit yang dibuat selama bertahun-tahun pengalaman bisnis. Itu akan membantu merekrut dan mempertahankan para ahli hebat yang terlatih dengan baik, didukung dengan baik, dan termotivasi untuk mencapai tujuan klien.

Nah Sahabat. Di mana pun Anda berada dalam perjalanan bisnis Anda, tetapkan nilai-nilai inti Anda sekarang. Dan biarkan nilai-nilai itu mengarahkan Anda sepanjang keputusan bisnis Anda, apakah Anda membeli bisnis baru, atau mengembangkan bisnis Anda dan menantikan hari di mana Anda dapat menjualnya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (59 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.