1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (226 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 11, 2021 - 2:00 AM

TAHAPAN Mendefinisikan KESUKSESAN Anda

Sebagai pengusaha, pemimpin, manajer, dan bos, kita harus menyadari bahwa semua yang kita pikirkan sebenarnya penting. Jika kita mencari kesuksesan, kita harus berpikir sukses, menginspirasi, dan memotivasi.

Apa itu sukses? Ada banyak definisi kesuksesan. Tetapi ada satu hal yang disepakati oleh semua orang hebat: Sukses hanya datang dengan ketekunan meskipun di sana ada kegagalan.

“Jangan takut untuk melepaskan yang baik guna mencari yang hebat.” – John D. Rockefeller

Semua orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, namun kesuksesan dapat didefinisikan dengan berbagai cara yang terkadang tampak menakutkan. Dalam tulisan ini, Anda akan belajar, bagaimana membuat kesuksesan lebih mudah, dengan mendefinisikan apa arti kesuksesan bagi Anda.

Pernahkah Anda mendengar orang berkata “Saya hanya ingin sukses” lalu Anda bertanya kepada mereka apa maksudnya? Berhasil dalam hal apa? Mereka mungkin tidak dapat menjawab kesuksesan apa yang tampak baginya, bukan? Ini sangat umum. Kebanyakan orang ingin sukses, tetapi mereka bahkan tidak tahu apa arti kesuksesan bagi dirinya.

“Orang sukses melakukan apa yang tidak ingin dilakukan orang gagal. Jangan berharap itu lebih mudah; berharaplah Anda lebih baik.” – Jim Rohn

Definisi sukses sangat kabur, karena kamus sukses mendefinisikannya secara berbeda.

Beberapa definisi sukses secara umum:

– Tercapainya suatu rencana sasaran atau tujuan.

– Realisasi progresif dari cita-cita atau impian.

– Telah mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan.

Apa kesamaan dari semua definisi tersebut? Sukses bisa apa saja! Sukses bukanlah hal yang spesifik. Sukses adalah melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Sukses adalah mencapai tujuan yang Anda inginkan dalam hidup. Sekarang Anda tahu itu.

Langkah selanjutnya adalah menemukan tujuan apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda. Jadi sekarang terlihat sederhana untuk menemukan definisi sukses Anda sendiri. Tetapi masalahnya adalah banyak orang tidak tahu kehidupan seperti apa yang mereka inginkan, karena mereka gagal mengajukan pertanyaan secara tepat kepada diri sendiri.

“Kesuksesan biasanya datang kepada mereka yang terlalu sibuk untuk mencarinya.” – Henry David Thoreau

Seperti apa kesuksesan menurut Anda?

Ini adalah pertanyaan yang sering diabaikan orang, ketika mereka berpikir tentang kesuksesan. Seperti apa kesuksesan menurut saya? Bagaimana saya mendefinisikan kesuksesan untuk diri saya sendiri, dan bagaimana saya bisa mencapainya? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin sulit untuk dijawab pada awalnya.

Sukses itu harus menjalani kehidupan yang Anda inginkan, atau sesuai keinginan Anda. Ini bukan hanya tentang uang, ketenaran atau kesuksesan karir. Kesuksesan harus dilihat secara lebih holistik. Ini memiliki banyak bagian yang berbeda, tidak hanya satu bagian.

“Seluruh rahasia kehidupan sukses adalah menemukan apa yang menjadi takdir seseorang untuk dilakukan, dan kemudian melakukannya.” – Henry Ford

Tiga pertanyaan ini akan membantu Anda mendefinisikan kesuksesan secara lebih baik:

1. Apa yang ingin Anda lakukan sebagai karir Anda?

2. Anda perlu menjadi orang seperti apa?

3. Gaya hidup apa yang Anda butuhkan?

Apa yang ingin Anda lakukan sebagai karir Anda? Pekerjaan atau Karir apa yang akan Anda lakukan jika itu semua dibayar sama? Bayangkan jika semua pekerjaan dan karir dibayar sama. Pekerjaan apa yang akan Anda pilih jika itu masalahnya?

Begitulah cara Anda menemukan apa yang ingin Anda lakukan untuk karier Anda. Jika Anda masih tidak yakin, cari tahu hal-hal apa yang Anda sukai dan apakah sesuai dengan hasrat Anda. Setelah Anda menemukan hasrat Anda, cari tahu apakah ada orang lain yang melakukan hal sama dan apakah orang bersedia membayar apa pun yang Anda sukai. Jika ada pasar untuk itu, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan untuk karier Anda.

“Jika Anda tidak mau mengambil risiko yang biasanya terjadi, Anda harus puas dengan hasil yang biasa saja.” – Jim Rohn

Seperti biasa dikatakan, bahwa perpaduan antara hasrat + permintaan adalah karir impian Anda. Ketika Anda menemukan kombinasi dari dua hal itu, Anda memiliki karir impian Anda.

Mungkin Anda menganggap kegagalan sebagai musuh kesuksesan. Tapi sesungguhnya itu tidak sama sekali. Anda punya pilihan, dapat berkecil hati karena kegagalan, atau Anda dapat belajar darinya. Jadi teruskan langkah Anda, dan tidak masalah membuat kesalahan. Lakukan semua yang Anda bisa. Karena ingat, di situlah Anda akan menemukan kesuksesan.

“Sukses berarti memiliki keberanian, tekad, dan keinginan untuk menjadi orang yang Anda yakini sebagaimana seharusnya.” – George Sheehan

Anda perlu menjadi orang seperti apa?

Perbedaan antara siapa Anda dan siapa yang Anda inginkan adalah apa yang Anda lakukan. Menjadi sukses berarti Anda menjadi orang yang selalu Anda inginkan. Itu berarti Anda dapat melihat diri Anda di cermin, dan Anda sangat bangga dan bahagia dengan apa yang Anda lihat. Ini berarti bahwa Anda memiliki kualitas yang Anda cari dalam impian atau cita-cita Anda.

Tanyakan pada diri sendiri, kualitas apa yang Anda kagumi dari orang lain, terutama idola Anda. Ini adalah kualitas yang ingin Anda miliki. Setelah Anda mendapatkan daftar semua kualitas yang ingin Anda miliki, Anda tahu ingin menjadi orang seperti apa nantinya.

Misalnya: Saya mengagumi kreativitas, kecerdasan, dan keberanian Elon Musk, atau kehebatan keterampilan penjualan Mark Cuban. Saya mengagumi bintang musik tertentu seperti Judika dan Didi Kempot atas kepercayaan diri dan hasrat mereka dalam kiprahnya.

Ini adalah kualitas yang ingin saya miliki. Jika saya memiliki kualitas ini, saya akan menganggap diri saya “orang impian” saya, atau orang yang selalu saya inginkan, yang saya bangun berdasarkan kualitas kepribadian.

“Orang-orang yang sukses memiliki momentum. Semakin sukses, semakin ingin sukses, dan semakin menemukan cara untuk sukses. Begitu pula ketika seseorang gagal, kecenderungannya adalah menuju ke bawah yang bahkan bisa menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya.” – Tony Robbins

Apa jenis gaya hidup yang Anda butuhkan?

Bagian penting dari menjadi sukses adalah merancang kehidupan seperti yang Anda inginkan. Karir Anda hanyalah satu bagian dari hidup Anda. Gaya hidup Anda terdiri dari karier Anda, aktivitas di luar pekerjaan, lokasi tinggal, hubungan pribadi, dan banyak lagi lainnya.

“Kesuksesan tampaknya terkait dengan tindakan. Orang-orang sukses terus bergerak. Mereka membuat kesalahan, tetapi mereka tidak berhenti.” – Conrad Hilton

Menjawab pertanyaan seperti ini akan membantu Anda menentukan gaya hidup apa yang Anda inginkan:

– Bagaimana Anda ingin hari Anda terlihat?

– Bagaimana Anda ingin kehidupan pribadi Anda terlihat?

– Bagaimana Anda ingin mengisi waktu di luar pekerjaan?

– Di mana Anda ingin tinggal?

– Tipe orang seperti apa yang saya inginkan di sekitar saya?

Gaya hidup Anda terdiri dari banyak hal berbeda. Jawaban atas pertanyaan itu, membentuk bagian utama dari gaya hidup Anda. Setelah Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda dapat memiliki definisi lebih jelas tentang apa arti kesuksesan bagi Anda.

Lihatlah Kesuksesan Secara Holistik

Melihat kesuksesan secara holistik adalah bukan hanya satu hal sasaran atau tujuan yang ingin dicapai. Ketika Anda mengetahui karir apa yang ingin Anda lakukan, terlepas dari uang, tipe orang seperti apa yang Anda inginkan dan bagaimana gaya hidup Anda, maka definisi kesuksesan Anda akan jauh lebih jelas. Menjadi sukses adalah memiliki kehidupan seperti yang Anda inginkan, bukan pekerjaan, tujuan pendapatan, atau objek materi tertentu.

Ketika Anda mendefinisikan kesuksesan Anda secara lebih holistik, Anda akan tahu bagaimana melangkah maju. Juga ingat bahwa definisi kesuksesan Anda akan berubah seiring waktu, dan itu tidak masalah!

Apa yang Anda inginkan di bagian tertentu dari hidup Anda akan berubah, bahkan mungkin juga karir impian Anda. Jangan takut untuk mengganti definisi kesuksesan sepenuhnya, sebab semua itu bergantung pada apa yang Anda rasa tepat untuk pribadi Anda.

“Agar berhasil, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutan Anda akan kegagalan.” – Bill Cosby

Nah Sahabat. Sukses bukan hanya tentang apa yang Anda capai dalam hidup Anda; ini juga tentang apa yang dapat Anda inspirasikan kepada orang lain untuk melakukannya. Jangan biarkan rasa takut kalah itu lebih besar daripada kegembiraan karena kesuksesan.

“Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impiannya, karena menjalani hidup dengan ketakutan kita.” – Les Brown

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (226 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.