1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 15, 2022 - 5:00 AM

4 CARA MENGUBAH Apatis Jadi Motivasi Positif

APATIS telah menjadi masalah besar bagi banyak orang saat ini. Banyak orang mengasosiasikan sikap apatis dengan kurangnya gairah atau motivasi. Secara teknis APATIS itu didefinisikan sebagai TIDAK ADANYA EMOSI.

Apatis mungkin bukan keadaan emosional yang jelas, tetapi ini serius. Jatuh ke dalam keadaan apatis, bisa berbahaya. Jadi, mengetahui tanda-tanda berada dalam keadaan seperti ini penting.

Jika Anda telah memperhatikan tanda-tanda berikut ini dalam hidup Anda sendiri, maka Anda mungkin tergelincir ke dalam keadaan apatis:

  • Anda tidak lagi memiliki minat dan hobi.
  • Anda merasa tidak termotivasi.
  • Performa Anda di tempat kerja mulai menurun.
  • Hari-hari Anda dipenuhi dengan tugas-tugas yang tidak ada artinya.
  • Anda kehilangan semangat ketika berpikir untuk bertindak sesuai tujuan.
  • Anda mendapati diri Anda menonton lebih banyak televisi atau terlalu banyak menjelajahi internet.
  • Anda makan terlalu banyak dan tidak cukup berolahraga.

Itu semua adalah tanda bahwa Anda mungkin berurusan dengan sikap apatis. Hal lebih penting untuk menyadari bahwa Anda sedang menghadapi sikap apatis, adalah bekerja untuk mengatasinya. Jika Anda tahu bahwa Anda sedang menghadapi sikap apatis, inilah saatnya untuk membuat perubahan dan mengubah sikap apatis itu menjadi motivasi positif.

“Hidup bukan tentang menemukan diri Anda sendiri. Hidup adalah tentang menciptakan diri Anda sendiri.” – George Bernard Shaw

Berikut adalah 4 CARA MENGUBAH Apatis Jadi Motivasi Positif:

1. Mulailah dengan memahami keadaan Anda

Mulailah dengan mendapatkan beberapa perspektif tentang masalah ini. Anda berurusan dengan kasus apatis, tetapi tidak berarti itu mendefinisikan siapa Anda. Anda tidak malas, membosankan atau tidak termotivasi. Bukan siapa Anda, tapi apa yang Anda rasakan saat ini. Anda tidak akan berada dalam keadaan ini atau merasa seperti ini selamanya. Jadi, pastikan Anda mengetahui status sementara dari situasi Anda terlebih dahulu.

“Mari kita wujudkan masa depan kita sekarang, dan mari kita wujudkan impian kita esok hari.” – Malala Yousafzai

2. Mulailah dengan mengubah hal-hal kecil

Cobalah untuk menyadari apa penyebab sikap apatis Anda. Kemudian putuskan, apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan tentang hal itu. Apa yang membawa Anda ke tempat ini? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengubah penyebab, yang membuat Anda merasa apatis?

Mulailah dengan mengubah hal-hal kecil itu. Anda tidak hanya akan mendapat manfaat dari mengubah hal-hal yang membuat Anda merasa apatis, tetapi Anda akan mendapat manfaat dari proses melakukan sesuatu terhadap situasi Anda.

“Hidup adalah apa yang terjadi pada kita, saat kita membuat rencana lain.” -Allen Saunders

3. Ambil tindakan

Mengambil tindakan menandai keputusan sadar. Jika Anda ingin membuat perubahan dalam hidup Anda, Anda perlu mengambil tindakan. Ini bisa menjadi langkah kecil atau besar, dan intinya adalah Anda perlu membuat keputusan untuk melakukan sesuatu, kemudian menindaklanjutinya.

Inilah sebabnya, mengapa sangat penting: ketika Anda mengambil tindakan, Anda membuat keputusan nyata dan sadar untuk melakukan sesuatu. Ini adalah penyeimbang dari sikap apatis, yang merupakan tindakan pasif. Semakin Anda berorientasi pada tindakan, semakin Anda mengurangi keadaan pasif Anda.

“Apatisme dapat diatasi dengan antusiasme, dan antusiasme hanya dapat dibangkitkan oleh dua hal: pertama, cita-cita, dengan menguasai imajinasi, dan kedua, rencana yang jelas untuk mewujudkan cita-cita itu ke dalam praktik.” – Arnold J. Toynbee

4. Berhenti mengeluh

Salah satu bagian yang paling membuat frustrasi dalam menghadapi sikap apatis adalah hal itu dapat membuat segala sesuatu di sekitar Anda tampak negatif. Begitu banyak orang yang berjuang dengan sikap apatis, terus-menerus mengeluh tentang situasi mereka dan betapa buruknya keadaan mereka. Berhentilah mengeluh dan mulailah bertindak.

Jika Anda ingin mengubah sikap apatis Anda menjadi motivasi untuk sukses, hal nomor satu yang dapat Anda lakukan adalah BERHENTI MENGELUH. Itu akan berhenti membawa hal negatif ke dalam hidup Anda, itu akan mencegah Anda membuat alasan untuk diri sendiri dan tindakan itu akan memberi Anda bahan bakar untuk membuat hidup Anda lebih baik dan tetap termotivasi.

“Kemauan adalah kunci kesuksesan. Orang-orang sukses berusaha tidak peduli apa yang mereka rasakan, dengan menerapkan keinginan mereka untuk mengatasi sikap apatis, keraguan, atau ketakutan.” – Dan Millman

Berada dalam keadaan apatis bukanlah akhir dari dunia. Ini adalah kebiasaan atau fase yang dihadapi banyak orang. Jika Anda mampu melihat ke dalam sampai ke akar masalah, dan mengambil langkah-langkah tindakan nyata untuk mengatasi keadaan Anda, dan membuat perubahan positif dalam hidup Anda, maka Anda akan menemukan motivasi, yang Anda butuhkan untuk melakukan perbaikan hidup yang Anda inginkan.

“Kita menimbulkan ketakutan saat kita duduk. Kita mengatasinya dengan tindakan. Ketakutan adalah cara alam memperingatkan kita untuk sibuk.” – Dr. Henry Link

Nah Sahabat. Bagaimana Anda akan mengubah sikap apatis menjadi motivasi positif?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (23 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.