1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (53 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: June 22, 2022 - 8:50 PM

BACALAH, jika Anda Ingin Memimpin.

Wahyu yang pertama kali diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah IQRA. Allah SWT memerintahkan untuk membaca dengan menyebut nama Tuhan. Perintah tersebut termaktub dalam QS. Al-Alaq ayat 1-5. IQRA artinya membaca, menghimpun, mendalami, meneliti, dan mengetahui ciri-cirinya. Dengan kata lain, perintah IQRA tidak hanya membaca tulisan, tetapi juga dengan pendalaman situasi atau fenomena sosial yang terjadi.

Kebiasaan umum yang tampaknya dimiliki oleh para Orang Sukses, Pemimpin, dan CEO luar biasa adalah kebiasaan membaca secara teratur. Mereka menyempatkan diri untuk membaca Buku atau Blog, meskipun disibukkan dengan aktivitas dan tugas rutinnya.

Bill Gates mengakui, “Saya memiliki banyak mimpi ketika saya masih kecil, dan saya pikir sebagian besar itu tumbuh dari kenyataan bahwa saya memiliki kesempatan untuk banyak membaca.” Membaca membuat Pemimpin. Membaca membuat orang menjadi cerdas dan bijaksana. Itu membuat mereka lebih sadar dan lebih siap untuk mencapai tujuan dan sasarannya.

Penulis John Green mengatakan hal terbaik: “Buku-buku hebat membantu Anda memahami, dan mereka membantu Anda merasa dipahami.”

LATIH OTAK ANDA

Mengapa membaca itu penting? Seperti yang pernah ditulis oleh penulis Inggris abad ke-17, Joseph Addison, “Membaca adalah untuk pikiran seperti halnya olahraga bagi tubuh.” Membaca juga bisa menjaga FOKUS Anda.

Apa pengaruh membaca bagi otak Anda?

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa membaca merangsang jaringan sirkuit dan sinyal yang kompleks di otak. Plus, saat Anda meningkatkan kemampuan membaca Anda, jaringan ini menjadi lebih kuat dan lebih canggih.

Dalam studi lain, peneliti mengukur bagaimana membaca bisa memengaruhi otak kita. Peserta penelitian membaca novel “Pompeii” karya Robert Harris, dan ketika ketegangan dalam cerita berkembang, lebih banyak area otak yang diaktifkan.

Ingin tahu bagian terbaiknya?

Pemindaian menunjukkan bahwa konektivitas otak meningkat saat membaca, dan selama berhari-hari sesudahnya, menunjukkan manfaat luar biasa dari membaca setiap hari.

Intinya, otak kita memiliki kebijakan “gunakan atau hilangkan“. Dengan kata lain, jika kita tidak melatih pikiran kita secara teratur, kemampuan kognitif kita bisa menurun. Namun, ketika kita membaca setiap hari, kita bisa menjaganya agar tetap kuat dan sehat.

TINGKATKAN MEMORI ANDA

Apakah Anda selalu melupakan sesuatu? Apakah Anda memiliki banyak daftar tugas, tetapi Anda tidak dapat mengingat apa yang ada di dalamnya? Jangan takut – salah satu keuntungan membaca adalah dapat meningkatkan daya ingat Anda.

Misalnya, setiap kali Anda membaca cerita, Anda harus mengingat banyak informasi tentang plot cerita dan subplot, karakter dan hubungannya, dan lingkungan di mana cerita terjadi. Itu banyak informasi!

Semua informasi baru ini menciptakan kenangan baru. Dan setiap memori baru menciptakan sinapsis atau memperkuat memori lama. Hasilnya? Membaca setiap hari dapat meningkatkan daya ingat Anda – membaca dapat membantu Anda mempelajari cara menyimpan informasi baru dan mengingatnya dengan lebih efektif.

Berikut adalah keuntungan tak terhitung, yang terkait dengan membaca:

  • Ini melibatkan pikiran Anda secara konstruktif. Itu menjauhkan pikiran Anda dari masalah, dan membawa Anda ke dunia imajinatif.
  • Ini mengurangi stres, dan memberi Anda ketenangan pikiran. Menghilangkan pikiran negatif dari pikiran Anda dan menggantinya dengan pikiran positif. Penelitian telah membuktikan bahwa hanya membaca selama 30 menit dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan perasaan tertekan secara psikologis.
  • Ini memperbarui pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan Anda. Anda mendapatkan inspirasi dari bacaan-bacaan Anda. Itu membantu Anda menjadi individu yang lengkap, membekali Anda dengan beberapa kualitas, sifat, dan praktik.
  • Membaca adalah proses mental aktif yang meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda. Ini meningkatkan memori, kosa kata, disiplin, dan kreativitas. Ini membangun asosiasi mental, meningkatkan keterampilan penalaran, dan meningkatkan keterampilan konseptual.
  • Membaca membantu Anda memahami realitas kehidupan dan menjadi pragmatis. Ini membantu Anda menjelajahi jalur yang belum dipetakan. Ini membuka jendela ke dunia luar. Anda dihormati oleh komunitas dan masyarakat Anda.

Stephen King berkata, “Buku adalah keajaiban portabel yang unik. Anda dapat belajar sendiri dengan sedikit investasi. Tepatnya, buku memberi Anda motivasi diri dan membantu Anda bermimpi besar.”

Penelitian menunjukkan bahwa membaca dapat bekerja sebagai penghilang stres yang serius. Sebuah studi tahun 2009 oleh para peneliti Universitas Sussex menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi stres sebanyak 68 persen. “Tidak masalah buku apa yang Anda baca, dengan tenggelam dalam buku yang benar-benar mengasyikkan, Anda dapat melepaskan diri dari kekhawatiran dan tekanan dunia sehari-hari, dan menghabiskan waktu menjelajahi wilayah imajinasi penulis.”

Berikut adalah beberapa TIPS untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan seumur hidup:

  • Baca berita, buku, blog, majalah online, dan jurnal di bidang yang Anda minati.
  • Diskusikan apa yang Anda baca dengan teman-teman Anda. Pengetahuan dan informasi akan mendorong Anda untuk memverifikasi dan mengetahui lebih banyak, dan pada akhirnya Anda akan mengetahui lebih banyak.
  • Bawalah bacaan setiap kali Anda bepergian. Anda juga bisa membuka blog, bacaan online, dan e-book yang dapat diakses melalui ponsel.
  • Mulailah dengan 30 menit sehari, didedikasikan untuk membaca. Selama 30 menit itu jangan melakukan hal lain. Hindari apa pun yang dapat mengalihkan perhatian. Baca dan analisis apa yang telah Anda baca. Bentuklah opini.
  • Hindari membaca hanya demi membuang waktu, karena Anda akhirnya akan mengembangkan keengganan untuk membaca selamanya. Oleh karena itu, bacalah tema dan topik yang sesuai dengan minat Anda.
  • Pikirkan situasinya ketika Anda telah membaca, sampai beberapa halaman yang layak.

“Membaca sangat penting bagi mereka yang ingin naik di atas yang biasa.” – Jim Rohn

Saya seorang Kutu Buku

Saya telah membaca cukup banyak buku selama hidup saya, sebanyak ribuan buku. Saya senang mengulas buku, dan menerima banyak buku untuk diulas. Saya membaca dan memposting ulasan di Website saya ini. Sejak dulu, saya senang membeli banyak buku dan membaca. Selain itu, saya senang membaca banyak konten online. Membaca adalah kegiatan sehari-hari bagi saya. Tidak ada satu hari pun dalam hidup saya, tanpa membaca dan menulis. Setiap kali saya bepergian, saya membawa buku untuk membaca dan menggunakan waktu saya secara efektif. Saya seorang pembaca yang bersemangat untuk berbagi pengetahuan saya dengan orang lain.

Saya selalu ingat hal terbaik tentang bepergian adalah membantu diri saya sendiri dengan bacaan. Saya memiliki kebiasaan berhenti setiap kali saya melihat buku-buku yang dijual. Saya menyukai buku sejak kecil.

Membaca koran dan majalah adalah kebiasaan lama bagi saya. Meskipun ada pergeseran ke koran dan majalah digital saat ini, saya masih senang menikmati membaca edisi cetak. Itu membuat saya diperbarui dengan perkembangan terkini secara global. Saya juga membaca berita online secara teratur.

Membaca ini dapat mengubah hidup Anda. Kebanyakan pemimpin sukses dari sejarah adalah pembaca yang intens. Para pemimpin membaca buku secara luas. Penelitian menunjukkan bahwa CEO perusahaan Fortune 500 membaca rata-rata empat hingga lima buku sebulan. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa pengusaha sukses membaca rata-rata 2,6 jam per hari. Jelas bahwa pemimpin adalah pembaca dan membaca membantu mereka unggul dalam kehidupan.

Nah Sahabat. Apakah Anda membaca setiap hari? Apa yang sedang Anda baca sekarang?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (53 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.