1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 19, 2022 - 9:45 PM

Bagaimana VISUALISASI Menciptakan Perilaku SUKSES

Hal yang hebat tentang visualisasi adalah Anda dapat menggunakannya di banyak bidang kehidupan Anda. Apakah Anda ingin promosi? Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak teman di kantor? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda ingin negosiasi bisnis?

Visualisasi dapat membantu Anda dalam semua bidang kehidupan ini. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang yang sangat efektif menggunakan teknik ini untuk membantu mereka mencapai tujuan dan impian mereka.

Apa itu Visualisasi?

Visualisasi adalah teknik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membuat citra mental yang kuat tentang peristiwa di masa depan. Dengan penggunaan visualisasi yang baik, Anda dapat berlatih terlebih dahulu untuk hal tersebut, sehingga Anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Dan dengan memvisualisasikan kesuksesan, Anda dapat membangun kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk tampil baik.

Misalnya, bayangkan Anda akan wawancara kerja, atau akan melakukan negosiasi bisnis, Anda sudah gugup, dan mudah khawatir tentang memberikan jawaban yang buruk, berbicara dengan canggung tentang pencapaian Anda, dan melupakan strategi Anda. Kita semua mungkin pernah mengalami pemikiran negatif seperti ini.

Namun, daripada berpikir negatif, Anda bisa menggunakan visualisasi untuk membayangkan segala sesuatunya berjalan dengan baik. Anda dapat membayangkan diri Anda berbicara dengan percaya diri, dengan mudah menggambarkan semua pencapaian Anda, dan memberikan negosiasi terbaik. Visualisasi itu terasa jauh lebih baik, bukan?

Pernahkah Anda membaca buku dan mulai memikirkan sesuatu yang sama sekali berbeda? Misalnya, apa yang Anda makan untuk makan malam, percakapan yang perlu Anda lakukan dengan pasangan Anda, atau mengingat bahwa Anda harus menyelesaikan tugas.

Anda membaca kata-kata dalam buku secara fisik dengan mata Anda, dan itu seperti pikiran Anda pergi ke suatu tempat lain.

Jika seseorang masuk ke ruangan dan melihat Anda, mereka akan melihat mata Anda memindai halaman buku, tetapi pikiran Anda berada di tempat lain.

Kata-kata dalam buku ada di depan Anda, tetapi gambar apa yang Anda makan saat makan malam atau tugas yang harus Anda selesaikan, ditampilkan tepat di depan kata-kata yang Anda baca.

Dan karena itu, Anda harus kembali dan membaca ulang paragraf yang sama beberapa kali. Saya juga mengalami hal tersebut.

Bagaimana ini terjadi? Itu karena kita berpikir dalam gambar. Ketika manusia berpikir, kita benar-benar berpikir dalam gambar. Jika saya meminta Anda untuk memikirkan dapur Anda – seluruh dapur Anda akan muncul di layar pikiran Anda, seolah-olah Anda benar-benar ada di sana.

Ini adalah faktualitas mental yang luar biasa, tetapi banyak dari kita membiarkannya secara tidak sadar, dan memengaruhi kita dengan cara yang negatif. Saat kita menaiki tangga menuju kesuksesan dalam kehidupan – banyak dari kita membiarkan pikiran kita fokus pada kemungkinan hasil terburuk, dalam bisnis, kesehatan, dan tujuan kita.

Sebagai pemilik bisnis, sering kita khawatir tentang menemukan pelanggan berikutnya. Sebagai profesional, kita merasakan perasaan Sindrom Penipu atau Imposter Syndrome – takut rekan kerja atau Boss, entah bagaimana akan mengetahui bahwa Anda tidak kompeten.

Jika pikiran kita adalah pintu gerbang dan jalan yang menuntun kita menuju takdir kita, maka kita harus menggambarkan hasil positif untuk tujuan, masalah, dan impian kita.

Seperti yang dikatakan Bob Proctor, “Kita berpikir dalam gambar. Karena itu, apa pun yang Anda visualisasikan, pasti Anda tarik.”

Dari perspektif ilmiah, kita tahu bahwa pikiran kita secara langsung memengaruhi sistem saraf dan perilaku serta tindakan yang memang kita lakukan dalam hidup. Ini karena ketika kita berpikir, kita memasang jalur saraf, yang akan digunakan otak ketika peristiwa yang sebenarnya terjadi.

Dengan kata lain, otak Anda adalah super komputer Anda, dan pikiran atau citra mental Anda adalah program yang akan dijalankannya.

Jadi, jika Anda membayangkan kemungkinan hasil terburuk dari tujuan Anda, perilaku Anda akan sejalan dengan apa yang Anda yakini tentang tujuan tersebut.

Berikut adalah contoh. Katakanlah Anda memiliki keterlibatan sesuatu yang akan datang dan terus khawatir, dan memvisualisasikan diri Anda bahwa melupakan cara dan strategi Anda. Ketika ini terjadi, Anda secara tidak sadar menginstal perangkat lunak ke kerangka mental Anda, yang akan membuat perilaku dan postur Anda kurang percaya diri, membuat Anda lebih mungkin untuk melupakan semuanya, ketika peristiwa yang sebenarnya terjadi.

Kita harus memvisualisasikan tujuan dan hasil yang ingin kita miliki dalam pengalaman kita. Inilah sebabnya, mengapa setiap orang sukses terus menekankan pentingnya visualisasi.

Menyisihkan waktu untuk secara sadar memvisualisasikan hasil yang diinginkan dari tujuan Anda itu seperti kekuatan super yang akan memajukan hidup Anda lebih cepat. Ini seperti melamun, tetapi secara sadar membayangkan hasil terbaik yang akan terjadi.

Konsep ini juga bukan hal baru. Atlet, artis, dan pemain apa pun telah sukses melakukannya dengan visualisasi selama bertahun-tahun. Misalnya, Michael Phelps, Walt Disney, Oprah, Will Smith, Jim Carrey, Steven Spielberg, dan orang sukses lainnya, semuanya menggunakan beberapa bentuk visualisasi atau citra mental untuk mencapai kesuksesan luar biasa mereka.

Michael Jordan mengatakan, “Setiap kali saya merasa lelah saat berolahraga dan berlatih, saya menutup mata untuk melihat gambar itu, untuk melihat daftar itu dengan nama saya. Ini biasanya memotivasi saya untuk bekerja lagi.”

Jordan memvisualisasikan gambaran ideal kesuksesannya, dalam hal ini, melihat namanya di daftar, memberi tahu dia bahwa dia masuk ke tim basket universitasnya. Setelah melihat gambarannya dengan jelas di mata batinnya, ini tidak diragukan lagi memasang kerangka mental atau pola pikir yang menghasilkan perilaku kondusif untuk hasil yang diinginkannya. Dengan demikian, akhirnya dia mencapai tujuannya.

Apa pun yang Anda visualisasikan dalam pikiran Anda, perilaku Anda mencerminkan hal itu. Baik atau pun buruk, itu adalah pilihan Anda. Jadi, Anda juga harus memvisualisasikan hasil yang Anda inginkan, jika Anda menginginkan hasil dalam hidup Anda.

Cobalah aktivitas berikut ini untuk Anda:

Setiap pagi sebelum bangun dari tempat tidur, tutup mata Anda dan visualisasikan kesuksesan masa depan Anda. Lihat diri Anda memenangkan penghargaan. Bayangkan keluarga dan teman Anda menelepon Anda dan mengucapkan selamat atas kesuksesan Anda. Rasakan semua emosi seolah-olah Anda telah mencapai tujuan Anda.

Semakin banyak Anda melakukan ini, semakin baik Anda melakukannya. Akhirnya, Anda akan melihat perubahan dalam pola pikir Anda – sehingga menghasilkan perilaku yang membantu Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Nah Sahabat. Jika Anda bertujuan untuk melatih visualisasi Anda setiap hari, pastikan visualisasi Anda sedetail mungkin. Ingat! Selalu fokus pada apa yang Anda inginkan terjadi, bukan pada apa yang tidak Anda inginkan terjadi.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.